Share CDI mati

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
LuputGC
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 520
Joined: Thu May 10, 2012 12:24 pm

Re: Share CDI mati

Post by LuputGC » Wed Dec 26, 2012 7:02 pm

ikuttan,,

pada hari minggu kuturut ayah kekota,, (ngacoo itu)

hari minggu kmaren, siput ku pingsan, sesaat setelah isi bensin, tepatnya di spbu deretan citos arah cilandak kko.

kirain pompa bensin yang rusak, ga kpikir klo delco segelundung yg ngambek.

setelah konsul dengan ahli dan senior per-GC-an, trnyata diperkirakan delco ngambek..

coba didinginin pake lap basah, dan bisa nyala lg dengan jangka waktu 30menit observasi tanpa jalan, hanya mesin yg nyala

sambil observasi, tlp om ipunk RN Jaya, order delco segelundung, dianter dari bintaro+garansi pula....

ok, izin ke senior, coba brkt pulang ditengah ujan,,setelah jalan 5-6 km, siput pingsan lg, langsung blep ajah tuh mesin,,dengan jarak krumah kurleb 5km,diputuskan utk ditarik sama angkot.....

sampailah drumah, jemput kapten eko (anak buahnya jenderal ipunk), bongkar-pasang memakan waktu 30menit,,

langsung nyala lg, dengan observasi 1 jam nyala, dan saat tulisan ini dibuat, saya di luar kota sama siput tanpa kendala,,

panjang? yupp, supaya lengkap,,

summ :
1. total waktu mati, 75 menit
2. total observasi 30+60 menit
3. total mogok 2x
4. harga delco copottan 750rb garansi
5. ongkir anter+pasang = xxxrb
6. biaya tarik angkot = 100rb

siput thanx to = grup wa gc beloved
..Sedan Kok Tinggi..

WAJIB MAMPIR >> viewtopic.php?f=11&t=6374&hilit=FUSO <<

GC Fuso Team

"GC KW"

tuetta
GC Noob
GC Noob
Posts: 18
Joined: Fri Jul 19, 2013 11:27 pm

Re: Share CDI mati

Post by tuetta » Sun Nov 10, 2013 11:39 pm

om klo busi cepet koit itu tanda cdi / koil yg mw tewas ea om
mohon pencerahannya cos saya lg bingung civic nouva saya boros bgt sm busi..
maunya busi dirapetin mulu...tp malah jd nembak2 tuh knalpotnya

ludi0612
GC Noob
GC Noob
Posts: 74
Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
Location: serpong - tangerang
Contact:

Re: Share CDI mati

Post by ludi0612 » Thu Apr 10, 2014 6:05 am

om, om.semua...mau tanya,
1. untuk test CDI mati..posisi CDI dilepas dari delco piye ya? padahal kalo di test pake tespen...kabel out put cdi + - kita panjangkan yang katanya keluar volt 12v itu...masih bisa menghidupkan lampu di tespen ?

2. pengalaman saya dengan kondisi mekanik delco yang.normal ( pengamatan mata after dibongkar) kemudian CDI yang masih bagus dan koil yang normal, tapi penggantian rotor ( bagian paling atas saat bongkar delco after buka tutup delco) menyebabkan mesin di idle hidup tapi kalo rpm tinggi mesin langsung mati...ko bisa gitu ya? artinya apakah rotor tersebut bisa abnormal pada rpm tinggi ya?

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share CDI mati

Post by Pa'de Gung » Thu Apr 10, 2014 8:42 am

tuetta wrote:om klo busi cepet koit itu tanda cdi / koil yg mw tewas ea om
mohon pencerahannya cos saya lg bingung civic nouva saya boros bgt sm busi..
maunya busi dirapetin mulu...tp malah jd nembak2 tuh knalpotnya
Bisa jadi om, kalo cdi ato coil ga bekerja sempurna, pengapian jadi kecil. Ini menyebabkan pembakaran tak sempurna. Kondisi ini yg menyebabkan busi berumur pendek.
Tapi sebenarnya banyak faktor yg ikut jadi penyebab. Kelistrikan yg buruk pada delko bisa menyebabkan cdi dan coil tak bekerja maksimal.
Salah memilih tipe busi juga bisa jadi penyebab.
Bahkan seting karbu yg buruk bisa ikut memperburuk kondisi ini.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share CDI mati

Post by Pa'de Gung » Thu Apr 10, 2014 9:01 am

ludi0612 wrote:om, om.semua...mau tanya,
1. untuk test CDI mati..posisi CDI dilepas dari delco piye ya? padahal kalo di test pake tespen...kabel out put cdi + - kita panjangkan yang katanya keluar volt 12v itu...masih bisa menghidupkan lampu di tespen ?

2. pengalaman saya dengan kondisi mekanik delco yang.normal ( pengamatan mata after dibongkar) kemudian CDI yang masih bagus dan koil yang normal, tapi penggantian rotor ( bagian paling atas saat bongkar delco after buka tutup delco) menyebabkan mesin di idle hidup tapi kalo rpm tinggi mesin langsung mati...ko bisa gitu ya? artinya apakah rotor tersebut bisa abnormal pada rpm tinggi ya?
1. Ga bisa om, test nya ga sesederhana itu. Harus bongkar cdi nya, dan test satu/satu komponen didalamnya... :D
Paling gampang dalam kondisi terpasang, lepas delko lalu test dengan memutar rotornya pake tagan.

2. Kasus rotor efeknya mirip dg kabel busi bocor. Efeknya relatif... Bisa di rpm rendah ato hanya saat rpm tinggi.

ludi0612
GC Noob
GC Noob
Posts: 74
Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
Location: serpong - tangerang
Contact:

Re: Share CDI mati

Post by ludi0612 » Thu Apr 10, 2014 7:07 pm

Pa'de..tenyata kalo test cdi pas delco terpasang, diputar rotor pake tangan..lalu apa yang terjadi pade? ngeri kestroom...soalny td pagi ke stroom koil accel..ajib deh rasanya...xixixi

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share CDI mati

Post by Pa'de Gung » Thu Apr 10, 2014 9:06 pm

Щќªќªќªќª .....

Ya keluar api dari koil om.. Aman kok, asal ga dipegang koilnya. :D

Post Reply