he3x.. jadi ketemu ngga maximalnya neh?
gini aja deh biar gampang pemahamannya mas, mksd mas ade bikin thread masang head Vtec adalah tentang mini-me swap, mksd mini-me swap adalah dgn jumlah modal yg relatif tidak mahal.. tp bisa mendapatkan keuntungan upgrade ke vtec disamping bagi yg sekalian mau ngerapiin daleman mesinnya, mini-me bukan bertujuan untuk mencari batasan maximal yg bisa diperoleh dgn head swap, karena maximalnya itu relatif, tetapi minimalnya itu ada perubahan yg cukup signifikan, terutama buat mesin seri D yg non-vtec terlepas asli mobilnya menggunakan carbu ato pun injeksi
kalo sudah berbicara detail spt yg mas adi vostro jelaskan di atas itu sudah diluar mksd dan tujuan mini-me swap, ide mini-me swap ini hanya memberikan inspirasi alternatif bagi yg memang ingin meng-upgrade mesin seri D non-vtec mobilnya menjadi vtec dgn modal hanya beli headnya saja diluar printilan2 laennya, bukan bertujuan utk mengexploitasi potensi mesinnya itu sendiri spt utk tujuan balap misalnya, maka yg dicari dari hasil mini-me swap ini.. minimal hasilnya spt apa dapetnya, baru kemudian org bisa menilai worthed ato tidak?
secara umum pun orang sudah tau modifikasi mini-me ini modifikasi ringan, kalo pun disebut upgrade yg diupgrade dari non-vtec menjadi vtec, bukan modifikasi besar2an utk mencari hasil maximalnya spt buat turun balap misalnya, makanya yg menjadi subjectnya adalah vtec, dengan vtec maka jadi mempunyai 2 profile dgn 1 cam, profile normal dan profile high performance, profile high performance tidak beda konsepnya dengan cam racing itu sendiri, hanya pada teknologi vtec, cam high performancenya hanya aktif di saat2 tertentu saja tidak permanent spt menggunakan cam racing, kedua2anya mempunyai konsep yg sama yaitu memberi/membuka pasokan campuran bensin dan udara lebih bnyk ke dalam cylinder sehingga kompresi pun meningkat menghasilkan daya lebih besar pada langkah usaha.. terlepas mobilnya menggunakan system carburator atau pun injection, dan itulah subject dari maksud dan tujuan mini-me swap, jadi dari fakta konsepnya memang vtec dan cam racing bukan 2 topic yg berbeda.. hanya penggunaannya yg berbeda..
skrg kalo misalnya yg dituntut dari hasil mini-me swap adalah hasil maximalnya itu spt apa, yaa maka tidak akan ada batasan maximalnya, tetapi minimalnya ada.., yaitu minimal ada perubahan yg cukup signifikan, itulah yg diinvest dgn modalnya, maka itu sy tanya mksdnya maximal itu sampe di mana, krn dgn injeksi pun tidak bisa didefinisikan batasan maximumnya begitu pun dgn karburator, batasan maximum tinggal yg punya mobil mau kluar uang berapa banyak utk modalnya hingga tercapai kepuasannya. sedang tujuan mini-me swap sudah jelas.. ini hasilnya, kalo suka yaa silakan upgrade mudah2an sharing ini bisa membantu sbg referensinya, mini-me bisa diimplementasikan dgn pake carbu bisa pake injektor, tidak ada suatu keharusan pake yg mana.. karena memang dua2nya bisa, tinggal mobilnya punyanya apa.. carbu ato injeksi?
kl carbu hrs dirubah menjadi injeksi, maka modal mini-me jd berapa totalnya? headnya aja berkisar 2-3jt, ECU P28 (utk P08) bekasnya aja 2.5jt an, belom injektornya, belom wiring harnessnya, belom delconya, belom printilan2 laen2 yg kalo dibuka hrs ganti spt seal2 ato paking2, apakah akan jadi relevan lg mini-me swap dari tujuannya? toh maximalnya pun ngga bisa didefinisikan dgn suatu tolak ukur yg pasti, karena kalo ada.. pasti sudah terjawab ada jawabannya, masalah sesuai standard pabrik ato tidak.. yaa ini topiknya modifikasi dgn dasar engineering ato bahasa indonesianya ilmu rekayasa, dari yg ngga ada jd ada, dari yg ada dikembangkan ato dimodif.., kalo mau standard aja.. yaa jangan diubah2.., tetapi memodifikasinya pun semua masih dalam batasan yg relevan, aman dan bisa dicapai..
kl yg memang asli mobilnya injeksi spt EG mungkin masih relevan, krn tinggal ganti ECUnya, dgn sedikit kreatifitas tinggal buka skema, sedikit modif wiringnya utk setup sesuai dengan ECUnya yg baru sesuai kebutuhan head vtecnya..
toh kalo mau membandingkan carbu dgn injeksi pun ngga jauh beda krn masing2 ada kelebihan dan kekurangan, krn hny system kerjanya yg beda, pada system carbu.. piston menyedot bensin dan udara yg sudah tercampur, pada injeksi.. piston hny menyedot udara lalu injektor menginjeksikan bensinnya, masalah rich ato lean, rich bagus tp boros, lean kurang bensinnya udara lebih banyak tp irit, baik carbu dan injeksi bisa diatur sesuai selera..
jadi silakan bagi yg berminat utk mini-me, kurang lebih itu gambarannya apa yg akan diperoleh, teknis pelaksanaanya juga sudah cukup jelas, yg mau pake injeksi.. siapkan kocek extra pengeluaran lg buat pernak-pernik kelengkapannya
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)