Page 5 of 10

Re: Tentang Busi

Posted: Fri Oct 24, 2008 11:28 am
by batman
Wah boleh di coba tuh kaya nya ya.. kalau emang perbedaan jauh dgn yg std nya dan apa lagi kalo lebih irit konsumsi benzin na...

Re: Tentang Busi

Posted: Fri Oct 24, 2008 5:31 pm
by pauluspaska
arie aja wrote:di thread yang lain juga ada cara hemat bensin tuh.. dicampur aseton bensinnya...ada yg berani coba??
Udah Om.....campur Xylene....
Cobain deh... ;)
Rekomended

Re: Tentang Busi

Posted: Wed Apr 29, 2009 11:58 am
by saitama
nah loo....

gini aja sekarang bikin persamaan n perbedaan dari busi K20EP ( std zebra yang di aplikasi di gc ), dengan ngk ZFR5F-11 ataw dengan busi laen yang pernah di pake, plus minus nya semua


kalo yang aku rasain dari autolite, K20EP, denso, ngk

yang paling kerasa enak di K20EP, kenapa?? karena kerasa lebih enteng n responsif banget

kalo potong gap busi aku belom coba, bang jendral ijo tuh yang udah potong gap


ayo gimana yang laen

Re: Tentang Busi

Posted: Wed Apr 29, 2009 2:41 pm
by Kurniawan dicky
Betul Om Saitama, K20PU nya zebra berasa lebih nendang, saya bandingin sama yg std dan yang iridium (ktnya bawaan new CRV)... :-D Yang std dan iridium resistannya masih besar, cuman yang iridium percikannya lebih fokus secara ujung elektrodanya lancip.
Gambar berikut berderet busi std GC, zebra, iridium...

reloaded pict..
P3220081.JPG

Re: Tentang Busi

Posted: Wed Apr 29, 2009 2:49 pm
by saitama
eh K20PU yahh....

heheheh sori salah kasih kode....

om potonya gak kluar.......

Re: Tentang Busi

Posted: Wed Apr 29, 2009 4:15 pm
by onta
ngikut ganti ahhhhhh .................................
Om Saitam .. potonya kluar tuw .

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Apr 30, 2009 11:52 am
by saitama
laaahhhh........

di tempat q kok ga keluar yah oomm..... piye ikiiiiii

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Apr 30, 2009 2:18 pm
by abah
ga keluar gambarnya....

oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?

Re: Tentang Busi

Posted: Fri May 01, 2009 10:25 am
by saitama
bah bisa di liat dari percikan apinya, caranya

ambil 1 busi yang nancep di mesin trus di tes, kalo apinya utuh di tengah antara batang katoda ke dinding anodanya berarti masih sehat tinggal liat aja warna ujung kepala businya apa, kalo mengarah ke putih bagus, mengarah ke item jelek.... idealnya coklat bata

kalo percikan apinya keluar dari saming2 juga berarti udah bocor n mulai rusak, secepatnya di ganti..

gitruuuu

Re: Tentang Busi

Posted: Thu Jul 02, 2009 11:06 am
by General Lee
abah wrote:ga keluar gambarnya....

oya, mu nanya, gimana caranya mengetahui apakah masa pakai suatu busi sudah habis. apa harus nunggu sampe ngeberebet dulu?? kalo dari ciri fisik gimana?
ini sama dengan pertanyaan apa yg disebut busi mati?

busi modar karena centre elektrode tingkat resistansinya sudah makin tinggi. sehingga daya hantar voltage dari koil tidak mampu tersalur ke ujung busi. wajarlah busi mati karena pada masa pemakaiannya secara terus menerus centre elektroda akan berubah sifatnya menjadi high resistance.

dari situ lah bisa ditentukan masa pakai busi. paling mudah pakai avometer. lantas ukur resistan busi. kalau misal standat resistan busi adalah 5 kilo ohm lantas setelah massa pemakaian menjadi 15 kilo ohm artinya performa busi sudah turun. itu ditandai dengan performa mesin yang kurang sip.

nah, tingkat resistan yang makin tinggi tersebut menyebabkan kualitas api saat memercik jadi merah.

nah kalau busi percikannya sudah menyebar akibat bocor, artinya itu busi rusak. bukan karena massa pakai, tp emang cacat produksi. :D