rezayolando25 wrote:
maap om eza blm sempet ukur FC soalnya eza masih coba setting lagi ini DC,. di busi msh ada sedikit pembakaran yang kurang bagus 1/2 kering dan 1/2 engga,. karena eza msh coba konsumsi pakai premium,! kl perbandingan mengkonsumsi bahan bakar pertamax sih pasti pembakaran bagus om, alhasil settingan mungkin lbh mudah krn oktan yang baik dan tinggi, mungkin eza brani pake pilot jet 40 dan main jet 110 om,. kl premium alhasil boros busi Dll pake segitu om,. ini dia masalahnya om,, keuangan cekak alhasil konsumsi premium
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
( ngirit buat bini lahiran ) ., selama beberapa hari ini gak masalah sih om setelah di pakai, msh kerasa iritnya cuman mungkin hasil dari settingan eza blom puas menurut eza om,! minta info busi yang dipakai dong? apa busi racing Dll. yang bagus apa om,? dan eza pingin tau om pake pilot jet dan main jet berapa itu DC?
busi sy pake OEM daihatsu zebra tipe DENSO K20 PU aja om,murah meriah.50rebu dapet 4pcs..spuyer2 std bawaan DC (saya lupa catat berapa ukurannya),yg jelas saat ini saya sudah lama terakhir bongkar DC tsb,hanya bebersihnya semprot2 aja pake merk carb jet produk soft99 japan yg terbukti ampuh buat usir kerak ketika power valve saya macet (saya dah coba rendam pake thinner A special atw semprot2 carb cleaner merk lain tapi ga bisa).hihi...
untuk spek mesin saya yg lain STANDAR aja om
kalo settingan ada yg beda antara barrel (dc kan ada 2 barrel) berarti coba dimainkan aja setelan angin2nya,dan coba didengarkan pake stetoskop untuk mengira2 velositas udara yang masuk (suara angin masuk bisa terdengar jelas kalo pake stetoskop) nanti akan ketahuan sama atau tidaknya settingan 2 barrel tersebut...maklum DC kita ini usianya udah tua,belum tentu jumlah putaran sama trus sama juga udara yang masuk..DC saya aja jumlah putarannya beda loh om antara barrel 1 dan barrel 2...
coba dulu tes kompresi om untuk memaksimalkan settingan...siapa tahu busi yg basah itu bukan karena settingan yg terlalu RICH,melainkan karena kompresi yg udah turun karena per seher lemah atau hanya karena ada sil klep yg udah aus sehingga ada oli yg masuk ruang bakar dan menimbulkan residu pada busi...
saya punya saran aja om...kalo mau irit dalam kota coba turunkan lagi spuyer pilot jetnya...kan putaran bawahnya dia yg handle..soalnya kalo busi hitam atw settingan terlalu RICH ketika langsam itu berarti pilot jetnya kegedean...sedangkan kalo main jetnya kekecilan bisa dilihat ketika mesin di geber,dia akan cepat menjerit dan terasa ada loss power di putaran atas,tetapi ketika main jet kegedean maka ketika digeber dia akan brebet di putaran atasnya...susah ya?
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)