pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Tue Jun 05, 2012 8:12 pm

meneer wrote:share FC dong om setelah ganti spuyer...dan spuyer apa yg digunakan.mungkin saat ini om reza pake spuyer yg murah2 sebagai kelinci percobaan saja,tapi akan lebih mantab kalo spuyer tersebut diganti spuyer berkualitas yg jelas presisi ukuran spuyernya seperti DAYTONA atw TDR atw mungkin spuyer OEM...harga spuyer2 aftermarket tersebut atw spuyer OEM di kisaran 40ribuan (jgn coba2 pake produk kitaco,ntar pusing lagi settingnya)

oiya om...sedikit share aja....saya pake DC dah sejak 2008 awal...FC rata2 luar kota dengan AC on ada di angka 1:13 (masih pake premium) dengan 80% gaya mengemudi kaki kanan tidak sopan

hasil tes FC kemarin malah lebih edan lagi...perjalanan 580 km hanya habis 40 liter pertamax,dengan gaya mengemudi yg sama dan seringkali jarum spidometer diatas 120 km/jam..dan mesin saya tidak menggunakan pengirit apapun,karna terus terang saya tidak percaya penggunaan pengirit BBM model apapun.mending duitnya dipake maintenance aja,seperti beli pembersih jalur bensin,pengikat air dalam tangki maupun pembersih karbu merk terkenal.hihi...
maap om eza blm sempet ukur FC soalnya eza masih coba setting lagi ini DC,. di busi msh ada sedikit pembakaran yang kurang bagus 1/2 kering dan 1/2 engga,. karena eza msh coba konsumsi pakai premium,! kl perbandingan mengkonsumsi bahan bakar pertamax sih pasti pembakaran bagus om, alhasil settingan mungkin lbh mudah krn oktan yang baik dan tinggi, mungkin eza brani pake pilot jet 40 dan main jet 110 om,. kl premium alhasil boros busi Dll pake segitu om,. ini dia masalahnya om,, keuangan cekak alhasil konsumsi premium :D ( ngirit buat bini lahiran ) ., selama beberapa hari ini gak masalah sih om setelah di pakai, msh kerasa iritnya cuman mungkin hasil dari settingan eza blom puas menurut eza om,! minta info busi yang dipakai dong? apa busi racing Dll. yang bagus apa om,? dan eza pingin tau om pake pilot jet dan main jet berapa itu DC?
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Tue Jun 05, 2012 8:14 pm

luke wrote:
meneer wrote:share FC dong om setelah ganti spuyer...dan spuyer apa yg digunakan.mungkin saat ini om reza pake spuyer yg murah2 sebagai kelinci percobaan saja,tapi akan lebih mantab kalo spuyer tersebut diganti spuyer berkualitas yg jelas presisi ukuran spuyernya seperti DAYTONA atw TDR atw mungkin spuyer OEM...harga spuyer2 aftermarket tersebut atw spuyer OEM di kisaran 40ribuan (jgn coba2 pake produk kitaco,ntar pusing lagi settingnya)

oiya om...sedikit share aja....saya pake DC dah sejak 2008 awal...FC rata2 luar kota dengan AC on ada di angka 1:13 (masih pake premium) dengan 80% gaya mengemudi kaki kanan tidak sopan

hasil tes FC kemarin malah lebih edan lagi...perjalanan 580 km hanya habis 40 liter pertamax,dengan gaya mengemudi yg sama dan seringkali jarum spidometer diatas 120 km/jam..dan mesin saya tidak menggunakan pengirit apapun,karna terus terang saya tidak percaya penggunaan pengirit BBM model apapun.mending duitnya dipake maintenance aja,seperti beli pembersih jalur bensin,pengikat air dalam tangki maupun pembersih karbu merk terkenal.hihi...

whaha mantaap om meneer neh...jd pengen balik lg pake DC.... :ymapplause: om eza, buyback...!! hihihi.... :D


Wah kasian juga om eza beli engga bisa lsg pake yah, kudu utak-atik sndiri...tp mantep om, jd bisa share pengalamannya buat forum....
mungkin bener kata Opa, ada beda yah setting DC buat head vtec ama yg std, soalnya sy dulu beli ini udah sepaket head p08 ama DC dr om anu :D ( en udh siap pake) hehehe....


btw 4 thumbs uppp deh bwt inpoh nya.....
hihihi makanya settingan om luc beda sama eza, wong eza mesin STD wkwkwkwkwkwk,. :(
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by b2199nb » Tue Jun 05, 2012 10:15 pm

nice om, btw kesimpulannya dari spuyer std naek atau turun berapa step om??
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by meneer » Wed Jun 06, 2012 4:07 am

rezayolando25 wrote: maap om eza blm sempet ukur FC soalnya eza masih coba setting lagi ini DC,. di busi msh ada sedikit pembakaran yang kurang bagus 1/2 kering dan 1/2 engga,. karena eza msh coba konsumsi pakai premium,! kl perbandingan mengkonsumsi bahan bakar pertamax sih pasti pembakaran bagus om, alhasil settingan mungkin lbh mudah krn oktan yang baik dan tinggi, mungkin eza brani pake pilot jet 40 dan main jet 110 om,. kl premium alhasil boros busi Dll pake segitu om,. ini dia masalahnya om,, keuangan cekak alhasil konsumsi premium :D ( ngirit buat bini lahiran ) ., selama beberapa hari ini gak masalah sih om setelah di pakai, msh kerasa iritnya cuman mungkin hasil dari settingan eza blom puas menurut eza om,! minta info busi yang dipakai dong? apa busi racing Dll. yang bagus apa om,? dan eza pingin tau om pake pilot jet dan main jet berapa itu DC?
busi sy pake OEM daihatsu zebra tipe DENSO K20 PU aja om,murah meriah.50rebu dapet 4pcs..spuyer2 std bawaan DC (saya lupa catat berapa ukurannya),yg jelas saat ini saya sudah lama terakhir bongkar DC tsb,hanya bebersihnya semprot2 aja pake merk carb jet produk soft99 japan yg terbukti ampuh buat usir kerak ketika power valve saya macet (saya dah coba rendam pake thinner A special atw semprot2 carb cleaner merk lain tapi ga bisa).hihi...

untuk spek mesin saya yg lain STANDAR aja om :D

kalo settingan ada yg beda antara barrel (dc kan ada 2 barrel) berarti coba dimainkan aja setelan angin2nya,dan coba didengarkan pake stetoskop untuk mengira2 velositas udara yang masuk (suara angin masuk bisa terdengar jelas kalo pake stetoskop) nanti akan ketahuan sama atau tidaknya settingan 2 barrel tersebut...maklum DC kita ini usianya udah tua,belum tentu jumlah putaran sama trus sama juga udara yang masuk..DC saya aja jumlah putarannya beda loh om antara barrel 1 dan barrel 2...

coba dulu tes kompresi om untuk memaksimalkan settingan...siapa tahu busi yg basah itu bukan karena settingan yg terlalu RICH,melainkan karena kompresi yg udah turun karena per seher lemah atau hanya karena ada sil klep yg udah aus sehingga ada oli yg masuk ruang bakar dan menimbulkan residu pada busi...

saya punya saran aja om...kalo mau irit dalam kota coba turunkan lagi spuyer pilot jetnya...kan putaran bawahnya dia yg handle..soalnya kalo busi hitam atw settingan terlalu RICH ketika langsam itu berarti pilot jetnya kegedean...sedangkan kalo main jetnya kekecilan bisa dilihat ketika mesin di geber,dia akan cepat menjerit dan terasa ada loss power di putaran atas,tetapi ketika main jet kegedean maka ketika digeber dia akan brebet di putaran atasnya...susah ya? :D
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by zulindra » Wed Jun 06, 2012 7:24 am

Master DC pada diskusi nih.. pengen sharing aja, Alhamdulillah sejak install DC, gak ada masalah yang kronis, untuk FC sama aja dengan singlecarb 1:12 dalam kota, untuk luar kota gak pernah ngukur soale gak pernah bawa ke luar kota (jalan ancur).. spuyer standar semua, klep 20-25, setelan angin 1,5 putaran dari posisi nutup (suara mesin gak naik lagi).. putaran bawah rasanya sama dengan Kijang LGX 1,8 injeksi.. putaran atas gak tau pasti, gak ada jalan yang mendukung buat ngetes.. :) . Koil pake cranecams PS91, busi standar, kabel busi standar. posisi delco diatur pake timing light .. just that..

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by adeindra » Wed Jun 06, 2012 7:49 am

Ada yang berniat liat spuyer DC untuk tau berapa sih standar nya itu ukurannya?
Saya juga engga tau oi spuyer di DC saya berapa

Btw, manteb banget penjelasan om meneer oii...

Om adi papakafka udah coba ikutan DIY ini dah ini laporannya:

Lapor ... Test di Tol Jagorawi & Tol JORR (Jam 01:00 a.m.)

*Mesin STD, pake Premium
*Before (BE) Pilot Jet = 40, Main Jet = 150 Stelan angin = 2" putaran (arah lawan jarum jam)
*After (AF) Pilot Jet = 40, Main Jet = 100 Stelan angin = 2" putaran (arah lawan jarum jam)
*(BE) & (AF) nyala mesin normal, gak ada gejala ngelitik atau pincang
*(BE) & (AF) temperatur mesin normal di 1/4

1.Gigi 3 (BE) RPM sanggup digeber smp 7rb
Gigi 3 (AF) RPM sanggup digeber cm 5rb
2.Gigi 4 (BE) RPM sanggup digeber smp 5rb
Gigi 4 (AF) RPM sanggup digeber cm 4rb
3.Gigi 5 (BE) RPM sanggup digeber smp 5rb
Gigi 5 (AF) RPM sanggup digeber cm 4rb
4.Gigi5 (BE) Top Speed sanggup smp 150kpj
Gigi 5 (AF) Top Speed sanggup cm 130kpj

Mohon arahan lebih lanjut ...

Ada yang bisa bantu share enaknya diapain lagi?

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Wed Jun 06, 2012 8:28 am

adeindra wrote:Ada yang berniat liat spuyer DC untuk tau berapa sih standar nya itu ukurannya?
Saya juga engga tau oi spuyer di DC saya berapa

Btw, manteb banget penjelasan om meneer oii...

Om adi papakafka udah coba ikutan DIY ini dah ini laporannya:

Lapor ... Test di Tol Jagorawi & Tol JORR (Jam 01:00 a.m.)

*Mesin STD, pake Premium
*Before (BE) Pilot Jet = 40, Main Jet = 150 Stelan angin = 2" putaran (arah lawan jarum jam)
*After (AF) Pilot Jet = 40, Main Jet = 100 Stelan angin = 2" putaran (arah lawan jarum jam)
*(BE) & (AF) nyala mesin normal, gak ada gejala ngelitik atau pincang
*(BE) & (AF) temperatur mesin normal di 1/4

1.Gigi 3 (BE) RPM sanggup digeber smp 7rb
Gigi 3 (AF) RPM sanggup digeber cm 5rb
2.Gigi 4 (BE) RPM sanggup digeber smp 5rb
Gigi 4 (AF) RPM sanggup digeber cm 4rb
3.Gigi 5 (BE) RPM sanggup digeber smp 5rb
Gigi 5 (AF) RPM sanggup digeber cm 4rb
4.Gigi5 (BE) Top Speed sanggup smp 150kpj
Gigi 5 (AF) Top Speed sanggup cm 130kpj

Mohon arahan lebih lanjut ...

Ada yang bisa bantu share enaknya diapain lagi?
untuk perbandingan mungkin lebih kelihatan irit menurut eza opa,. om adi udah kasih hasil tes yang ini,. di lihat dr konsumsi bahan bakar dari penggunaan pilot jet 40 dan main jet 100 yang di lakuin om adi. alhasil bisa lebih efisien konsumsi bahan bakarnya. tapi ya itu mungkin setiap DC ada stelan yang pasti beda, baik dari pengapian, busi, Dll nah dilihat dari hasil tes om adi pasti dengan spuyer kecil ( main jet ) yang menggunakan 100 pasti tenaga sedikit berkurang, namun konsumsi bahan bakar akan lebih irit di bandingkan menggunakan pilot jet 40 main jet 150. sekarang tergantung om" semua,. mau irit dng tenaga DC yang di cekek namun tetep bisa lari, apa mau boros dng tenaga power besar, monggo tinggal pilih aja,. :D :D :D
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Wed Jun 06, 2012 8:47 am

meneer wrote:
rezayolando25 wrote: maap om eza blm sempet ukur FC soalnya eza masih coba setting lagi ini DC,. di busi msh ada sedikit pembakaran yang kurang bagus 1/2 kering dan 1/2 engga,. karena eza msh coba konsumsi pakai premium,! kl perbandingan mengkonsumsi bahan bakar pertamax sih pasti pembakaran bagus om, alhasil settingan mungkin lbh mudah krn oktan yang baik dan tinggi, mungkin eza brani pake pilot jet 40 dan main jet 110 om,. kl premium alhasil boros busi Dll pake segitu om,. ini dia masalahnya om,, keuangan cekak alhasil konsumsi premium :D ( ngirit buat bini lahiran ) ., selama beberapa hari ini gak masalah sih om setelah di pakai, msh kerasa iritnya cuman mungkin hasil dari settingan eza blom puas menurut eza om,! minta info busi yang dipakai dong? apa busi racing Dll. yang bagus apa om,? dan eza pingin tau om pake pilot jet dan main jet berapa itu DC?
busi sy pake OEM daihatsu zebra tipe DENSO K20 PU aja om,murah meriah.50rebu dapet 4pcs..spuyer2 std bawaan DC (saya lupa catat berapa ukurannya),yg jelas saat ini saya sudah lama terakhir bongkar DC tsb,hanya bebersihnya semprot2 aja pake merk carb jet produk soft99 japan yg terbukti ampuh buat usir kerak ketika power valve saya macet (saya dah coba rendam pake thinner A special atw semprot2 carb cleaner merk lain tapi ga bisa).hihi...

untuk spek mesin saya yg lain STANDAR aja om :D

kalo settingan ada yg beda antara barrel (dc kan ada 2 barrel) berarti coba dimainkan aja setelan angin2nya,dan coba didengarkan pake stetoskop untuk mengira2 velositas udara yang masuk (suara angin masuk bisa terdengar jelas kalo pake stetoskop) nanti akan ketahuan sama atau tidaknya settingan 2 barrel tersebut...maklum DC kita ini usianya udah tua,belum tentu jumlah putaran sama trus sama juga udara yang masuk..DC saya aja jumlah putarannya beda loh om antara barrel 1 dan barrel 2...

coba dulu tes kompresi om untuk memaksimalkan settingan...siapa tahu busi yg basah itu bukan karena settingan yg terlalu RICH,melainkan karena kompresi yg udah turun karena per seher lemah atau hanya karena ada sil klep yg udah aus sehingga ada oli yg masuk ruang bakar dan menimbulkan residu pada busi...

saya punya saran aja om...kalo mau irit dalam kota coba turunkan lagi spuyer pilot jetnya...kan putaran bawahnya dia yg handle..soalnya kalo busi hitam atw settingan terlalu RICH ketika langsam itu berarti pilot jetnya kegedean...sedangkan kalo main jetnya kekecilan bisa dilihat ketika mesin di geber,dia akan cepat menjerit dan terasa ada loss power di putaran atas,tetapi ketika main jet kegedean maka ketika digeber dia akan brebet di putaran atasnya...susah ya? :D
nice info om,. semakin bermanfaat..
hihihihi seru juga ya ngobrolin DC, untuk masalah seher eza daleman mesin udah upgrade semua om, alhasil ini DC baru pasang di mesin baru :D STD GC.. soal putaran angin allhamdulillah eza gak ada masalah om, setiap putaran berbeda alhasil DC akan pincang, jdnya eza bisa aplikasi 1:1 / 2:2 dan seterusnya.. untuk masalah konsumsi selama ini pilot jet bawaan eza bukan 40 om melain kan 55. main jet 175 alhasil 1 hari pake busi langsung mati total om,. nah dng beberapa kali eza setting ke tukang karbu gak beda jauh, semua hasil brebet lagi, untuk settingan eza lakuin gmana DC bisa pakai premium dng seirit"nya, Tp hasil harus lebih dr karbu STD. mungkin eza akan tes ulang menggunakan pilot jet 35 dan main ttp menggunakan 100. karena secara logika karbu bawaan GC main jetnya msh 85 ukurannya,.
hasil tes eza menggunakan pilot 40 dan main jet 100 untuk mencapai 170 km msh cepet bisa tercapai di odometer (tol pasteur sampe baros). gak ada los gas dll, namun dr hasil busi yang eza buka, ini busi msh stengah hitam. bukan tercampur oli. tapi hitam pekat. dan ada yng putih sedikit. kalau lihat kasat mata soal busi ini pembakaran belum sempurna, karena bensin msh blm kebakar total. :D mksh sarannya om mener :D
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by adeindra » Wed Jun 06, 2012 9:12 am

xixixi

denger denger gosipnya om eza ini ex pembalap underbone tinggal jawa barat ya...

jadi biasa banget otak atik karbu

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas

Post by rezayolando » Wed Jun 06, 2012 9:25 am

adeindra wrote:xixixi

denger denger gosipnya om eza ini ex pembalap underbone tinggal jawa barat ya...

jadi biasa banget otak atik karbu
xixixixi opa tau aja nih, pemuda berbadan gelap kali :D,. dulu aja opa,! taun 98 sampe 2005..
Last edited by rezayolando on Wed Jun 06, 2012 10:09 am, edited 1 time in total.
--- AERO SH 4 ' 89 ---

Post Reply