Page 5 of 16

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Tue Dec 27, 2011 6:57 am
by Tommy Gudhel
sudah penuh airnya tapi nggak muncrat om......
ada temen yg bilang suruh diservice radiator ( di korok gitu istilahnya )....
tutup radiator baru ganti nd 30 rb...katanya ori nd.....

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sat Feb 11, 2012 2:30 am
by sherios
ni thread g ada lanjutannya ya...
kayaknya kasusnya sama ni ama yg aq pikirkan...
tanya lebih jauh para sesepuh...
klo silinder kop kropos n musti turun mesin(separuh ya)..
katanya musti ganti seker juga ya..?? klo emang ganti seker,,harus ganti berapa seker,,trus stang dll apa jg ganti..???
mohon pencerahan sesepuh....

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Feb 12, 2012 11:29 am
by Pa'de Gung
Seker ga harus ganti lah um..... kan ga ikut keropos... :D
Tapi kalo cylinder head keropos dibiarin.... seker bisa rusak....

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Sun Feb 12, 2012 8:40 pm
by krisnadew
Numpang comment ya om, nubi nih..
Kl shortblock keropos masi bs dibenerin, las alumunium yg kasi garansi ga molet, misal di jgj kena 400k kl ga salah, ato sekalian aja buatin spt block guard lebih awet, seker+ring prefer sekalian ganti biar seger sekalian, nuwun

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 12:44 pm
by Whien
Sama Seperti om air radiator saya selalu habis kalau pagi,. kira2 sekitar 2 gelas mineral harus isi lagi,.
jangan jangan radiator bocor lagi,.
soalnya saya hampir 6 bulan sekali radiator suka di bersihin, tetapi pengalaman dulu pas sesudah di las lagi radiatornya eh masih ada rembesan dari lasannya jadi harus turun lagi,.
sekarang masalahnya masih tetep bocor saya cari cari masalahnya ternyata didapat yaitu selang radiator yang atas ada bocor,.

langkah-langkahnya seperti om om lakukan,.
1. mesin mati,. buka tutup radiator
2. mesin starter lihat air radiatornya muncrat atau tidak ( dengan perasaan was was takutnya muncrat harus turun mesin deh)
3. ternyata tidak muncrat akhirnya saya telusuri dimana letak bocornya
4. selang radiator ternyata penyakitnya

diisi full airnya
Image

alhamdulilah pas dinyalakan starter air normal normal saja :ymhug:
Image

akhirnya dicarilah penyakitnya neh ternyata di selang atas
Image

inilah dia penyebabnya mudah-mudahan tidak ada lagi kebocoran yang lainnya
Image

sekarang cus beli selang dan bawa ke tukang radiator untuk di gantiin lagi

sekian sharingnya mudah-mudahan dapat membantu rekan rekan semua

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 1:03 pm
by pauluspaska
Mumpung mesin dan sistem pendingin sehat, ganti air radiator pakai coolant untuk radiator om. Air mineral cenderung meninggalkan kerak di thermostat dan merusak blade water pump.
Air mineral tidak mengandung rust inhibitor

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 4:06 pm
by Ario Sudibyo
pauluspaska wrote:Mumpung mesin dan sistem pendingin sehat, ganti air radiator pakai coolant untuk radiator om. Air mineral cenderung meninggalkan kerak di thermostat dan merusak blade water pump.
Air mineral tidak mengandung rust inhibitor
Om PP.......Katanya klo pake coolant bs rontok kerak yg nempel di dinding radiator, malah bs jg menggerus dinding radiatornya. Bener gak oom ?? Trus pengaruh gak ke thermostat sama waterpump yg jelas2 dah berkerak ??

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 4:38 pm
by adeindra
bantu jawab

kalo menurut pendapat ane sih itu hal itu salah ya. Memang bener radiator coolant yang baik (baca mahal) pasti biasanya punya formula anti karat tapi tidak akhirnya mampu merontokkan karat didalemnya kayak cairan flush radiator

saya dari dahulu berganti mobil selalu pake coolant. yang penting bagi sebelum penggantian air biasa ke coolant diservis/bersihin dahulu tidak hanya radiator tapi juga rumah termostat dari kerak karat yang tertinggal

nih artikel percobaannya bagus deh mebandingkan radiator coolant dengan air ac. Padahal sering dibilang air tetesan ac bagus buat radiator.. ternyata.... baca selengkapnya
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
http://trexton.wordpress.com/2013/06/21 ... -radiator/

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 4:39 pm
by Whien
Ario Sudibyo wrote:
pauluspaska wrote:Mumpung mesin dan sistem pendingin sehat, ganti air radiator pakai coolant untuk radiator om. Air mineral cenderung meninggalkan kerak di thermostat dan merusak blade water pump.
Air mineral tidak mengandung rust inhibitor
Om PP.......Katanya klo pake coolant bs rontok kerak yg nempel di dinding radiator, malah bs jg menggerus dinding radiatornya. Bener gak oom ?? Trus pengaruh gak ke thermostat sama waterpump yg jelas2 dah berkerak ??
setuju om,. ada yang bilang coolant kurang baik,. saya pake air sulingan AC sich sebenarnya kemarin urgent karena air nya nggak ada :D

Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...

Posted: Fri Sep 06, 2013 4:44 pm
by adeindra
tambahin artikel yang mungkin mirip ama yang saya lakukan

http://forum.otomotifnet.com/otoforum/a ... -6836.html

Sebenarnya tidak haram kalau mau pakai radiator coolant. Menurut Anwar, mobil baru bisa tahan sampai lima tahun dengan cairan pendingin bawaan pabrik. Apakah mobil tua juga diperbolehkan pakai radiator coolant? “Yang penting kondisi saluran pendingin pada mobil tersebut harus bersih,” bilang pria 38 tahun ini.

Maksud Anwar, apapun jenisnya, cairan coolant punya kecenderungan mengangkat kotoran dan karat dari tempat penumpukannya. “Kalau mobil lama yang sebelumnya pakai air biasa, setelah pakai coolant biasanya saluran pendingin justru tersumbat. Ya karena kotorannya menyumbat pipa kapiler pada radiator atau water jacket

(mantel pendingin),” bebernya. Pipa kapiler mampat, air tidak lancar mengalir, mesin pun bisa overheat.


Nah, kalau Anda saat ini masih pakai air biasa dan ingin ganti pakai coolant, pastikan sistem pendingin mobil dalam kondisi ideal. Indikatornya, adalah cairan pendingin. Paling gampang, longok isi radiator dan tabung reservoirnya. Kalau cairannya bening, masih aman buat dituang coolant.
Tetapi kalau sudah ada kecenderungan warna cokelat, sebaiknya dilakukan treatment dulu. Seperti servis radiator untuk menghilangkan penumpukan kerak di pipa kapiler dan cover atas bawahnya.
Kalaupun yakin radiator masih bagus (jajaran pipa tampak bersih saat diintip dari tutup radiator), sebaiknya sistem pendingin dikuras total. Sekadar mengingatkan, pengurasan dilakukan dengan mencopot slang radiator bagian atas.

Jika sedang servis radiator, menurut Anwar, slang bawah dikucurkan air langsung keran. “Terpenting, copot dulu thermostatnya. Hal ini mencegah adanya penumpukan kotoran di thermostat. Selain itu supaya saluran airnya tidak terhalang karena thermostat sifatnya menutup jika suhunya dingin,” ulasnya panjang lebar.

Trik ini dianggap ampuh membilas kotoran di dalam mesin. Pembilasan dianggap bersih jika air yang keluar dari slang atas benar-benar bening seperti air yang dimasukkan dari slang bawah. Itu pertanda jika kotoran benar-benar terbilas habis.

Setelah perlakuan ini, radiator baru bersih dan siap dituang coolant. Oh ya, mengenai jenis coolant yang kian beragam, Anwar mengajak untuk lebih bijak memilih. “Memang banyak, kalau bisa cari yang punya PH netral,” sarannya. Tetapi sulit buat mengecek, masak harus bawa-bawa PH meter. “Mungkin bisa dilihat dari harga. Yang bagus memang agak mahal karena proses penyulingan air yang dipakai harus bagus,” tutupnya seraya menyebut rata-rata banderol coolant berkualitas maksimal di atas Rp 40 ribuan..