Page 1 of 2

Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 9:35 am
by pauluspaska
Jalur air di intake manipol itu gunanya apa ya?

apakah:
1. Mendinginkan intake manipol supaya gak overheat? sebab paling tidak air radiator bersuhu maks 80-90 derajat. (tapi kalo mendinginkan, kok jalurnya cuma pendek gitu ya?)

2. Memanaskan intake manipol supaya pencampuran udara+BBM bagus.

3. Yang nomor 1 salah
4. Yang nomor 2 salah
5. Dua-duanya salah
6. Gak ngerti nomor 1
7. Gak ngerti nomor 2
8. Pusing aaaah...

Enjoy aja..

Tambahin ah,
Kalo jalur air itu dimatiin efeknya apa yah?
Soalnya mau nyobain mendinginkan manipol nih, teori sih bilang kalo udara yang masuk dingin tenaga bisa naik.
Jalur air dimatiin en pake spacer-packing yang 5mm, jadi dingin gak yah?

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 10:19 am
by *jarno*
oh, pernah denger tu om, pake spacer dah cukup buat ngedinginin kok, tapi bahannya lupa pake apaan..

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 10:24 am
by Kurniawan dicky
Emang Om, logikana dingin bagus buat pembakaran, tapi napa intake tu dikasih air panas ya :-?
Mungkin itu buat GC yang idup di daerah kutub kali, biar gak beku.....
Trus kalo tambah spacer intake jadi lebih panjang dong Om, katanya makin deket ke ruang bakar makin bagus.. :-?
kaya intake di motor2 tuh kan suka diganti yg pendek......

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 10:34 am
by pauluspaska
Bagusnya mah pake bahan karet keras kayak di dasarnya karburator tuh, tapi nyarinya susah, Kalo Mbah saitama bilang dia pake Triplek....
Saya nemu bahan insulator di glodok, kayak triplek juga, tapi khusus insulator...

Ada bahan yang bagus, namanya Phenolics yah kayak karet keras gitu...

Nah ntu dia, kok di manipol ada air panas ya?

Gak terlalu jauh kok om dicky, cuma maks 5mm ajah

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 11:48 am
by meneer
AFAIK..itu jalur pendinginan di intake fungsina untuk mendinginkan manipol kalo cuaca terlalu panas,biar campuran BBM+udara tetep di suhu ideal pembakaran..sekaligus menbantu pemilik GC yg tinggal di daerah dingin (untuk dualcarb ada fasilitas mengambil panas dari header)

kalo masalah spacer di karbu bisa juga untuk membantu mengiritkan konsumsi BBM loh om..disamping itu juga untuk menjaga agar karbu ga cepet rusak kena panas mesin :-D

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 12:01 pm
by pauluspaska
Jadi most likely kalo jalur air itu di matiken pengaruhnya apa ya?

Apa suhu udara yang panas indonesia saat macet merayap bisa dikategoriin overheat buat manipol?

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Thu Jun 11, 2009 12:48 pm
by meneer
pauluspaska wrote:Jadi most likely kalo jalur air itu di matiken pengaruhnya apa ya?

Apa suhu udara yang panas indonesia saat macet merayap bisa dikategoriin overheat buat manipol?
dual carb gw dimatiin tuh jalur airna..so far gakda masalah :D

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Wed Jul 01, 2009 3:56 pm
by Kurniawan dicky
Matiin jalur air nya bagaimana om? kan salurannya ada 2, satu ke hose satu lagi masuk ke head....

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Wed Jul 01, 2009 4:17 pm
by pauluspaska
Kalo yang dari Thermovalve house itu bisa disumpel selangnya, kalo yang di head, copot dulu manipul, dibagian packing bagian lobang airnya ditutup pake bahan tahan air dan panas yang tipis aja.

Air yang di head masih bisa sirkulasi lewat jalur lain kok.

PS: belom dicobain nih om.......kabooor! :mrgreen:

Re: Jalur air di intake manipol

Posted: Wed Jul 01, 2009 4:28 pm
by Kurniawan dicky
jebol gak kena tekanan?