Tentang Busi

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
batman
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 812
Joined: Thu Jul 24, 2008 4:19 pm
Location: @#$ macet nya Jakarta..

Re: Tentang Busi

Post by batman » Fri Oct 24, 2008 11:28 am

Wah boleh di coba tuh kaya nya ya.. kalau emang perbedaan jauh dgn yg std nya dan apa lagi kalo lebih irit konsumsi benzin na...

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Tentang Busi

Post by pauluspaska » Fri Oct 24, 2008 5:31 pm

arie aja wrote:di thread yang lain juga ada cara hemat bensin tuh.. dicampur aseton bensinnya...ada yg berani coba??
Udah Om.....campur Xylene....
Cobain deh... ;)
Rekomended
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by saitama » Wed Apr 29, 2009 11:58 am

nah loo....

gini aja sekarang bikin persamaan n perbedaan dari busi K20EP ( std zebra yang di aplikasi di gc ), dengan ngk ZFR5F-11 ataw dengan busi laen yang pernah di pake, plus minus nya semua


kalo yang aku rasain dari autolite, K20EP, denso, ngk

yang paling kerasa enak di K20EP, kenapa?? karena kerasa lebih enteng n responsif banget

kalo potong gap busi aku belom coba, bang jendral ijo tuh yang udah potong gap


ayo gimana yang laen

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: Tentang Busi

Post by Kurniawan dicky » Wed Apr 29, 2009 2:41 pm

Betul Om Saitama, K20PU nya zebra berasa lebih nendang, saya bandingin sama yg std dan yang iridium (ktnya bawaan new CRV)... :-D Yang std dan iridium resistannya masih besar, cuman yang iridium percikannya lebih fokus secara ujung elektrodanya lancip.
Gambar berikut berderet busi std GC, zebra, iridium...

reloaded pict..
P3220081.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Kurniawan dicky on Thu Jul 02, 2009 11:57 am, edited 3 times in total.

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by saitama » Wed Apr 29, 2009 2:49 pm

eh K20PU yahh....

heheheh sori salah kasih kode....

om potonya gak kluar.......

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by onta » Wed Apr 29, 2009 4:15 pm

ngikut ganti ahhhhhh .................................
Om Saitam .. potonya kluar tuw .

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by saitama » Thu Apr 30, 2009 11:52 am

laaahhhh........

di tempat q kok ga keluar yah oomm..... piye ikiiiiii

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Tentang Busi

Post by abah » Thu Apr 30, 2009 2:18 pm

ga keluar gambarnya....

oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by saitama » Fri May 01, 2009 10:25 am

bah bisa di liat dari percikan apinya, caranya

ambil 1 busi yang nancep di mesin trus di tes, kalo apinya utuh di tengah antara batang katoda ke dinding anodanya berarti masih sehat tinggal liat aja warna ujung kepala businya apa, kalo mengarah ke putih bagus, mengarah ke item jelek.... idealnya coklat bata

kalo percikan apinya keluar dari saming2 juga berarti udah bocor n mulai rusak, secepatnya di ganti..

gitruuuu

General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Thu Jul 02, 2009 11:06 am

abah wrote:ga keluar gambarnya....

oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?
ini sama dengan pertanyaan apa yg disebut busi mati?

busi modar karena centre elektrode tingkat resistansinya sudah makin tinggi. sehingga daya hantar voltage dari koil tidak mampu tersalur ke ujung busi. wajarlah busi mati karena pada masa pemakaiannya secara terus menerus centre elektroda akan berubah sifatnya menjadi high resistance.

dari situ lah bisa ditentukan masa pakai busi. paling mudah pakai avometer. lantas ukur resistan busi. kalau misal standat resistan busi adalah 5 kilo ohm lantas setelah massa pemakaian menjadi 15 kilo ohm artinya performa busi sudah turun. itu ditandai dengan performa mesin yang kurang sip.

nah, tingkat resistan yang makin tinggi tersebut menyebabkan kualitas api saat memercik jadi merah.

nah kalau busi percikannya sudah menyebar akibat bocor, artinya itu busi rusak. bukan karena massa pakai, tp emang cacat produksi. :D

Post Reply