Jalur air di intake manipol
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Jalur air di intake manipol
Jalur air di intake manipol itu gunanya apa ya?
apakah:
1. Mendinginkan intake manipol supaya gak overheat? sebab paling tidak air radiator bersuhu maks 80-90 derajat. (tapi kalo mendinginkan, kok jalurnya cuma pendek gitu ya?)
2. Memanaskan intake manipol supaya pencampuran udara+BBM bagus.
3. Yang nomor 1 salah
4. Yang nomor 2 salah
5. Dua-duanya salah
6. Gak ngerti nomor 1
7. Gak ngerti nomor 2
8. Pusing aaaah...
Enjoy aja..
Tambahin ah,
Kalo jalur air itu dimatiin efeknya apa yah?
Soalnya mau nyobain mendinginkan manipol nih, teori sih bilang kalo udara yang masuk dingin tenaga bisa naik.
Jalur air dimatiin en pake spacer-packing yang 5mm, jadi dingin gak yah?
apakah:
1. Mendinginkan intake manipol supaya gak overheat? sebab paling tidak air radiator bersuhu maks 80-90 derajat. (tapi kalo mendinginkan, kok jalurnya cuma pendek gitu ya?)
2. Memanaskan intake manipol supaya pencampuran udara+BBM bagus.
3. Yang nomor 1 salah
4. Yang nomor 2 salah
5. Dua-duanya salah
6. Gak ngerti nomor 1
7. Gak ngerti nomor 2
8. Pusing aaaah...
Enjoy aja..
Tambahin ah,
Kalo jalur air itu dimatiin efeknya apa yah?
Soalnya mau nyobain mendinginkan manipol nih, teori sih bilang kalo udara yang masuk dingin tenaga bisa naik.
Jalur air dimatiin en pake spacer-packing yang 5mm, jadi dingin gak yah?
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Jalur air di intake manipol
oh, pernah denger tu om, pake spacer dah cukup buat ngedinginin kok, tapi bahannya lupa pake apaan..
oldskool japanese warrior
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: Jalur air di intake manipol
Emang Om, logikana dingin bagus buat pembakaran, tapi napa intake tu dikasih air panas ya
Mungkin itu buat GC yang idup di daerah kutub kali, biar gak beku.....
Trus kalo tambah spacer intake jadi lebih panjang dong Om, katanya makin deket ke ruang bakar makin bagus..
kaya intake di motor2 tuh kan suka diganti yg pendek......
![Hmm... :-?](./images/smilies/39.gif)
Mungkin itu buat GC yang idup di daerah kutub kali, biar gak beku.....
Trus kalo tambah spacer intake jadi lebih panjang dong Om, katanya makin deket ke ruang bakar makin bagus..
![Hmm... :-?](./images/smilies/39.gif)
kaya intake di motor2 tuh kan suka diganti yg pendek......
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Jalur air di intake manipol
Bagusnya mah pake bahan karet keras kayak di dasarnya karburator tuh, tapi nyarinya susah, Kalo Mbah saitama bilang dia pake Triplek....
Saya nemu bahan insulator di glodok, kayak triplek juga, tapi khusus insulator...
Ada bahan yang bagus, namanya Phenolics yah kayak karet keras gitu...
Nah ntu dia, kok di manipol ada air panas ya?
Gak terlalu jauh kok om dicky, cuma maks 5mm ajah
Saya nemu bahan insulator di glodok, kayak triplek juga, tapi khusus insulator...
Ada bahan yang bagus, namanya Phenolics yah kayak karet keras gitu...
Nah ntu dia, kok di manipol ada air panas ya?
Gak terlalu jauh kok om dicky, cuma maks 5mm ajah
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Jalur air di intake manipol
AFAIK..itu jalur pendinginan di intake fungsina untuk mendinginkan manipol kalo cuaca terlalu panas,biar campuran BBM+udara tetep di suhu ideal pembakaran..sekaligus menbantu pemilik GC yg tinggal di daerah dingin (untuk dualcarb ada fasilitas mengambil panas dari header)
kalo masalah spacer di karbu bisa juga untuk membantu mengiritkan konsumsi BBM loh om..disamping itu juga untuk menjaga agar karbu ga cepet rusak kena panas mesin![Very Happy :-D](./images/smilies/icon_e_biggrin.gif)
kalo masalah spacer di karbu bisa juga untuk membantu mengiritkan konsumsi BBM loh om..disamping itu juga untuk menjaga agar karbu ga cepet rusak kena panas mesin
![Very Happy :-D](./images/smilies/icon_e_biggrin.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Jalur air di intake manipol
Jadi most likely kalo jalur air itu di matiken pengaruhnya apa ya?
Apa suhu udara yang panas indonesia saat macet merayap bisa dikategoriin overheat buat manipol?
Apa suhu udara yang panas indonesia saat macet merayap bisa dikategoriin overheat buat manipol?
Grandcivic Kaca Gelap
Re: Jalur air di intake manipol
dual carb gw dimatiin tuh jalur airna..so far gakda masalahpauluspaska wrote:Jadi most likely kalo jalur air itu di matiken pengaruhnya apa ya?
Apa suhu udara yang panas indonesia saat macet merayap bisa dikategoriin overheat buat manipol?
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: Jalur air di intake manipol
Matiin jalur air nya bagaimana om? kan salurannya ada 2, satu ke hose satu lagi masuk ke head....
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: Jalur air di intake manipol
Kalo yang dari Thermovalve house itu bisa disumpel selangnya, kalo yang di head, copot dulu manipul, dibagian packing bagian lobang airnya ditutup pake bahan tahan air dan panas yang tipis aja.
Air yang di head masih bisa sirkulasi lewat jalur lain kok.
PS: belom dicobain nih om.......kabooor!![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
Air yang di head masih bisa sirkulasi lewat jalur lain kok.
PS: belom dicobain nih om.......kabooor!
![Mr. Green :mrgreen:](./images/smilies/icon_mrgreen.gif)
Grandcivic Kaca Gelap
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: Jalur air di intake manipol
jebol gak kena tekanan?