Page 1 of 3

Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:02 pm
by pauluspaska
Sesuai dengan Judul di atas dan sehubungan dengan tema tabloid otomotif 22 juni soal oli mesin,

Ada kamus oli mesin:

1. SL untuk semua mesin yang muncul setelah 1 juli 2001
2. SJ untuk mobil tahun 2001 dan mesin-mesin lebih tua
3. SH untuk mesin 1996 dan lebih tua
4. SG untuk mesin 1993 dan lebih tua
5. SF Untuk mesin 1988 dan lebih tua
6. SE untuk mesin 1979 dan lebih tua

dan selanjutnya untuk mobil-mobil yang lebih tua lagi...

Nah, selama ini saya pakai oli yang APInya SL dan SAEnya 10 - 40....
Padahal mesin GC belum pake adjuster jadi kudu pake yang agak kental.

Kalo dari kamus itu kita mesti pake oli yang mana sih?
yang SG atau boleh yang SJ? kalo yang SL khusus untuk mobil yang muncul setelah 2001.

Mesran SAE 20-50W API SG pas banget tuh :p ....mureh...

Pengalaman pake 10-40W SL, mesin lebih berisik. Soalnya olinya encer, jadi celah-celah mesin berisi oli encer, benturan lebih kuat...

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:22 pm
by ariphrp
Iya Oom.. sama tuh, setelah baca artikel itu kepikiran juga apa selama ini pake olienya udah bener ato belum ya? :roll:

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:35 pm
by Kurniawan dicky
Kalo liat tahun kelahiran GC ya SG dah cukup....
Ane juga masih bingung om...itu maksudnya untuk mobil lebih tua apanya ya om? tua masa pakainya apa tua teknologinya?
kayanya sama aja mesin 88 ama 93

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:40 pm
by pauluspaska
Iya om, korban iklan nih, katanya ada pelapisan dalam ruang bakar, bla..bla..bla kalo pake oli yang bermagnet itu...padahal APInya sama-sama SL dengan yang buatan malaysia, hargana mahal juga tuh...

Saya bukan masalahin soal gak kuat beli olinya, tapi apakah oli yang kita pake itu udah tepat sesuai dengan teknologi mesinnya.hehehehe...
Kita pake barang tua, tapi hidup dalam teknologi tinggi... :p berharap mesin kita irit, bertenaga, long lasting kalo pake oli yang mahal :d
Yang Mesran saya baca spesifikasinya "tidak perlu tambahan bahan lain"...jadi gak perlu aditif lagi yang artinya teknologi Mesran sudah baik.

Gimana tuh?

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:47 pm
by pauluspaska
Om KD, kalo pengertian saya "lebih tua" ya mesin yang lahir lebih awal....

Kalo memperhatikan soal oli ini agak-agak sumir...
Kalo di balap, ada oli balap, gak bisa dipake harian, mesin habis balap langsung turun mesin...
Kalo pake oli yang berteknologi tinggi yang pastinya dirancang untuk mesin berteknologi tinggi juga, apakah tepat dipake di mesin GC? yang teknologinya masih karbuuuuuuu....beeeuuh!! LOL

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 5:53 pm
by ariphrp
Iya Oom.. masih percaya & setia nih saya juga pake prima XP untuk mubil yang seumuran GC gini.. :D

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 6:06 pm
by pauluspaska
Thread olie pernah dibahas tapi teuteup sumir! gak jelas, khususnya membahas API...
Kalo mesin sudah worn out(aus) berarti celah-celah antar metal semakin lebar, pakai oli encer bisa brisik.

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 6:15 pm
by iphoer
oli gc standar pabrik 20-50. Mereka sudah mempertimbangkan oli dengan kekentalan tertentu buat mesin. Kalo dipakein 10-40 tentunya lebih encer donk, suara mesin jadi lebih berisik. Efeknya memang lebih enteng kerja mesin tapi kurang pas buat ukuran mesin GC.

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 6:31 pm
by abah
kalo menurut saya sih,, yang penting kekentalannya sesuai dengan manual booknya.. kalo ga salah, 20-50W deh... masalah SL, SG, ato apapun itu,kayanya ga masalah.. kalo untuk microsoft office, office 2007 bisa membuka file office 2003 danlebih tua dari itu.. analoginya sama kali ya buat oli... mesin berteknologi tinggi aja bisa, apalagi yang beteknologi tuwir kaya gc... soalnya yang penting kan kentalnya itu... mu canggih kaya gimana, kalo encer tetep aja tidak mengurangi gesekan antar part.. tapi itu mah pandangan saya aja yah... CMIIW

Re: Oli Mesin

Posted: Tue Jun 30, 2009 6:53 pm
by *jarno*
kalo spek dalam arti umur mesin, oli dengan spek lebih tinggi is okay..(SH, SJ, SL)

kalo spek dalam arti kekentalan, slama mesin itu sehat, naik spek ke yang lebih encer juga ga apa2. tapi lebih bijak kalo naiknya 1 step aja.
contoh: rekomendasi pabrik 20-50, kita naik ke 15-50 aja, bukan 10-40..

tapi karena saya udah ngerasain enaknya 10-40, ga mau balik ke 15-50 apalagi 20-50, hahaha..