[tolong] FC yang aneh -- test maraton

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

[tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by fasc » Sun Dec 06, 2009 8:33 pm

tolong men temen smua, permasalahan yang rada aneh ni..
berangkat dari arahan para master di viewtopic.php?f=7&t=246 dan benar setelah dicek, mang vacuum advance (delco) yang udah soak, so hari sabtu minggu kmaren lebaran haji pulkam, telpon2 junkyard di jogja ga pada punya, adanya delco sa'glundung, akhirnya diputuskan beli aja yg baru di sarinah 275rebu

trus numpang pasang di bengkel terdekat, trus servis karbu di handy motor langganan mbah titus, segera menuju spbu terdekat untuk memulai tes maraton FC gc
1. 340km : 35,5 lt = 9.6 km/lt
rute tegal-sleman, + muter2, ni sebagai fc pembanding sebelum ganti vacuum delco

2. 27km : 1.86 lt = 14.51 km/lt
surprise banget bisa dapet segini. ni rute kombinasi, muter2 kota skitar 10 km setelah mampir spbu , sisanya ringroad utara sampe spbu terdekat rumah, rada narik sampe 3000rpm--batas inreyen, gara2 ada senia rada nyolot di lampu merah

3. 88km : 10.5l = 8.38 km/lt
ini ngisi hari minggu sebelum masuk magelang mo brangkat balik maning neng tegal. wasih wajar karena paginya dipanjer satu jam lebih buat mbenerin n' ngecek air ac yang netes di bawah laci dashboard, sama nguras radiator aliaran hardcore-nya om paska

4. 150km : 14.1 = 10.6 km/lt
ni terdiri 10 km pertama lancar, 30 km padat merayap max 40km/jam (ditempuh hampir satu setengah jam), 10 km ramai lancar jalanan mulai menanjak, 60 km trek lumayan kejam karena memang perbukitan dari temanggung sampai pantura, trek naek turun berkelok-kelok, sisanya trek pantura sampe pekalongan bisa cruising 100 km/jam. oh iya, 2 orang dewasa + 1 anak, 2 kranjang salak, 1 karung beras :D , so ini fc yang wajar moderat

5. 86 km : 10.2 lt = 8.4 km/lt
ngisi hari senin, dari sini mulai merasa ada yang aneh, kok boros maning? ni trek pantura lancar 60km, sisanya muter2 dalam kota

6. 68 km: 9.3 lt = 7.3 km/lt
ngisi di spbu siang tadi karna penasaran pingin ngetes lagi hasilnya , waaww edun, tambah boros aja. dipake dari rumah ke kantor aja, sama muter2 kota dikit. fyi disini tidak ada macet, paling2 kalo ada kreta lewat aja 5 menit. selama seminggu ini juga gak pernah manasin mesin, starter kluar garasi, langsung jalan pelan-pelan. max 60 km/jam

7. 16 km: 0.82 lt = 19.5 km/lt
bener-bener aneh. dari spbu sebelumnya jalan nyante max 40km/jam karna nidurin anak ditinggal emaknya ada acara pkk

8. 18 km: 1.7 lt = 10.6 km/lt
karena anak blom juga bangun, muter2 lagi nyari mufler tip yang stainless, mampir di 5 tukang knalpot, berhenti ngobrol nanya2 tapi gak beli :D, kondisi mesin on ac on. 18km tadi plus mampir2 ditempuh satu setengah jam lebih. so ini masih wajar

yang jadi penasaran kenapa dari test 6 sama 7 bisa beda banget, padahal kondisi yang tidak jauh berbeda, sama-sama rute dalam kota tanpa macet.
apa jawaban yang paling logis untuk menjelaskan ini :?:
apa karena test no.6 pake nginep shingga ada yang nguap gitu :?: liat test 2 ma 7 yang bagus karena dilakukan dalam 1 trip

fyi, setiap ngisi bengsin, saya usahaken sampe betul-betul penuh nyaris luber. mobil digoyang-goyang -> didiamkan sbentar -> diisi lagi sampe full, berulang2 sampe bengsin tidak turun lagi

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by badooy » Sun Dec 06, 2009 9:02 pm

waiyahh.. ada ngisi 0.82 liter? hihihihi...
mending bener2 rada banyak deh ngisi bensinnya om untuk pengukurannya
trus apakah sudah di pom bensin yg sama, klo bisa yg PASTI PAS... pasan.. :)

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by ariphrp » Sun Dec 06, 2009 9:18 pm

kayaknya metodenya nggak tepat oom..

isi penuh sampe nyaris luber..
terus odometer di reset ke Nol

bawa jalan sampe nyaris Empty (baiknya ke luar kota supaya kondisi berkendaranya lumayan konstan)
isi lagi sampe nyaris luber lagi

naah sekarang baru check berapa liter yang dibeli untuk ngisi sampai hampir luber dijadi pembagi kilometer yang tercatat di Odometer..

Catatan: Lingkar roda masih standar gak? kalo dah rin besar tentu akurasi odometer nggak mendekati standar pabrikan..

Selanjutnya coba lagi kondisi pemakaian dalam kota.. caranya persis sama.. IMHO kalau isi dikit-dikit nggak bisa jadi acuan

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by fasc » Sun Dec 06, 2009 9:25 pm

[baduuy] wrote:waiyahh.. ada ngisi 0.82 liter? hihihihi...
mending bener2 rada banyak deh ngisi bensinnya om untuk pengukurannya
trus apakah sudah di pom bensin yg sama, klo bisa yg PASTI PAS... pasan.. :)
karna penasaran aja boros banget, pingin cepet2 ngisi
inget banget tu nunjukin Rp. 3.690, mbayar 5rebu, dikembaliin se-rebu :D , ngisi motor aja ga pernah kurang dari 10 rebu
kalo pom bensin sama agak susah, tapi di Pasti pas kok, di spbu muri lagi punya 60 toilet :-o

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by fasc » Sun Dec 06, 2009 9:44 pm

ariphrp wrote:kayaknya metodenya nggak tepat oom..
isi penuh sampe nyaris luber..
terus odometer di reset ke Nol
kalo ini selalu om, isi penuh trus di-nolkan
ariphrp wrote: Catatan: Lingkar roda masih standar gak? kalo dah rin besar tentu akurasi odometer nggak mendekati standar pabrikan..
menurut tyresizecalculator.com selisihnya ga sampe 1%, jadi bolehlah dikesampingkan dulu sementara
ariphrp wrote: Selanjutnya coba lagi kondisi pemakaian dalam kota.. caranya persis sama.. IMHO kalau isi dikit-dikit nggak bisa jadi acuan
kilometer yang dikit mang tidak bisa jadi acuan, tapi imo dikit-dikit kalo digabungin juga jadi banyak. misal kita kasih standar untuk ngukur FC minimal jalan 300 km, bisa kan kita itung tiap 20km, 30km, kemudian trakir kita itung FC totalnya. IMO hasilnya perbagian dengan total tidak akan jauh beda kalo variabel2nya kita kondisikan sesedikit mungkin

btw, yang mengganjal adakah kemungkinan bengsin menguap gitu, menghilanng dari sistem ketika mobil bobo? itu yang bikin penasaran

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by pauluspaska » Sun Dec 06, 2009 9:56 pm

imho ya om yulian,
1. setiap kali ngisi bbm lihat kondisi cuaca, pengisian diwaktu suhu tanah yang dingin akan mendapatkan kerapatan bensin yang tinggi, walau meteran menunjuk sama2 1 leter tapi beda kerapatan, belum lagi mengukur penguapan pd suhu tinggi.

biasanya sy ngisi pagi hari di spbu yang ramai sbb dia dpt supply malam hari. jadi suhu tangki bawah tanah rendah.

2. periksa suhu udara waktu mobil jalan. suhu panas lebih boros, mesin jg berkurang tenaga.

saya udah hapal fenomena ini om. kadang dalam kota bisa dpt 1:11, kadang dpt 1:6, kadang dapet 1:12. ini dg kondisi ban 3,5 % lebih besar diameternya.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3301
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by *jarno* » Sun Dec 06, 2009 10:47 pm

saran saya sih jangan terlalu deket jaraknya.. paling gak 100km lah. coba aja dulu segitu untuk memperkecil berbagai faktor yang mempengaruhi.. kalo nembus 1:19,5 dengan kondisi mesin yang sama dengan konsumsi 1:7,3 pasti ada yang salah.
oldskool japanese warrior

User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by fasc » Mon Dec 07, 2009 12:17 am

pauluspaska wrote:imho ya om yulian,
1. setiap kali ngisi bbm lihat kondisi cuaca, pengisian diwaktu suhu tanah yang dingin akan mendapatkan kerapatan bensin yang tinggi, walau meteran menunjuk sama2 1 leter tapi beda kerapatan, belum lagi mengukur penguapan pd suhu tinggi.

biasanya sy ngisi pagi hari di spbu yang ramai sbb dia dpt supply malam hari. jadi suhu tangki bawah tanah rendah.
kerapatan bbm? ilmu baru ni, thanks
pauluspaska wrote: 2. periksa suhu udara waktu mobil jalan. suhu panas lebih boros, mesin jg berkurang tenaga.
saya udah hapal fenomena ini om. kadang dalam kota bisa dpt 1:11, kadang dpt 1:6, kadang dapet 1:12. ini dg kondisi ban 3,5 % lebih besar diameternya.
palagi kalo jalanan macet ya om, mesin menghirup CO, CO2 dari mobil lain
btw test no.7 tidak lebih ramah kondisinya dari test 6, tadi ngetest pas panas2nya, jam 11-2 siang, test 6 dipakenya kekantor pagi ma sore
*jarno* wrote:saran saya sih jangan terlalu deket jaraknya.. paling gak 100km lah. coba aja dulu segitu untuk memperkecil berbagai faktor yang mempengaruhi.. kalo nembus 1:19,5 dengan kondisi mesin yang sama dengan konsumsi 1:7,3 pasti ada yang salah.
bener, besok coba digenepin sampe 100km testnya
yang salah metode pengukuran pa yang lain?
kalo variabel uda coba diminimalkan kok om, tekanan ban gak ditambah jadi cenderung berkurang seharusnya cenderung lebih boros, mesin sama sekali gak disentuh
[baduuy] wrote: trus apakah sudah di pom bensin yg sama, klo bisa yg PASTI PAS... pasan.. :)
,
spbu yang sama masih kurang akurat juga ya, mesti pake pompa yang sama

Nawee
GC Whore
GC Whore
Posts: 2264
Joined: Mon May 26, 2008 3:43 pm
Location: Medan-Banten-Jakarta-Bandung

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by Nawee » Mon Dec 07, 2009 9:29 am

bener om...faktor spbu... bisa jd kendala mnghitung keakuratan FC...
SPBU "Pasti Pas" di jakarta ajah masih bnyk yg beda2 nilai ke akuratannya.... (baca msh ada yg curang :-x )

usahakan pengisian BBM di SPBU yg sama om...

User avatar
yog134et
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1486
Joined: Thu May 22, 2008 10:53 am
Location: bogor
Contact:

Re: [tolong] FC yang aneh -- test maraton

Post by yog134et » Mon Dec 07, 2009 10:05 am

Nawee wrote:bener om...faktor spbu... bisa jd kendala mnghitung keakuratan FC...
SPBU "Pasti Pas" di jakarta ajah masih bnyk yg beda2 nilai ke akuratannya.... (baca msh ada yg curang :-x )

usahakan pengisian BBM di SPBU yg sama om...
setuju om nawee, masih bnyk tuh SPBU yg curang walaupun udh pake logo PASTI PAS.

Post Reply