Tentang Busi

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by ariphrp » Thu Aug 06, 2009 10:08 am

fasc wrote:gambarnya ini mbah, sebiji 11 rebu
Image
musti nyari di bengkel bukan langganan tu, kalo gak ke beres dehatciu
Iya tuh.. di bengkel acuannya ada tabel busi setaraan antara NGK Denso sama apa lupa satu lagi.. baenya cari di Dahiacuh ya.. :D

General Lee

Re: Tentang Busi

Post by General Lee » Thu Aug 20, 2009 2:39 pm

ariphrp wrote:kok nanya ke toko Denso K20 dodol gak ada sih oom? :D

pasti gak ada om. K20 dodol itu busi import dari zimbabwe.
ngimportnya aja pake kapal selam. :))

User avatar
eri
GC Noob
GC Noob
Posts: 131
Joined: Mon Nov 22, 2010 1:24 pm
Location: Bandung.

Re: Tentang Busi

Post by eri » Tue Jun 28, 2011 12:12 am

fasc wrote:sudah nyoba denso k20pu, mang lebih narek.. nambah 1 dz( daya zebra) kale
palagi karena metal uda kena, sama montir delco dimundurkan (mang bener sih suara kluthuk2-nya ilang) tapi kalo rpm rendah di gigi tinggi suka nyendal-nyendal, pake k20pu jadi nggak nyendal2 lagi

btw, bener gak ni montir?
Habis baca ni topik langsung aku beli busi punya zebra harga 10rb di tunas daihatsu. Kebetulan mesin agak nyendal juga sama punya om Fasc. Ganti 4 busi langsung jooosss.....bener ni....sendal ilang tarikan ok Thanks ni om2 infonya.....tinggal bensin ni yg masih agak boros masih 1:8 dalam kota. Luar kota 1:10 minta saran ni om2 senior...... :)

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Tentang Busi

Post by abah » Wed Jun 29, 2011 4:13 pm

eri wrote:
fasc wrote:sudah nyoba denso k20pu, mang lebih narek.. nambah 1 dz( daya zebra) kale
palagi karena metal uda kena, sama montir delco dimundurkan (mang bener sih suara kluthuk2-nya ilang) tapi kalo rpm rendah di gigi tinggi suka nyendal-nyendal, pake k20pu jadi nggak nyendal2 lagi

btw, bener gak ni montir?
Habis baca ni topik langsung aku beli busi punya zebra harga 10rb di tunas daihatsu. Kebetulan mesin agak nyendal juga sama punya om Fasc. Ganti 4 busi langsung jooosss.....bener ni....sendal ilang tarikan ok Thanks ni om2 infonya.....tinggal bensin ni yg masih agak boros masih 1:8 dalam kota. Luar kota 1:10 minta saran ni om2 senior...... :)

kaget liat avatarnya om eri, mirip sama avatarnya gc saya... hehehehe.... :D

iya om, saya udah setaun ini pake K20PU, rasanya masih maknyus... kalo bensin, cobain service karbu dulu... kalo perlu, turunin sebody karbu, trus ganti seal2 karetnya... saya dulu juga boros segituan, taunya karena ada seal yang bocor jadinya kalo gas diinjek bensinnya muncrat keluar karbu.... [-(

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by zulindra » Wed Jun 29, 2011 6:41 pm

oya om.. sy bandingkan kalo pake busi zebra, ketika mobil pake AC trus berhenti bentar (matiin mesin), starternya agak lama ngangkatnya. beda dengan busi standarnya.. starter normal-normal aja.. perbandingan lain, pake busi zebra suara mesin gak sehalus busi standar..

User avatar
eri
GC Noob
GC Noob
Posts: 131
Joined: Mon Nov 22, 2010 1:24 pm
Location: Bandung.

Re: Tentang Busi

Post by eri » Fri Jul 01, 2011 11:10 pm

abah wrote:
eri wrote:
fasc wrote:sudah nyoba denso k20pu, mang lebih narek.. nambah 1 dz( daya zebra) kale
palagi karena metal uda kena, sama montir delco dimundurkan (mang bener sih suara kluthuk2-nya ilang) tapi kalo rpm rendah di gigi tinggi suka nyendal-nyendal, pake k20pu jadi nggak nyendal2 lagi

btw, bener gak ni montir?
Habis baca ni topik langsung aku beli busi punya zebra harga 10rb di tunas daihatsu. Kebetulan mesin agak nyendal juga sama punya om Fasc. Ganti 4 busi langsung jooosss.....bener ni....sendal ilang tarikan ok Thanks ni om2 infonya.....tinggal bensin ni yg masih agak boros masih 1:8 dalam kota. Luar kota 1:10 minta saran ni om2 senior...... :)

kaget liat avatarnya om eri, mirip sama avatarnya gc saya... hehehehe.... :D

iya om, saya udah setaun ini pake K20PU, rasanya masih maknyus... kalo bensin, cobain service karbu dulu... kalo perlu, turunin sebody karbu, trus ganti seal2 karetnya... saya dulu juga boros segituan, taunya karena ada seal yang bocor jadinya kalo gas diinjek bensinnya muncrat keluar karbu.... [-(
He..he...iya om abah..mirip bener..tapi kalo punyaku masih standaar...om. Kalau carbu dah pernah di service di Banceuy diturunin sebody tapi emang nggak ada yg ganti seal2 karetnya. seal2 karet belinya di mana om..?

User avatar
eri
GC Noob
GC Noob
Posts: 131
Joined: Mon Nov 22, 2010 1:24 pm
Location: Bandung.

Re: Tentang Busi

Post by eri » Fri Jul 01, 2011 11:22 pm

zulindra wrote:oya om.. sy bandingkan kalo pake busi zebra, ketika mobil pake AC trus berhenti bentar (matiin mesin), starternya agak lama ngangkatnya. beda dengan busi standarnya.. starter normal-normal aja.. perbandingan lain, pake busi zebra suara mesin gak sehalus busi standar..
Om Zulindra, kalau pengalaman di mobilku kok lain ya? setelah ganti busi zebra malah staternya mudah mesin juga jadi lebih halus. Stater pagi hanya di chock langsung nyala tanpa kocok pedal gas , Kalau siang/habis dipakai stater langsung jreng. Pernah pake di kocok pedal gas malah banjir/susah stater. Yang jelas beda saya rasakan ya di tarikan jadi lancar tanpa nyendal terutama saat gigi atas rpm rendah. Ada yg bisa jelasin om...??

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: Tentang Busi

Post by meneer » Sat Jul 02, 2011 8:59 am

saya pake busi zebra dah sekian taon lancar aja tuh..malah lebih irit...kan gakda R-nyah...

kalo sekarang lagi eksperimen pake busi innova bekas...dratnya lebih panjang kurleb 1cm lah.selama head masih standard blom di slip,seher gakkan tabrakan ama busi...asumsi saya,busi akan semakin dekat dengan pusat pembakaran,sehingga api akan lebih tepat membakar campuran BBM & udara di ruang bakar...kemaren cek busi hasilnya lebih kering..warna coklat/merah bata sempurna...
ntar deh kalo pas buka busi coba difotoin...




*sempat ngeri juga pas liat panjang busi ama pas mau pasang...takut busi ama seher silaturahim :D :mrgreen:
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

h3nk1
GC Lover
GC Lover
Posts: 366
Joined: Fri Nov 12, 2010 10:35 am
Location: padang-payakumbuh sumbar

Re: Tentang Busi

Post by h3nk1 » Mon Jul 04, 2011 7:10 pm

meneer wrote:saya pake busi zebra dah sekian taon lancar aja tuh..malah lebih irit...kan gakda R-nyah...

kalo sekarang lagi eksperimen pake busi innova bekas...dratnya lebih panjang kurleb 1cm lah.selama head masih standard blom di slip,seher gakkan tabrakan ama busi...asumsi saya,busi akan semakin dekat dengan pusat pembakaran,sehingga api akan lebih tepat membakar campuran BBM & udara di ruang bakar...kemaren cek busi hasilnya lebih kering..warna coklat/merah bata sempurna...
ntar deh kalo pas buka busi coba difotoin...




*sempat ngeri juga pas liat panjang busi ama pas mau pasang...takut busi ama seher silaturahim :D :mrgreen:
ditunggu hasil eksperimen nya om...plus ama minusnya kalo ada.. :-?

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Tentang Busi

Post by abah » Mon Jul 04, 2011 8:39 pm

eri wrote:
abah wrote:
eri wrote:
fasc wrote:sudah nyoba denso k20pu, mang lebih narek.. nambah 1 dz( daya zebra) kale
palagi karena metal uda kena, sama montir delco dimundurkan (mang bener sih suara kluthuk2-nya ilang) tapi kalo rpm rendah di gigi tinggi suka nyendal-nyendal, pake k20pu jadi nggak nyendal2 lagi

btw, bener gak ni montir?
Habis baca ni topik langsung aku beli busi punya zebra harga 10rb di tunas daihatsu. Kebetulan mesin agak nyendal juga sama punya om Fasc. Ganti 4 busi langsung jooosss.....bener ni....sendal ilang tarikan ok Thanks ni om2 infonya.....tinggal bensin ni yg masih agak boros masih 1:8 dalam kota. Luar kota 1:10 minta saran ni om2 senior...... :)

kaget liat avatarnya om eri, mirip sama avatarnya gc saya... hehehehe.... :D

iya om, saya udah setaun ini pake K20PU, rasanya masih maknyus... kalo bensin, cobain service karbu dulu... kalo perlu, turunin sebody karbu, trus ganti seal2 karetnya... saya dulu juga boros segituan, taunya karena ada seal yang bocor jadinya kalo gas diinjek bensinnya muncrat keluar karbu.... [-(
He..he...iya om abah..mirip bener..tapi kalo punyaku masih standaar...om. Kalau carbu dah pernah di service di Banceuy diturunin sebody tapi emang nggak ada yg ganti seal2 karetnya. seal2 karet belinya di mana om..?
saya ganti pake carb kitnya prestige... beli di asia jaya, kalo ga salah harganya 125rb.. tapi dari semuanya itu, ga semua dipake.. karena ada seal yang ga ada di gc.. jadi diakalinnya pake lem besi deh... hehehe...

Post Reply