mesin susah nyala kalau pagi.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Thu Mar 18, 2010 8:34 pm

Yang tepat mana nih.
point 1 idle paling tinggi atau paling halus ?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 8:46 am

sama saja lah untuk poin 1,
krn klo dibuka terus yg ada malah turun.
klo dibuka sampe mau copot malah ga turun, brarti ada yg bocor karbunya atau spuyer idlenya terlalu kecil.

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Fri Mar 19, 2010 10:40 am

onta wrote:sama saja lah untuk poin 1,
krn klo dibuka terus yg ada malah turun.
klo dibuka sampe mau copot malah ga turun, brarti ada yg bocor karbunya atau spuyer idlenya terlalu kecil.
Gak turun2 om, spuyer idle yang mana ?, yang harus diperiksa untuk pastikan bocor tidaknya bagian mana ?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 10:47 am

Spuyer idle di dalem bentuknya panjang, coba liat topic DIY karbu.
salah puter kali Om, yg diputer throttlenya.

klo mau cek bocor karbu, bisa disemprot pake carb cleaner di body karbunya.
klo suara mesin berubah sewaktu di semprot, positif bocor.

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by ariphrp » Fri Mar 19, 2010 10:59 am

Berubah gimana Oom? bukannya kalau disemprot carb cleaner suara jadi berubah karena udara bercampur cairan carb cleanernya?

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Fri Mar 19, 2010 11:04 am

onta wrote:Spuyer idle di dalem bentuknya panjang, coba liat topic DIY karbu.
salah puter kali Om, yg diputer throttlenya.

klo mau cek bocor karbu, bisa disemprot pake carb cleaner di body karbunya.
klo suara mesin berubah sewaktu di semprot, positif bocor.
setelan idle yang letaknya dibawah throttle gas kan ? diputar pake obeng minus. dah hampir copot tapi g turun2.
oya, kalo nyetel karbu, bagusnya sekalian dengan posisi delco nggak ?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 11:24 am

Mungkin dah ganti karbu kit sebelumnya, spuyer ukuran lebih kecil.
Coba idle paling smooth dapet di berapa kali puteran? Klo lebih dr 2.5 kali, bisa jadi ada yg bocor, bisa jg spuyer kekecilan.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 11:26 am

ariphrp wrote:Berubah gimana Oom? bukannya kalau disemprot carb cleaner suara jadi berubah karena udara bercampur cairan carb cleanernya?
disemprotnya ya jgn di mulut karbunya.
Semprot di bagian sambungan karbu.
Klo perlu di daerah packing intake sekalian.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by ariphrp » Fri Mar 19, 2010 11:27 am

ada di manual service thu.. cara setting idle..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by pauluspaska » Fri Mar 19, 2010 12:17 pm

nambahin ya

sewaktu putar baut idle kalo gak mau turun gpp tapi untuk mendapatkan idle smooth harus perhatikan suara di mulut karbu ada perubahan suara halus.
oleh karena itu waktu setel karbu harus ditempat sepi.


perubahan suara:
kalau diputar membuka terus perhatikan bunyi yang berubah seperti bunyi 'ngowoh' (ciiiiaaah bunyi apaan nih) kupingnya kudu jeli. kalo sampe ada bunyi itu putar balik sekrupnya. yang bagus itu berhenti memutar sebelum bunyi ngowoh.
bunyi ngowoh tanda udara atw bensin (saya lupa) yang berlebih. mungkin om onta yang inget itu lubang angin atau bensin.

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply