mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
minta bantuan analisa para penunggang grandcivic dong , apa kira2 yang terjadi, ada pengaruh makhluk gaib kah
kejadian uda sbulanan yang lalu, di tanjakan plelen, alas roban, kemiringan sekitar 30-35 drajat, dalam perjalanan sleman-tegal
habis nyalib bis karena kagok didepan tokijang agak ragu-ragu, jadi miss gear dari gigi 1 mo ke 2 malah jadi 4, matilah mesin. untung jarak sama bis yang hbis disalib uda 3 body, jadi dengan sisa laju masih sempet minggirin. terjadilah yang terjadi, mobil yang gak bisa distart lagi, nenangkan diri sbentar, start lagi gak bisa. trus kluar buka kap mesin, tidak ada bau2 mencurigakan, tapi posisi kipas nyala (kunci kontak on)
coba start lagi ga bisa, pasrah ga tau musti ngapain, gelap lagi tengah alas, mulut komat-kamit, skitar 10 menit kemudian, distart lagi, brumm... syukur deh, sampe tegal (100 kiloan lagi) ga ada masalah, cuma ga brani kenceng2. sampe gak ada masalah
kondisi kurang lebih
- pas kejadian jam 7an malem baru jalan skitar 5 kiloan, habis istirahat sejam, setelah jalan skitar 150 km-an
- aki (hybrid) bagus, baru 3 bulanan
- bensin masih skitar 1/3an tanki, suhu mesin normal masih dibawah separo
- gak ada masalah susye start lagi sampe sekarang
thanks sebelomnya..
kejadian uda sbulanan yang lalu, di tanjakan plelen, alas roban, kemiringan sekitar 30-35 drajat, dalam perjalanan sleman-tegal
habis nyalib bis karena kagok didepan tokijang agak ragu-ragu, jadi miss gear dari gigi 1 mo ke 2 malah jadi 4, matilah mesin. untung jarak sama bis yang hbis disalib uda 3 body, jadi dengan sisa laju masih sempet minggirin. terjadilah yang terjadi, mobil yang gak bisa distart lagi, nenangkan diri sbentar, start lagi gak bisa. trus kluar buka kap mesin, tidak ada bau2 mencurigakan, tapi posisi kipas nyala (kunci kontak on)
coba start lagi ga bisa, pasrah ga tau musti ngapain, gelap lagi tengah alas, mulut komat-kamit, skitar 10 menit kemudian, distart lagi, brumm... syukur deh, sampe tegal (100 kiloan lagi) ga ada masalah, cuma ga brani kenceng2. sampe gak ada masalah
kondisi kurang lebih
- pas kejadian jam 7an malem baru jalan skitar 5 kiloan, habis istirahat sejam, setelah jalan skitar 150 km-an
- aki (hybrid) bagus, baru 3 bulanan
- bensin masih skitar 1/3an tanki, suhu mesin normal masih dibawah separo
- gak ada masalah susye start lagi sampe sekarang
thanks sebelomnya..
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
Aah si Oom tahyul ajah..
dengan kemiringan segitu kalau pompa bensin nggak cukup sehat dan gas kurang ditekan wajar aja bensin nggak nyampe ke karbu.. akibatnya mesin tewas..
terus distart dalam kondisi tetap nanjak ya? dengan alasan yang sama si bensin nggak mudah nyampe ke karburator Oom..
Saya pernah parkir yang posisinya nanjak.. pas mau jalan lagi mobil kagak mau distart.. nyadar kalau tangki di posisi lebih rendah dibanding kepala mobil, ya udah lepas handbrake biarkan mobil ngegelosor turun.. baru dicoba start lagi.. greengg.. nyala lagi deh.. tanpa ada unsur gaib..
dengan kemiringan segitu kalau pompa bensin nggak cukup sehat dan gas kurang ditekan wajar aja bensin nggak nyampe ke karbu.. akibatnya mesin tewas..
terus distart dalam kondisi tetap nanjak ya? dengan alasan yang sama si bensin nggak mudah nyampe ke karburator Oom..
Saya pernah parkir yang posisinya nanjak.. pas mau jalan lagi mobil kagak mau distart.. nyadar kalau tangki di posisi lebih rendah dibanding kepala mobil, ya udah lepas handbrake biarkan mobil ngegelosor turun.. baru dicoba start lagi.. greengg.. nyala lagi deh.. tanpa ada unsur gaib..
Last edited by ariphrp on Tue Jul 07, 2009 6:21 am, edited 1 time in total.
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
setuju riwayat dari om arip
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
Setubuh sama om Arip, Om arip ini banyak pengalaman di tengah hutan.....
Grandcivic Kaca Gelap
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
kagak Oom.. mentang-mentang di kalimantan lantas jadi maen di hutan gitu?pauluspaska wrote:Setubuh sama om Arip, Om arip ini banyak pengalaman di tengah hutan.....
parkir di depan kantor surat kabar yang parkirannan nanjak kok.. di pusat kota..
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
Kalo ada ngalamin hal kayak gini lagi, misalnya mesin mati/parkir di tanjakan..
1. Kunci Kontak ON saja sambil menginjak pedal gas 1-2 kali lalu biarkan sebentar, baru coba start lagi..
2. Kalau tanjakannya pendek dan di belakang ada area landai/datar, lepas aja handbrake biarkan mobil turun ke tempat yang datar itu.. sambil kunci kontak ON supaya pompa mulai kerja mensuplai ke karbu.. baru start..
Insya Allah tokcer deh.. asal emang sebelumnya berhenti bukan karena mogok yaa..
Kalo parkir di turunan gak masalah.. biasanya sih tokcer aja.. asaal.... tanki bensin emang berisi BBM.. pasti tokcer...
1. Kunci Kontak ON saja sambil menginjak pedal gas 1-2 kali lalu biarkan sebentar, baru coba start lagi..
2. Kalau tanjakannya pendek dan di belakang ada area landai/datar, lepas aja handbrake biarkan mobil turun ke tempat yang datar itu.. sambil kunci kontak ON supaya pompa mulai kerja mensuplai ke karbu.. baru start..
Insya Allah tokcer deh.. asal emang sebelumnya berhenti bukan karena mogok yaa..
Kalo parkir di turunan gak masalah.. biasanya sih tokcer aja.. asaal.... tanki bensin emang berisi BBM.. pasti tokcer...
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
kalo matinya mesin sih karna missgear masuk gigi 4 di tanjakan, kalo miss gear di turunan kyaknya ga bakalan matiariphrp wrote:Aah si Oom tahyul ajah..
dengan kemiringan segitu kalau pompa bensin nggak cukup sehat dan gas kurang ditekan wajar aja bensin nggak nyampe ke karbu.. akibatnya mesin tewas..
terus distart dalam kondisi tetap nanjak ya? dengan alasan yang sama si bensin nggak mudah nyampe ke karburator Oom..
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
Iya Oom.. paling kalo turunan mesin mati kalo missed gear ke R...fasc wrote:
kalo matinya mesin sih karna missgear masuk gigi 4 di tanjakan, kalo miss gear di turunan kyaknya ga bakalan mati
BTW lagi ultah ni hari yaa?
makan-makan yuuk di tanjakan...
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
uda kuras tanki 3 minggu yg lalu om
lah ini tadi pagi jalan-jalan ke pantai, mo pulang kok susye di start ya, ada apa lagi ini??
padahal brangkatnya sekali start langsung brummm...
help me please..
lah ini tadi pagi jalan-jalan ke pantai, mo pulang kok susye di start ya, ada apa lagi ini??
padahal brangkatnya sekali start langsung brummm...
help me please..
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: mesin ga bisa di-start di tanjakan ?
bukannya karburator selalu keisi bensin? mustinya biar tangki ga ada bensinnya tp klo karbu ada bensinnya sedikit bisa nyala bbrp saat aja.
klo pompa ngga kuat, brarti jalan di tanjakan mesin bisa mogog dong..
karbunya kali? jd pas missgear mesinnya keselek bensin / busi jd basah / apa gitu...
.
klo pompa ngga kuat, brarti jalan di tanjakan mesin bisa mogog dong..
karbunya kali? jd pas missgear mesinnya keselek bensin / busi jd basah / apa gitu...
.