hoxs21 wrote:nggak ah,
NON VTEC juga kalo di danain sebanyak kita pasang head VTEC, hasilnya juga bisa dahsyad, kalo masih sama sama SOHC. tergantung kebutuhannya juga sih...
yang saya masih penasaran, kalau head vtec pake karbu, gimana cara mengakomodasi 2 profil cam yang beda ya? soalnya setelah saya cek pake afr meter, pas wild cam aktif, afr nya jadi lean banget (waktu saya ngecek pake ecu bawaan estilo p27 standar). kalo di injeksi kan bisa di remap / pasang piggiback untuk mengoreksi afrnya itu, lha kalo karbu gimana?
gini lho mas, pertama.. bedanya vtec ama non-vtec tp menggunakan cam racing: utk mengaktifkan vtec dibutuhkan oli dan tekanan oli yg tinggi pada head, sedang cam racing tidak memerlukan oli sbnyk vtec utk beroperasi, pengaktifan cam racing lsg aktif begitu diinstall pada head semenjak mesin distater tp tidak demikian dgn vtec, krn dari itu dgn penggunaan cam racing utk hari2 jd tidak ideal, pemakain bbm yg lebih boros dan putaran stasioner pun tidak nyaman utk pemakaian sehari2..
utk gimana cara mengakomodasi 2 profil cam yg berbeda pada vtec sebenarnya adalah dengan dialirkannya oli ke cyl head oleh solenoid, oleh krn itu tidak terdapat oil jet nozzle pada blok mesin vtec, oil jet nozzle ini fungsinya digantikan oleh solenoid pada head vtec, utk vtec bekerja butuh oli di cyl head, butuh tekanan oli yg tinggi, butuh oli yg bagus dan ngga boleh kurang dan terakhir harus mencapai tempratur mesin yg ideal.., pada D16Z6 pengaktifan solenoid dikendalikan oleh ECU, sedang pada system carbu dikendalikan oleh vtec trigger spt pivot ato v con dll
oleh krn itu pada proses mini me swap dari non vtec ke vtec, oil jet nozzle dicabut krn fungsi ini digantikan oleh solenoid nantinya, dgn dicabutnya oil jet ini maka aliran oli pada kruk as akan berkurang, tetapi dgn adanya solenoid, sebelum solenoid aktif maka kruk as tidak menderita kekurangan oli, pada saat solenoid aktif utk vtec bekerja maka konsentrasi oli akan pindah ke head krn akan dibuka jalurnya oleh solenoid.., begitu putaran rpm turun solenoid akan menutup kembali jalurnya utk kebutuhan oli fokus pada kruk as kembali..
yg berbahaya dapat membuat mesin ato kruk as jebol adalah penggunaan vtec trigger yg salah, contoh spt penggunaan vtec trigger manual pada rpm rendah dengan mksd mendapatkan hasil spt menggunakan cam racing pada putaran rpm rendah dgn menggunakan head vtec, krn pada saat solenoid aktif smua jalur oli ke atas akan terbuka maka yg terjadi di rpm rendah kruk as menderita kekurangan oli, tetapi mengapa tidak demikian dengan putaran tinggi? krn penggunaan putaran tinggi hny bbrp saat pada saat akselerasi, pada saat balap pun pencapaian top speed dgn gigi 5 ato 6 dgn rpm maximum hanya terjadi bbrp saat tergantung treknya tidak konstan monoton di tikungan dan trek lurus..
karena itu misal mesin vtec diganti headnya dgn non vtec, maka oil jet nozzle yg dicabut tadi wajib dipasang kembali utk menjaga konsumsi oli terfokus pada kruk as spt normalnya, karena kl ngga dipasang kembali maka otomatis konsentrasi oli pada bagian kruk as akan berkurang yg bisa menyebabkan jebolnya mesin spt patah kruk as