helP mE pleasE..

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
CHONG_LIE
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Wed Jul 09, 2008 9:02 am
Location: Solo~Tuban~Kudus
Contact:

helP mE pleasE..

Post by CHONG_LIE » Fri Oct 16, 2009 11:13 am

AC punyaku kok tiba-tiba nggak bisa dingin ya om.... terus rpm ac nyala biasanya cuma 1000 pas idle sekarang kok naek jadi 1200 ya...apa ada kemungkinan freonnya habis ya...apa kompressornya jebol..apa ada fusenya yang putus.
Kalau ac tak matiin rpm sekitar 800 aja.soalnya udah agak lama sibiru nggak tak ajak lari-lari nih...padahal rencana bulan depan mau mudik ke Solo nih... :sad:
Mau tak bawa ke tukang ac belum ada waktu nih...tanya bapak-bapak senior dulu lah...
Mohon pencerahaannya ya om.....

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: helP mE pleasE..

Post by pauluspaska » Fri Oct 16, 2009 11:36 am

Itu kompresor yang gak ngangkat, coba periksa magnet kompresor carane: siapkan seseorang yang ngerti teknis untuk dengarkan di ruang mesin suara magnet yang cetak-cetek gitu, terus aktifkan AC dan kunci kontak, tapi jangan jalankan mesin, sewaktu kunci kontak dinyalakan magnet AC akan aktif. Matikan dan nyalakan lagi kalau kurang jelas bunyinya.

Magnet ini lah yang membebani putaran mesin. Kalau magnet yang ngadat, ditelusuri kabelnya dari kompresor. Siapa tahu ada yang putus.

Kalau ketemu kabelnya coba by pass kabel itu ke aki yang positif atau yang negatif (saya lupa), kalau magnet masih jalan berarti jalur kabel ada yang putus.
Kalau magnet gak aktif, siap-siap ganti magnet itu.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: helP mE pleasE..

Post by krisnadew » Fri Oct 16, 2009 11:51 am

Bantu jawab ya om,,
-penyebab AC ga dingin biasanya disebabkan freon habis karena kebocoran yang terdapat pada evaporator, kondensor, selang AC, bisa juga bocor dari pentil kompresor AC
-penyebab lain kerusakan pada kompresor seperti kompresi ga normal, laker bosok, spull magnet hangus
-ekstra van tak bekerja sebagai mana mestinya / bahkan tidak kerja alias nganggur
-bisa juga terjadi AC tak dingin karena adanya penyumbatan pada tabung filter AC / drier & pada ekspansi pada evaporator

Solusi nya..lembiru om,,eh salah tulis,,
-Las atau ganti evaporator yang bocor / kl pengin maknyus ganti baru,,
-Jika bocor pada selang karet, ganti dan press ulang dengan klem fitting baru
-overhaul kompresor tuh..trus sekalian ganti packing dan seal, cek piston, laker & spull magnet / sekalian aja ganti dengan kompresor bekas ex Sing kira2 harga ne 750K
-pada ekstra van biasanya kerusakan terjadi dari carbon brass motor ekstra van
-untuk drier dan ekspansi sebaiknya ganti

monggo mungkin ada yang mau nambah in,,

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: helP mE pleasE..

Post by Kurniawan dicky » Fri Oct 16, 2009 2:51 pm

Saya nambahin ya...
kalo freon mau abis biasanya dari kisi2 ac di kabin keluar asep/uap...
Coba dilihat di seeglass yg ada di tabung dryer, posisi deket penampungan air wiper dan tank reservoir radiator. Pada saat AC di nyalakan, kelihatan berbusa itu tandanya freon abis.

User avatar
CHONG_LIE
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Wed Jul 09, 2008 9:02 am
Location: Solo~Tuban~Kudus
Contact:

Re: helP mE pleasE..

Post by CHONG_LIE » Sat Oct 24, 2009 7:51 pm

Trimakasih pencerahannya ya om...
Sebelumnya minta maaf dulu ya om....soalnya sudah hampir seminggu baru sempat ngecheck AC-GCku..maklumlah mumpung sabtu..he... setelah di check ternyata bener kata om paul magnetnya nggak ngangkat, pertama sudah di check freonnya masih bagus, check fuse(sekring) juga masih ok, check magnet compressor nggak ada cetak-cetuk sama sekali, coba langsung tak bypass dari aki juga nggak nyala, terus tak bawa ke bengkel katanya harus ganti magnet kompresornya. tapi sayang barangnya lagi kosong,... maklum tuban kan nggak kaya kota lain he..he.. alhasil nunggu info dari bengkel kalau ada spare langsung info ke saya katanya...
sekali lagi terimakasih pencerahanya....

kira-kira berapa ya overhoule ganti magnet compressor sama isi freon dll...harga seken sama yang baru bedanya jauh ndak ya om...maklum nih lagi kantong kering he...he...

User avatar
CHONG_LIE
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Wed Jul 09, 2008 9:02 am
Location: Solo~Tuban~Kudus
Contact:

Re: helP mE pleasE..AC-ku

Post by CHONG_LIE » Thu Oct 29, 2009 7:31 am

Hari Selasa kemarin..akhirnya spool magnet compressor diganti langsung barang dari surabaya, ganti freon sama oli yang di kompressor total habis Rp400k, sekarang ac-nya udah duingin lagi,..mak nyus....alias joss gandhoss....

Terimakasih teman-teman gc maniac semua .....

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: helP mE pleasE..

Post by pauluspaska » Thu Oct 29, 2009 10:23 am

sukurlah kalo udah beres...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
dracobram
GC Noob
GC Noob
Posts: 29
Joined: Wed Sep 09, 2009 9:22 am

Re: helP mE pleasE..

Post by dracobram » Thu Oct 29, 2009 10:43 am

waduh jadi ada pencerahan juga nih dari om-om, gc aku juga kalo dalam keadaan panas dan macet rpmnya suka tiba-tiba naik ke 1400 tapi begitu ac dimatiin rpmnya normal kembali dan beberapa lama kemudian kalo acnya dinyalain rpmnya itu jadi 1000 kembali..
barangkali kasusnya sama y?
kebetulan mobilnya lagi ada dibandung jadi belum sempat diCheck In..

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: helP mE pleasE..

Post by abah » Thu Oct 29, 2009 11:00 am

kalo saya mah begitu ac on,langsung drop rpmnya ke 500 ato 400.kalo diteken dikit pedal gasnya, baru deh naek rpmnya... tapi di 1100an.. itu kenapa yah??

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: helP mE pleasE..

Post by pauluspaska » Thu Oct 29, 2009 11:32 am

Abah, itu mah karbunya yang kudu diserpis....
kevakuman di intake manipol gak cukup kuat narik tuas membran idle up AC. Biasanya karena karbu yang rada kotor...

cobain italian tune up dulu deh...mumpung sekalian nyobain super fuel kemarin hehehe...
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply