Temp Radiator dan Air Radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nanangsurya » Tue Oct 27, 2009 11:42 am

Kemarin waktu ngejar waktu biar ga telat di tol Sidoarjo Surabaya jalan 100kph.....liat speedometer lupa liat jarum temperatur, waktu nyadar udah mo kena warna merah.....akhirnya turunin speed rata2 80 kph temperatur normal lagi sekitar 1/4 dari skala.
Akhirnya sampe rumah liat air radiator masih cukup tapi reservoir penuh.......coba hidupin mesin dengan tutup radiator terbuka, airnya malah tumpah keluar dari mulut radiator waktu mesin di gas....bukankah seharusnya level air malah berkurang ya klo di gas?
Perkiraan saya sih waterpumpnya yang bermasalah...tapi apakah memang benar analisa saya om......? mohon bantuan masukannya.....
Perlu di ketahui kalau kecepatan rata2 80kph temperatur tidak bermasalah.

nanangsurya
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

derryjanuari
GC Whore
GC Whore
Posts: 3330
Joined: Tue Sep 22, 2009 12:57 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by derryjanuari » Tue Oct 27, 2009 12:17 pm

ikutan.....hmmm....kyanya packing silinder blok mesinnya kali y om.... :-?

coz stahu aq, biasanya klo udh pernh overheat pakingnya mlenting.... :-?

"om2....btul gak analisaku?" ;;)

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nanangsurya » Tue Oct 27, 2009 12:32 pm

belum pernah overheat om...baru kali ini aja.....itu pun ga setiap jalan 100 kph rpm temp naek sampe hampir merah.....karena bunyi mesin juga normal.
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by ariphrp » Tue Oct 27, 2009 1:02 pm

kemungkinan ada yang mampet saluran air radiatornya oom.. bisa di dalam radiator atau bisa juga di mesin.. ada yang berkerak/karat

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by iphoer » Tue Oct 27, 2009 1:53 pm

bisa juga kayak kata om arip. Coba radiatornya dikuras sekalian di service. selang2 sama pipanya juga perlu dicek. Karena sptnya ada yang mampet.
Jadi pada saat mbl dipacu kecepatan tinggi, air gak mampu mendinginkan suhu mesin karena alirannya gak lancar.
Cek terakhir waterpumpnya kemungkinan sudah lemah.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nanangsurya » Tue Oct 27, 2009 2:41 pm

makasih om masukannya kayaknya memang alirannya yang kesumbat karena baru 2 bulan saya turunin radiator, tapi sekarang setiap kali saya buka tutup radiator pasti banyak endapan seperti lumpur yang nempel.
kemungkinan endapat itu yang nyumbat lagi di radiator.......
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by Ctrl_Alt_Del » Wed Oct 28, 2009 11:16 am

diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..



.

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by iphoer » Wed Oct 28, 2009 9:52 pm

Ctrl_Alt_Del wrote:diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..



.
Betul.. karna air aki tuh air murni blm ada campuran apa2. Jadi lbh bagus buat mesin.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by fasc » Thu Oct 29, 2009 9:26 am

Ctrl_Alt_Del wrote:diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..

.
kalo kata apit jangan pake coolant, palagi yang merek2 abal-abal, emang bener coolant titih didih naek tapi bisa bikin kropos blok (kayak punyaku)
mendingan pake air destilat (aer aki yang warna biru), jangan yang merah tu asam sulfat

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by abah » Thu Oct 29, 2009 9:27 am

tergantung bawaannya aja.. kalo dari pertama udah pake coolant, pake coolant terus.. kalo pertamanya pake air, jangan pake coolant.. itu malah bikin keropos kisi2 radiatornya..

wah, pake air destilat yah?? cobain ah... sekalian mu kuras radiator..hihihi...

Post Reply