Page 1 of 2

Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Sun Nov 01, 2009 11:34 pm
by Andre
Hello semua..

Mau konsultasi niy guys. Grand Civic' 91 AT saya akan segera di overhaul dalam beberapa hari ini.
Dikarenakan;
1. Kalau kecepatan tinggi di Tol, knalpotnya ngebul
2. Kompresi lemah, menurut pengakuan beberapa bengkel yang telah disambangi
3. Tenaga ngempos, padahal uda di tune up
4. Boros bensin
5. Belum pernah overhaul sebelumnya

Apakah ada yang bisa memberikan gambaran detail mengenai;
1. Ongkos spare part (jeroan mesin) lengkap (termasuk Piston dan setang nya)
2. Bengkel2 referensi spesialisasi Honda khususnya yang murah tapi ahli
3. Perintilan2 yang mungkin perlu diganti, mumpung mau di overhaul

Terima kasih sebelumnya

salam hormat,
Andre Gemalasatria

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 9:59 am
by ariphrp
Saya baru overhaul sebulan lalu.. silakan lihat aja di threadnya Oom http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... a&start=60" onclick="window.open(this.href);return false;
Bengkel kudu yang paham mesin deh..
kalo printilan tergantung setelah dibongkar Oom.. kemarin waktu nitip mobil ke Bengkel ada GC lain yang lagi dibongkar sampe ganti semua klepnya..

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 10:36 am
by pauluspaska
yang pasti mah duitna kudu siap....ada uang kaget juga...kaget kudu beli ini itu yang baru tahu waktu turun mesin...diluar perkiraan.

Kalo bisa mah tiap hari bisa disambangin tuh bengkel supaya bisa lihat perkembangan terus kita bisa minta jeroan mesin jadi kinyis-kinyis....kerak-kerak dibersihin. Banyak bengkel gak pedulian sama kerak yang nempel akibat pemakaian oli yang buruk.

Cari bengkel yang teliti banget...

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 1:01 pm
by badooy
waduh.. klo udah overhaul emang bener2 tetek bengek..
tp sbenernya klo bengeknya saya gak mau.. :p

gak mikir ganti mesin copotan aja?
tinggal cari yg barangnya masih bagoss, pasti lbh murah tinggal plek, lbh cepet pula..
shortblock zc aja 2.7-2.8jt... std pasti dibawahna..

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 1:05 pm
by ariphrp
bisa jadi alternatif oom.. tapi jangan lupa ngurus rubah nomor mesin di BPKB.. atau kalau bisa (tau deh caranya gimana) nomor mesin pindahin juga

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 4:55 pm
by abah
copy paste... :D

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 5:16 pm
by derryjanuari
short block teh artinya apa ya om baduy?...mohon dijelaskan...
jadi minat nih klo bner mesin sgluntung tinggal pasng hrga kurang dari 3jt...pasti bisa ngalahin civic 09 kan?he

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Mon Nov 02, 2009 7:58 pm
by adeindra
short blok tuh berarti mesin bagian bawah aje tidak termasuk headnya.
jadi ennga mesin segelundungan, head (mesin bagian atas) tetep pake bawaannya gc.

bener lho kata om baduy.... udah ada 2 temen seinget gue (om zul ama oktav) yang rencananya overhaul mesin biar lebih murah....eh ternyata abisnya ampe lebih dari 5 juta. Sulitnya kalo ganti shortblok, ya no mesin mesti dianukan demikian atau mesin lama disimpen buat esek2 samsat.
Nyari shortblok juga mesti minta bantuan ama orang yang paham jadi kondisi mesin fit tidak harus overhaul lagi karena ring piston atau metal2 udah jelek. jadi tinggal pasang-sang-sang

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Tue Nov 03, 2009 7:57 am
by fasc
ni ada pic shortblock zc
Image
betul kudu siap duwit lebih, kalo pingin turun mesinnya bermakna

Re: Overhaul dan segala tetek bengeknya

Posted: Tue Nov 03, 2009 9:16 am
by abah
waduh, der.. so sorry to say, kayanya kalo cuma ganti gitu mah belum bisa ngalahin civic 09. teknologinya aja udah beda. afaik, civic 09 udah i-vtec.. ga ngerti juga sih gimana cara kerjanya, cuma teknologi kini kan makin canggih. kalopun deri misalnya pake mesin zc vtec segelundung sama ecu + wiringnya, kayanya masih belum bisa ngalahin deh.. kecuali kalo diobok2 mesinnya.. misal kaya hangga, zc vtecnya di PnP, trus ganti apa gitu, itu baru bisa. camry 2009 aja ga bisa nyusul di tol.. ato om chandra yang pake head vtec, dipapas headnya jadi kompresi naek, dan juga beberapa special treatment lainnya. cuma perlu diingat, itu semua berdampak langsung dengan konsumsi bahan bakar.. i-vtec pake teknologi canggih, jadi bisa efisien bahan bakar tapi menghasilkan tenaga besar.. sementara yang tadi saya sebutkan, semuanya pake pertamax plus dengan konsumsi yang fantastis.. hangga aja ampe 1:5.. kurang lebih begitu der..

om hangga dan om chandra, maaf kesebut yah.. :D