Page 1 of 5

Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 11:42 am
by nanangsurya
Kemarin waktu ngejar waktu biar ga telat di tol Sidoarjo Surabaya jalan 100kph.....liat speedometer lupa liat jarum temperatur, waktu nyadar udah mo kena warna merah.....akhirnya turunin speed rata2 80 kph temperatur normal lagi sekitar 1/4 dari skala.
Akhirnya sampe rumah liat air radiator masih cukup tapi reservoir penuh.......coba hidupin mesin dengan tutup radiator terbuka, airnya malah tumpah keluar dari mulut radiator waktu mesin di gas....bukankah seharusnya level air malah berkurang ya klo di gas?
Perkiraan saya sih waterpumpnya yang bermasalah...tapi apakah memang benar analisa saya om......? mohon bantuan masukannya.....
Perlu di ketahui kalau kecepatan rata2 80kph temperatur tidak bermasalah.

nanangsurya

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 12:17 pm
by derryjanuari
ikutan.....hmmm....kyanya packing silinder blok mesinnya kali y om.... :-?

coz stahu aq, biasanya klo udh pernh overheat pakingnya mlenting.... :-?

"om2....btul gak analisaku?" ;;)

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 12:32 pm
by nanangsurya
belum pernah overheat om...baru kali ini aja.....itu pun ga setiap jalan 100 kph rpm temp naek sampe hampir merah.....karena bunyi mesin juga normal.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 1:02 pm
by ariphrp
kemungkinan ada yang mampet saluran air radiatornya oom.. bisa di dalam radiator atau bisa juga di mesin.. ada yang berkerak/karat

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 1:53 pm
by iphoer
bisa juga kayak kata om arip. Coba radiatornya dikuras sekalian di service. selang2 sama pipanya juga perlu dicek. Karena sptnya ada yang mampet.
Jadi pada saat mbl dipacu kecepatan tinggi, air gak mampu mendinginkan suhu mesin karena alirannya gak lancar.
Cek terakhir waterpumpnya kemungkinan sudah lemah.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Tue Oct 27, 2009 2:41 pm
by nanangsurya
makasih om masukannya kayaknya memang alirannya yang kesumbat karena baru 2 bulan saya turunin radiator, tapi sekarang setiap kali saya buka tutup radiator pasti banyak endapan seperti lumpur yang nempel.
kemungkinan endapat itu yang nyumbat lagi di radiator.......

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Wed Oct 28, 2009 11:16 am
by Ctrl_Alt_Del
diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..



.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Wed Oct 28, 2009 9:52 pm
by iphoer
Ctrl_Alt_Del wrote:diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..



.
Betul.. karna air aki tuh air murni blm ada campuran apa2. Jadi lbh bagus buat mesin.

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Thu Oct 29, 2009 9:26 am
by fasc
Ctrl_Alt_Del wrote:diisi pake aer apa om?
jgn aer sumur / ledeng.. jd lumpuran..
pake aer aki yg kayak botol aqua, atau coolant skalian..

.
kalo kata apit jangan pake coolant, palagi yang merek2 abal-abal, emang bener coolant titih didih naek tapi bisa bikin kropos blok (kayak punyaku)
mendingan pake air destilat (aer aki yang warna biru), jangan yang merah tu asam sulfat

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Posted: Thu Oct 29, 2009 9:27 am
by abah
tergantung bawaannya aja.. kalo dari pertama udah pake coolant, pake coolant terus.. kalo pertamanya pake air, jangan pake coolant.. itu malah bikin keropos kisi2 radiatornya..

wah, pake air destilat yah?? cobain ah... sekalian mu kuras radiator..hihihi...