masang head Vtec

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: masang head Vtec

Post by adi_vostro » Thu Feb 07, 2013 1:10 am

Owh iya,,kelupaan mengenai comment avanza dengan karburator disamakan dengan cam racing dipasang di injeksi...itu 2 hal yang berbeda konteks,,jadi ya jangan dijadikan bahan pembanding..ntar jadinya malah OOT donk.. :p

Diskusi kita disini kan memasang head VTEC di mobil kesayangan kita dengan basic karburator..
Jadi saya memberikan contoh buat pembanding yang on Topic...VTEC,VVti dasarnya sama kan?kalo pengen mempelajari VVti bisa di googling,,kalo dibahas disini malah jadi OOT,soalnya VVti tu punya Atoyot.. :p

Jadi,,memasang head VTEC di mesin karburator,,,sama seperti Toyota Avanza VVTi di kasih karburator kan?
Atau kalo kalo mau yang sama brand nya Honda,,,seperti memasang karburator di Mesin Ferio,city type Z?
Apakah City type Z,ferio kinerja mesinnya bakalan maksimal kalo memakai karbu?
Saya pikir ferio,city typeZ kinerja mesinnya lebih maksimal kalo memakai injeksi daripada memakai karburator... :D itulah yang saya sebut dengan pengertian Maksimal...hahahahaahahahaha
#moga2 Om PapaEmy mudeng deh...sampe capek jelasinnya... :D
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: masang head Vtec

Post by adi_vostro » Thu Feb 07, 2013 1:40 am

Sepertinya saya baru paham dengan pikirannya Om PapaEmy..makanya kok bisa membandingkan dengan cam racing...
Maksudnya,ketika VTEC On,,trus rocker arm berpindah ke jendolan cam yang lebih tinggi liftnya ya Om?jadi seakan akan sama dengan cam racing yang liftnya tinggi? (Ada gambar sebagai referensi)

Teknologi VTEC tidak hanya sesederhana waktu VTEC on,trus berpindah ke jendolan camshaft yang lebih tinggi liftnya Om..tapi juga menyangkut perubahan ratio campuran bahan bakar,perubahan kurva pengapian,perubahan posisi throtle,perubahan pasokan bahan bakar waktu VTEC On...nah,,perubahan2 flexible seperti itu hanya bisa terjadi di injection,ECU lah yang mengatur perubahan itu,dibantu dengan sensor2 yang menganalisisnya..
Di basic mesin konvensional karburator,,vaccum itu ibarat sensor2 di injeksi..tetapi bagaimanapun,vaccum tidak bisa se reaktif perubahaannya seperti sensor2 di mesin injeksi..
Soalnya vaccum itu mekanis,,bukan programable seperti ECU...

Just my oppinion lagi loh ini... :p
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Thu Feb 07, 2013 7:28 am

PapaEmy wrote:
adetea1977 wrote:om2 ikut nimbrung dong.... ada beberapa pertanyaan nih om gambaran mesin saya mesin d16 (punya genio), head vtech p2j, header 4-1,

2. mesin ngelitik terus kalo lagi jalan, kalo posisi diem angga ada kerasa nglitik, posisi timing belt dah ok, kenapa?
coba bantu jawab:

2. genio injeksi kan? coba tanya ama yg bilang pake injeksi maximal aja mas koq bisa ngelitik.. aku ngga ngerti :mrgreen:
kurang pas jawabannya mas papa karena mobil ade ini nouva karbu yang pake mesin genio maksudnya

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Thu Feb 07, 2013 7:35 am

wah diskusinya panjang nih..

INGAT... diskusi boleh memanas namun HATI tetep adem yaaa

biar kita2 yang memantau diskusinya jadi dapet info yang bagus dari segala sisi

toh ujung2nya kembali ke kita masing2 dan tentunya dengan kesiapan dana... modif mesin mana yang kita pilih

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: masang head Vtec

Post by adi_vostro » Thu Feb 07, 2013 9:30 am

adeindra wrote:wah diskusinya panjang nih..

INGAT... diskusi boleh memanas namun HATI tetep adem yaaa

biar kita2 yang memantau diskusinya jadi dapet info yang bagus dari segala sisi

toh ujung2nya kembali ke kita masing2 dan tentunya dengan kesiapan dana... modif mesin mana yang kita pilih
Setujuuu...ini adalah forum temans,,tempat untuk berbagi info,,berbagi pengalaman..sharing dengan berkualitas,boleh berbeda pendapat tapi dengan alasan + jawaban yang sesuai dengan topic yang sedang dibahas..biar bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua...bukan mengajari yah,,tapi bersama-sama belajar... :D
Jangan pernah menjadikan adu pendapat seperti di lomba debat,,seolah olah bertujuan untuk memenangkan diskusi..kita disini berdiskusi untuk share satu dengan yang lain,,jadi tidak ada yang menjadi "paling" (paling benar,paling salah,paling pintar,dll)...kita belajar bersama,bukan berlomba...
Kalo mau berlomba,,ya mending di lintasan 201 meter aja,,bisa ketauan kan waktunya di timer...yuk aahhhh :p

Mari kita jaga supaya forum menjadi lebih baik,,lebih berguna dan bermanfaat.. :D
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

adetea1977
GC Noob
GC Noob
Posts: 50
Joined: Sat Jan 15, 2011 12:05 am

Re: masang head Vtec

Post by adetea1977 » Thu Feb 07, 2013 10:56 am

bahasanya ribet ya...... yang org awam ngerti kaya gimana ya......? ngga ada yang to the poit jawabannya yah.... he.....he....he....

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: masang head Vtec

Post by adi_vostro » Thu Feb 07, 2013 12:01 pm

adetea1977 wrote:bahasanya ribet ya...... yang org awam ngerti kaya gimana ya......? ngga ada yang to the poit jawabannya yah.... he.....he....he....
Iya Om..memang kalo ngomongin masalah engine memang ribet,,terlalu kompleks..kalo berkaitan dengan masalah teknis,,memang susah buat disederhanain Om..apalagi kalo merekayasa tidak sesuai standar pabrik,,tambah lebih rumit Om..
Kalo saya mah,mending percaya kepada mekanik aja...sampaikan keluhan,biar mekanik yang mengambil tindakan..karena mekanik sudah mempelajari ilmu tentang mesin,,sesuai dengan bidangnya,,jadi ya nggk bakal salah kaprah...
Itulah mengapa diskusi yang bersifat teknis seperti ini yang malah jadi ribet..soalnya kita rata2 bukan dari orang yang mempelajari ilmu teknik mesin..
*saya aja dari basic akuntansi sering pusing sendiri kalo pas bongkar mobil..padahal uda baca2 dari buku2 tentang engine,,masih aja ada banyak yg nggk bisa di mengerti..

Jadi sederhana nya,,karena silinfer head VTEC pasangan aslinya dari pabrik.bukan dengan karburator,,jadi banyak yang harus di rekayasa..contoh rekayasa nya sudah saya jelaskan dengan comment di atas...kalo memang susah untuk dimengerrti,,biar mekanik yang mengimplementasikan...
Biar mekanik yang merekayasa,,nge setting,,dan melakukan tindakan..karena mereka belajar dan memiliki pengalaman tentang mesin...dan,,yang paling penting,itu rejeki mereka..jadi ya jangan mengurangi rejeki mereka...wkwkwkwkwkwkwkwwkwkwk :p
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by krisnadew » Thu Feb 07, 2013 12:09 pm

yg pasti p08 skr mahal, hehehe,,

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Thu Feb 07, 2013 1:53 pm

yang pake falcon ac buat jadi pemicu vtec on nya tolong di share dong gemana tuh caranyaaaa

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: masang head Vtec

Post by PapaEmy » Thu Feb 07, 2013 10:27 pm

he3x.. jadi ketemu ngga maximalnya neh? :D

gini aja deh biar gampang pemahamannya mas, mksd mas ade bikin thread masang head Vtec adalah tentang mini-me swap, mksd mini-me swap adalah dgn jumlah modal yg relatif tidak mahal.. tp bisa mendapatkan keuntungan upgrade ke vtec disamping bagi yg sekalian mau ngerapiin daleman mesinnya, mini-me bukan bertujuan untuk mencari batasan maximal yg bisa diperoleh dgn head swap, karena maximalnya itu relatif, tetapi minimalnya itu ada perubahan yg cukup signifikan, terutama buat mesin seri D yg non-vtec terlepas asli mobilnya menggunakan carbu ato pun injeksi

kalo sudah berbicara detail spt yg mas adi vostro jelaskan di atas itu sudah diluar mksd dan tujuan mini-me swap, ide mini-me swap ini hanya memberikan inspirasi alternatif bagi yg memang ingin meng-upgrade mesin seri D non-vtec mobilnya menjadi vtec dgn modal hanya beli headnya saja diluar printilan2 laennya, bukan bertujuan utk mengexploitasi potensi mesinnya itu sendiri spt utk tujuan balap misalnya, maka yg dicari dari hasil mini-me swap ini.. minimal hasilnya spt apa dapetnya, baru kemudian org bisa menilai worthed ato tidak?

secara umum pun orang sudah tau modifikasi mini-me ini modifikasi ringan, kalo pun disebut upgrade yg diupgrade dari non-vtec menjadi vtec, bukan modifikasi besar2an utk mencari hasil maximalnya spt buat turun balap misalnya, makanya yg menjadi subjectnya adalah vtec, dengan vtec maka jadi mempunyai 2 profile dgn 1 cam, profile normal dan profile high performance, profile high performance tidak beda konsepnya dengan cam racing itu sendiri, hanya pada teknologi vtec, cam high performancenya hanya aktif di saat2 tertentu saja tidak permanent spt menggunakan cam racing, kedua2anya mempunyai konsep yg sama yaitu memberi/membuka pasokan campuran bensin dan udara lebih bnyk ke dalam cylinder sehingga kompresi pun meningkat menghasilkan daya lebih besar pada langkah usaha.. terlepas mobilnya menggunakan system carburator atau pun injection, dan itulah subject dari maksud dan tujuan mini-me swap, jadi dari fakta konsepnya memang vtec dan cam racing bukan 2 topic yg berbeda.. hanya penggunaannya yg berbeda..

skrg kalo misalnya yg dituntut dari hasil mini-me swap adalah hasil maximalnya itu spt apa, yaa maka tidak akan ada batasan maximalnya, tetapi minimalnya ada.., yaitu minimal ada perubahan yg cukup signifikan, itulah yg diinvest dgn modalnya, maka itu sy tanya mksdnya maximal itu sampe di mana, krn dgn injeksi pun tidak bisa didefinisikan batasan maximumnya begitu pun dgn karburator, batasan maximum tinggal yg punya mobil mau kluar uang berapa banyak utk modalnya hingga tercapai kepuasannya. sedang tujuan mini-me swap sudah jelas.. ini hasilnya, kalo suka yaa silakan upgrade mudah2an sharing ini bisa membantu sbg referensinya, mini-me bisa diimplementasikan dgn pake carbu bisa pake injektor, tidak ada suatu keharusan pake yg mana.. karena memang dua2nya bisa, tinggal mobilnya punyanya apa.. carbu ato injeksi?

kl carbu hrs dirubah menjadi injeksi, maka modal mini-me jd berapa totalnya? headnya aja berkisar 2-3jt, ECU P28 (utk P08) bekasnya aja 2.5jt an, belom injektornya, belom wiring harnessnya, belom delconya, belom printilan2 laen2 yg kalo dibuka hrs ganti spt seal2 ato paking2, apakah akan jadi relevan lg mini-me swap dari tujuannya? toh maximalnya pun ngga bisa didefinisikan dgn suatu tolak ukur yg pasti, karena kalo ada.. pasti sudah terjawab ada jawabannya, masalah sesuai standard pabrik ato tidak.. yaa ini topiknya modifikasi dgn dasar engineering ato bahasa indonesianya ilmu rekayasa, dari yg ngga ada jd ada, dari yg ada dikembangkan ato dimodif.., kalo mau standard aja.. yaa jangan diubah2.., tetapi memodifikasinya pun semua masih dalam batasan yg relevan, aman dan bisa dicapai..

kl yg memang asli mobilnya injeksi spt EG mungkin masih relevan, krn tinggal ganti ECUnya, dgn sedikit kreatifitas tinggal buka skema, sedikit modif wiringnya utk setup sesuai dengan ECUnya yg baru sesuai kebutuhan head vtecnya..

toh kalo mau membandingkan carbu dgn injeksi pun ngga jauh beda krn masing2 ada kelebihan dan kekurangan, krn hny system kerjanya yg beda, pada system carbu.. piston menyedot bensin dan udara yg sudah tercampur, pada injeksi.. piston hny menyedot udara lalu injektor menginjeksikan bensinnya, masalah rich ato lean, rich bagus tp boros, lean kurang bensinnya udara lebih banyak tp irit, baik carbu dan injeksi bisa diatur sesuai selera..

jadi silakan bagi yg berminat utk mini-me, kurang lebih itu gambarannya apa yg akan diperoleh, teknis pelaksanaanya juga sudah cukup jelas, yg mau pake injeksi.. siapkan kocek extra pengeluaran lg buat pernak-pernik kelengkapannya :)

Post Reply