mesin susah nyala kalau pagi.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Fri Mar 19, 2010 12:35 pm

pauluspaska wrote:nambahin ya

sewaktu putar baut idle kalo gak mau turun gpp tapi untuk mendapatkan idle smooth harus perhatikan suara di mulut karbu ada perubahan suara halus.
oleh karena itu waktu setel karbu harus ditempat sepi.


perubahan suara:
kalau diputar membuka terus perhatikan bunyi yang berubah seperti bunyi 'ngowoh' (ciiiiaaah bunyi apaan nih) kupingnya kudu jeli. kalo sampe ada bunyi itu putar balik sekrupnya. yang bagus itu berhenti memutar sebelum bunyi ngowoh.
bunyi ngowoh tanda udara atw bensin (saya lupa) yang berlebih. mungkin om onta yang inget itu lubang angin atau bensin.

[Post made via Mobile Device] Image
brarti harus buka cover saringan dunk om pp biar dnger suara "ngowoh"?..nyoba ah,biar dnger suara ngowoh,garasi ditutup,sunyikan suasana,jng trlalu nungging muter bautny ya tar ngowohny dr tmpt laen.hehehehe

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Fri Mar 19, 2010 12:53 pm

pauluspaska wrote:nambahin ya

sewaktu putar baut idle kalo gak mau turun gpp tapi untuk mendapatkan idle smooth harus perhatikan suara di mulut karbu ada perubahan suara halus.
oleh karena itu waktu setel karbu harus ditempat sepi.


perubahan suara:
kalau diputar membuka terus perhatikan bunyi yang berubah seperti bunyi 'ngowoh' (ciiiiaaah bunyi apaan nih) kupingnya kudu jeli. kalo sampe ada bunyi itu putar balik sekrupnya. yang bagus itu berhenti memutar sebelum bunyi ngowoh.
bunyi ngowoh tanda udara atw bensin (saya lupa) yang berlebih. mungkin om onta yang inget itu lubang angin atau bensin.

[Post made via Mobile Device] Image
kalo terus ngebuka sih lama2 jadi tinggi kedengarannya. apa sebelum fase "tinggi" ini putaran idle dihentikan ?

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Fri Mar 19, 2010 12:59 pm

zulindra wrote:
kalo terus ngebuka sih lama2 jadi tinggi kedengarannya. apa sebelum fase "tinggi" ini putaran idle dihentikan ?
sama om,yg trdngr dari suara ossss,,kalo dkncengin suaranya kcil kalo dkedorin tmbh gd suaranya..ngowohny kpn yak?..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 1:42 pm

Kalau dilihat tabel yg ini:

Image

yg saya maksud idle paling tinggi/paling smooth dapetnya di tenaga maksimal.
dr tabel kita tau AFR sekitar 12.6.
untuk nutup idle screw nya 1/4 - 1/2 itu spy dapet AFR di kisaran 14.7.

perlu diingat yg kita bahas ini adalah konsumsi mesin saat idle.
dimana ramuan 14.7 "udara" berbanding 1 "bensin".
saat idle kerja karburator di pengaruhi vacuum intake oleh isapan piston.
"udara" disetel dari trhottle stop screw / setelan gas
"bensin" diwakili sama idle mixture screw / setelan angin.

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Fri Mar 19, 2010 2:07 pm

onta wrote:Kalau dilihat tabel yg ini:

Image

yg saya maksud idle paling tinggi/paling smooth dapetnya di tenaga maksimal.
dr tabel kita tau AFR sekitar 12.6.
untuk nutup idle screw nya 1/4 - 1/2 itu spy dapet AFR di kisaran 14.7.

perlu diingat yg kita bahas ini adalah konsumsi mesin saat idle.
dimana ramuan 14.7 "udara" berbanding 1 "bensin".
saat idle kerja karburator di pengaruhi vacuum intake oleh isapan piston.
"udara" disetel dari trhottle stop screw / setelan gas
"bensin" diwakili sama idle mixture screw / setelan angin.
Pengen nih ke Balikpapan kursus kilat dengan om Onta. boleh ya ?. atau kapan2 ke Bontang, wajib mampir. Ok, nanti coba praktekkan. oya, mau nanya lagi, secara umum Grand Civic ini kuat nanjak nggak ya ?. gak enak dideketin melulu sm toyota kalo lagi nanjak. satu lagi, ada nggak cara untuk menyelaraskan tarikan mesin antara AC on/off

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Fri Mar 19, 2010 2:28 pm

Last question,smg ngerti nh sy..
Yg msh bngung itu gni lho om,,baut idle kalo saya tutup kan idlenya turun,nah skrng sy buka idle 2x putaran kan naik idlenya kalo dibuka lg naiknya idle sama aj ga ad prubhan yg sy dnger,apa dari idle rendah trus puter baut sampe idl naik dan meskipun dibuka lg ga bkaln naik,ap saat itu dpt AFR 12,drsna bru dttup lg 1/4 ato 1/2 putaran..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 2:35 pm

klo ga ada perubahan stop diputer.
diambil angka 0 - 10 untuk bunyi mesin,
posisi idle ditutup = 0 = mesin mati
max idle = 10, kalau idle dibuka terus tapi bunyi mesin hanya bisa sampe 10, cari posisi baut di angka 9, tutup lagi 1/4 puteran.

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Fri Mar 19, 2010 2:38 pm

zulindra wrote: kapan2 ke Bontang, wajib mampir. Ok, nanti coba praktekkan. oya, mau nanya lagi, secara umum Grand Civic ini kuat nanjak nggak ya ?. gak enak dideketin melulu sm toyota kalo lagi nanjak. satu lagi, ada nggak cara untuk menyelaraskan tarikan mesin antara AC on/off
klo ada waktu, nanti kontek2 Om.
soal nanjak, dah bawaan kali Om. Buktinya di generasi ke 5 civic, cc lebih besar, gearbox final rationya jg lebih besar
laras ati yg kaya gmn ACnya ? ga mudeng Om...

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Fri Mar 19, 2010 3:55 pm

onta wrote:klo ga ada perubahan stop diputer.
diambil angka 0 - 10 untuk bunyi mesin,
posisi idle ditutup = 0 = mesin mati
max idle = 10, kalau idle dibuka terus tapi bunyi mesin hanya bisa sampe 10, cari posisi baut di angka 9, tutup lagi 1/4 puteran.
sembari nyium bau knalpot ap msh bau sangit ato ga,bner ga gt om?..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by ariphrp » Fri Mar 19, 2010 4:01 pm

asepnya pedes di mata berarti belom bagus setting karbunya Oom.. begitu katanya.. :P

Post Reply