Overhaul dan segala tetek bengeknya

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Andre
GC Noob
GC Noob
Posts: 31
Joined: Fri Aug 08, 2008 8:21 pm
Location: Semarang
Contact:

Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by Andre » Sun Nov 01, 2009 11:34 pm

Hello semua..

Mau konsultasi niy guys. Grand Civic' 91 AT saya akan segera di overhaul dalam beberapa hari ini.
Dikarenakan;
1. Kalau kecepatan tinggi di Tol, knalpotnya ngebul
2. Kompresi lemah, menurut pengakuan beberapa bengkel yang telah disambangi
3. Tenaga ngempos, padahal uda di tune up
4. Boros bensin
5. Belum pernah overhaul sebelumnya

Apakah ada yang bisa memberikan gambaran detail mengenai;
1. Ongkos spare part (jeroan mesin) lengkap (termasuk Piston dan setang nya)
2. Bengkel2 referensi spesialisasi Honda khususnya yang murah tapi ahli
3. Perintilan2 yang mungkin perlu diganti, mumpung mau di overhaul

Terima kasih sebelumnya

salam hormat,
Andre Gemalasatria

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by ariphrp » Mon Nov 02, 2009 9:59 am

Saya baru overhaul sebulan lalu.. silakan lihat aja di threadnya Oom http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... a&start=60" onclick="window.open(this.href);return false;
Bengkel kudu yang paham mesin deh..
kalo printilan tergantung setelah dibongkar Oom.. kemarin waktu nitip mobil ke Bengkel ada GC lain yang lagi dibongkar sampe ganti semua klepnya..

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by pauluspaska » Mon Nov 02, 2009 10:36 am

yang pasti mah duitna kudu siap....ada uang kaget juga...kaget kudu beli ini itu yang baru tahu waktu turun mesin...diluar perkiraan.

Kalo bisa mah tiap hari bisa disambangin tuh bengkel supaya bisa lihat perkembangan terus kita bisa minta jeroan mesin jadi kinyis-kinyis....kerak-kerak dibersihin. Banyak bengkel gak pedulian sama kerak yang nempel akibat pemakaian oli yang buruk.

Cari bengkel yang teliti banget...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by badooy » Mon Nov 02, 2009 1:01 pm

waduh.. klo udah overhaul emang bener2 tetek bengek..
tp sbenernya klo bengeknya saya gak mau.. :p

gak mikir ganti mesin copotan aja?
tinggal cari yg barangnya masih bagoss, pasti lbh murah tinggal plek, lbh cepet pula..
shortblock zc aja 2.7-2.8jt... std pasti dibawahna..

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by ariphrp » Mon Nov 02, 2009 1:05 pm

bisa jadi alternatif oom.. tapi jangan lupa ngurus rubah nomor mesin di BPKB.. atau kalau bisa (tau deh caranya gimana) nomor mesin pindahin juga

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by abah » Mon Nov 02, 2009 4:55 pm

copy paste... :D

derryjanuari
GC Whore
GC Whore
Posts: 3330
Joined: Tue Sep 22, 2009 12:57 pm

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by derryjanuari » Mon Nov 02, 2009 5:16 pm

short block teh artinya apa ya om baduy?...mohon dijelaskan...
jadi minat nih klo bner mesin sgluntung tinggal pasng hrga kurang dari 3jt...pasti bisa ngalahin civic 09 kan?he

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by adeindra » Mon Nov 02, 2009 7:58 pm

short blok tuh berarti mesin bagian bawah aje tidak termasuk headnya.
jadi ennga mesin segelundungan, head (mesin bagian atas) tetep pake bawaannya gc.

bener lho kata om baduy.... udah ada 2 temen seinget gue (om zul ama oktav) yang rencananya overhaul mesin biar lebih murah....eh ternyata abisnya ampe lebih dari 5 juta. Sulitnya kalo ganti shortblok, ya no mesin mesti dianukan demikian atau mesin lama disimpen buat esek2 samsat.
Nyari shortblok juga mesti minta bantuan ama orang yang paham jadi kondisi mesin fit tidak harus overhaul lagi karena ring piston atau metal2 udah jelek. jadi tinggal pasang-sang-sang

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by fasc » Tue Nov 03, 2009 7:57 am

ni ada pic shortblock zc
Image
betul kudu siap duwit lebih, kalo pingin turun mesinnya bermakna

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Post by abah » Tue Nov 03, 2009 9:16 am

waduh, der.. so sorry to say, kayanya kalo cuma ganti gitu mah belum bisa ngalahin civic 09. teknologinya aja udah beda. afaik, civic 09 udah i-vtec.. ga ngerti juga sih gimana cara kerjanya, cuma teknologi kini kan makin canggih. kalopun deri misalnya pake mesin zc vtec segelundung sama ecu + wiringnya, kayanya masih belum bisa ngalahin deh.. kecuali kalo diobok2 mesinnya.. misal kaya hangga, zc vtecnya di PnP, trus ganti apa gitu, itu baru bisa. camry 2009 aja ga bisa nyusul di tol.. ato om chandra yang pake head vtec, dipapas headnya jadi kompresi naek, dan juga beberapa special treatment lainnya. cuma perlu diingat, itu semua berdampak langsung dengan konsumsi bahan bakar.. i-vtec pake teknologi canggih, jadi bisa efisien bahan bakar tapi menghasilkan tenaga besar.. sementara yang tadi saya sebutkan, semuanya pake pertamax plus dengan konsumsi yang fantastis.. hangga aja ampe 1:5.. kurang lebih begitu der..

om hangga dan om chandra, maaf kesebut yah.. :D

Post Reply