Tentang Busi

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Thu Sep 25, 2008 11:23 am

pitbanyu wrote:Klo busi std mau api gedhe mending di potong kaya di article sbb :
http://www.instructables.com/id/Save-Ga" onclick="window.open(this.href);return false; ... Gapping-S/

Pingin nyobain juga nih.. murah meriah...ato ada yg pernah nyobain...

introSave Gas And Incerase Horsepower By Side Gapping Spark Plugs
Side gapping spark plugs has been use in racing for years to increase horsepower by unshrouding the spark thus allowing the flame created to propagate faster resulting in a more complete burning of the fuel/air mix. Many manufacturers offer plugs deemed racing plugs that are side gapped but at inflated costs. By doing it yourself you can use a cheap .99 cent plug to save money and increase horsepower.

ini bisa boss. secara logika cara ini untuk membuka ruang api. percikan tidak lagi tehalang oleh massa busi.

ini pernah gue lakuin waktu zaman balap motor (road race pakai F1Z dan RGR) dulu (skr udah tua, gak berani ngebut :mrgreen: ).

waktu di F1Z power band lebih luas, jadi mulai rpm tengah sampai pada peak rpm terus ngisi. padahal sebelumnya tepat sebelum peak rpm, power udah gak mau naik.

paling kentara waktu pakai RGR karena ada takometernya. pake busi ND24FSU yang dipotong ujung massa busi (percaya gak percaya) rpm naik 1000 rpm. asalnya 12.500, langsung melejit jadi 13.500.

di mobil sendiri blm gue lakuin, abis motong massanya capek, boss.

kalau dulu di motot cuma 1 biji busi doang enak, 1 jam sls, skr harus 4 biji dan harus sama rata semua (brp jam ya kira-2?). capek deh. apalagi skr puasa. waduh....... :D bisa buka puasa jam 12 siang. he, he, he, he......

tp cara itu bener memang ngefek. dan angkanya lumayan banget.

o iya kalau udah di potong jangan lupa settel ulang gap businya.
caranya sama saja kok.

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Tentang Busi

Post by pauluspaska » Thu Sep 25, 2008 11:25 am

Kalo dari konfigurasi Racing, busi dengan tip yang terpotong begitu memang untuk racing.

Lagi mikir nih, kenapa busi racing (tip terpotong) yang katanya apinya bagus kok gak dipake ke mobil STD?
Grandcivic Kaca Gelap

General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Thu Sep 25, 2008 11:33 am

kenapa? ada beberapa pertimbangan. hukum ekonomi, dan faktor dari busi itu sendiri.

karena menganut paham racing otomatis tingkat pelepasan panasnya sangat cepat, tidak bisa digunakan harian krn suhu pembakaran tidak berada pada kondisi optimum.
yang jadi pertanyaan, knp gak digunakan pada busi produk massal untuk harian?
ini kembali ke hukum ekonomi. dengan busi terpotong, otomatis pembakaran jauh lebih sempurna. bahkan bisa dibilang tidak meninggalkan deposit kerak pada elektroda. hasilnya busi jauh lebih awet.

sekarang jika busi awet, bagaimana dengan produsen busi seperti NGK, Denso, BOSCH, Gartner dan konco-2nya.

kayaknya itu alasannya. begichu. tahu deh kalau emang ada analisa lainnya.

pitbanyu
GC Noob
GC Noob
Posts: 24
Joined: Thu Jul 31, 2008 9:19 am

Re: Tentang Busi

Post by pitbanyu » Thu Sep 25, 2008 11:55 am

Wis mantaf nih ... ntar abis lebaran di praktekin ah.... modale graji wesi ro kikir alus cukup ya... Karo ragum cilik buat megang busi... ojo lali elektroda yg tengah di lindungi pake plat tipis biar gak kena gergaji...

General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Mon Oct 20, 2008 1:12 pm

ayo, ayo mana praktiknya, nih

pitbanyu
GC Noob
GC Noob
Posts: 24
Joined: Thu Jul 31, 2008 9:19 am

Re: Tentang Busi

Post by pitbanyu » Tue Oct 21, 2008 11:03 am

Udah di cobain di honda vario lumayan juga nih...
Untuk Tarikan lebih mantaf..
Modale... graji wesi (udah punya)

Ragum/clamp buat megang busi, klo gak punya maen ke bengkel las bentar buat megang busi waktu di gergagi...

Gergajinya ndak usah sampe putus, waktu hampir putus dionkek pake obeng aja, takutnya klo kebablasan ntar malah kena elektroda yg tengah..

kikir Kecil/amplas buat ngalusin bekas gergajian untungnya udah punya juga...

jangan lupa waktu ngikir elektodanya di lindungi pake plat, atau pake feeler gauge yg nggak dipake...

Feeler gauge buat ngatur gap busi setelah di gergaji sama di kikir....

Waktu pengerjaan 1 busi sekitar 30 menitan... ini juga sambil nyantai...

Setelah di regap ulang jangan lupa semprot pake angin/cleaner buat bersihin geramnya...

Setelah itu pasang deh dan rasain bedanya...

General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Thu Oct 23, 2008 12:14 pm

wah te o pe hasilnya.
itu untukmesin 1 silinder aja udah begitu kerasa, apalagi kalau mesinnya 4 silinder dengan kapasitas di atas 1500, pasti makin mak nyoooos.

wah kalau gini ceritanya yang jual busi racing bisa bangkrut, boss. he, he, he, he

User avatar
arie aja
GC Lover
GC Lover
Posts: 222
Joined: Tue Jul 22, 2008 1:27 pm

Re: Tentang Busi

Post by arie aja » Thu Oct 23, 2008 12:37 pm

di thread yang lain juga ada cara hemat bensin tuh.. dicampur aseton bensinnya...ada yg berani coba??

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by bisatyo » Thu Oct 23, 2008 12:40 pm

Fotonya donk om Pitbanyu, skalian masukin ke DIY langkah2nya :twisted:

User avatar
priapadangpasir
GC Whore
GC Whore
Posts: 2776
Joined: Wed May 28, 2008 9:06 am
Location: Bandung
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by priapadangpasir » Thu Oct 23, 2008 2:51 pm

emang bener bisa gitu??
:?: :?:
So long, old friend :(
Image

Post Reply