pitbanyu wrote:Klo busi std mau api gedhe mending di potong kaya di article sbb :
http://www.instructables.com/id/Save-Ga" onclick="window.open(this.href);return false; ... Gapping-S/
Pingin nyobain juga nih.. murah meriah...ato ada yg pernah nyobain...
introSave Gas And Incerase Horsepower By Side Gapping Spark Plugs
Side gapping spark plugs has been use in racing for years to increase horsepower by unshrouding the spark thus allowing the flame created to propagate faster resulting in a more complete burning of the fuel/air mix. Many manufacturers offer plugs deemed racing plugs that are side gapped but at inflated costs. By doing it yourself you can use a cheap .99 cent plug to save money and increase horsepower.
ini bisa boss. secara logika cara ini untuk membuka ruang api. percikan tidak lagi tehalang oleh massa busi.
ini pernah gue lakuin waktu zaman balap motor (road race pakai F1Z dan RGR) dulu (skr udah tua, gak berani ngebut
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
waktu di F1Z power band lebih luas, jadi mulai rpm tengah sampai pada peak rpm terus ngisi. padahal sebelumnya tepat sebelum peak rpm, power udah gak mau naik.
paling kentara waktu pakai RGR karena ada takometernya. pake busi ND24FSU yang dipotong ujung massa busi (percaya gak percaya) rpm naik 1000 rpm. asalnya 12.500, langsung melejit jadi 13.500.
di mobil sendiri blm gue lakuin, abis motong massanya capek, boss.
kalau dulu di motot cuma 1 biji busi doang enak, 1 jam sls, skr harus 4 biji dan harus sama rata semua (brp jam ya kira-2?). capek deh. apalagi skr puasa. waduh.......
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
tp cara itu bener memang ngefek. dan angkanya lumayan banget.
o iya kalau udah di potong jangan lupa settel ulang gap businya.
caranya sama saja kok.