Tanya AC GC

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: Tanya AC GC

Post by arozi » Thu Aug 05, 2010 11:30 am

wajar om harga segitu, eh itu beli dan pasang di dealer resmi kan?
semacam Frigia?
evaporator sih bersihkan aja, tapi kalo filter dryer (tabung) itu sekalian ganti sekarang aja.
RPM pas AC nyala dan mesin dah panas saya sih distel di 800an.
B J O

User avatar
inca
GC Lover
GC Lover
Posts: 363
Joined: Sat Feb 21, 2009 7:18 am
Location: klaten-yogyakarta

Re: Tanya AC GC

Post by inca » Fri Aug 06, 2010 2:13 pm

Masang di bengkel khusus AC om, bukan delear resmi Honda. (takut lebih mahal)biasany sih gitu.. B-)
Frigia apa sich om?!hee.. :D :D
yups, itu sudah sekalian ganti filter. :razz:

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Tanya AC GC

Post by onta » Sun Aug 08, 2010 3:05 pm

Mau sharing aja. Kapan hari ac mobil mendadak mati.
Cek sekring dalem ga ada yg putus, ternyata putus di rumah sekring depan.
Setelah diganti, eh kok putus lagi. Wah ada problem nih, kalau ga kopling magnet ya kipas condensornya.
Lanjut, kipas dibongkar di rumah, dicek brush carbon masih tebel,
berarti kipas ok. Terbayang sdh bakal service ac besar nih.
Selesai pasang, mesin dinyalain + ac,
eh ndilalah keluar asep putih dari kompresor, haiyah bener dugaan awal
spul magnetnya gosong nih.

Sambil nunggu hari minggu, mobil jalan dulu tanpa ac.
Masalah baru muncul, pooley ac macet. Mesin susah start, harus didorong.

Akhirnya masuk bengkel, habis 1jt
ganti spool magnet, ganti dryer denso, las evap bocor.

Kesimpulan, dulu ac sempet dikuras tanpa bongkar, terus isi freon lagi.
Ternyata olie yg dimasukin kebanyakan, bikin buntu, kerja kompresor jadi berat.

[Post made via Mobile Device] Image

vlash
GC Noob
GC Noob
Posts: 7
Joined: Sun Apr 25, 2010 1:51 pm

Re: Tanya AC GC

Post by vlash » Tue Sep 07, 2010 10:27 pm

inca wrote:Kejadian kemarin nih.
Problem : Ac mobil ga dingin, suara dari kap mesin kasar saat AC dihidupkan.
Lanjut dibawa ke bengkel AC. Setelah dicek2, kata si empunya bengkel kompresi kompresor sudah kurang. Juragannya ngasih solusi ganti bearing + piston. Biayanya sekitar 1 jutaan. Klo ganti kompresor eks singapuran 1,7jt atau kompresor baru merk Sanden 2,2 juta sekalian pasang dengan garansi 6 bulan.

Setelah saya pikir2, sy pilih mengganti dengan kompresor merk Sanden. Kompresor yang lama dijual laku 200rb doank sama yg empunya bengkel.(agak miris) :(( . Filter n evaporator masih pake yang asli bawaan gc.
Menurut GCers harga segitu kemahalan ga?!
Penggantian filter biasanya dilakukan kapan?!
Batas minimum n maksimum RPM pas AC dinyalain berapa yah?

Mohon masukan dari rekan2 sekalian.Trims :D
Bos, boleh tahu kemaren bos benerin ac-nya di bengkel mana?
soalnya ane jg lg masalah ama kompresor AC mati nih, rencananya jg mo nyari yang bisa betulin ato ganti kompresornya, tapi k tukang ac pada bilang suruh ganti kompresor semua tapi pada kaga bisa dapet kompresor Sanden baru yang model buat GC

[Post made via Mobile Device] Image

vlash
GC Noob
GC Noob
Posts: 7
Joined: Sun Apr 25, 2010 1:51 pm

Re: Tanya AC GC

Post by vlash » Mon Sep 13, 2010 10:28 pm

Allow, mo tanya, ada yg bisa rekomend jenis/tipe kompressor AC Sanden/Denso baru u/ replace kompressor ane yg dah rusak lagi..?
rencananya mao ganti kompressor baru aja, krn kalo beli second ex. Sing lg kayaknya umurnya ga bakal lama juga (beli kucing dalem karung).
karena kl ganti kompressor2 baru dudukan harus dipakein bracket, jd ada yg bisa rekomend buat yg dah pernah ganti kompresor pake tipe apa?
kalo bisa kompressornya yang ga terlalu bebanin mesin (spy mesin bs tetep enteng kyk ga pake ac heheh) & yg pasti dingin jg ac-nya
thx b4

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply