ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
b4yu
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 989
Joined: Sat Jul 19, 2008 12:38 am
Location: semarang

ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by b4yu » Fri Jan 15, 2010 7:34 pm

Gini critanya,sore ini prjalanan plg dr Purwodadi ke smg jrk tempuh 65km,kondisi jalan lancar trus full ac,kecepatan rata" 60-80km/jam...pas skitar jalan 45km an,gak sngaja ngliat jarum temp naek perlahan2..tetep gw jalanin mblnya...trus kok jarum temp turun sndiri perlahan2 ya??? ke suhu normal sblm jrm itu naek.....??!!! hal ini berulang2 trus tiap jalan 1km an lah,naek turun naek turun....naeknya hampir ke 80% dr skala deh keknya!!.klo fan radiator ama fan ac aku cek sih nyala kok,normal....gw takutnya lama2 jebol jg tuh mesin,gawatttt!!!padahal radiator jg udah dikorok bln lalu...tp emang sih,aer radiator slalu b'kurang tiap habis prjalanan.....bingung jg nih,pnyebab utamanya apaan yah???apa termostat/apa waterpump/apa settingan mesin???
please tmn2 GCers yg prnah ada pgalaman n tau solusinya yah.....tlg di share dunks,thx....

[Post made via Mobile Device] Image

derryjanuari
GC Whore
GC Whore
Posts: 3330
Joined: Tue Sep 22, 2009 12:57 pm

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by derryjanuari » Fri Jan 15, 2010 7:57 pm

hmm... coba bantu jawab, imho... :D

btw ksus ini pernah ku alami ko, bisa diliat di thread my diamond green ku (promosi mode:on) :D

stahu derrry ada beberapa kemungkinan aer berkurang (pengalaman :p)
1. dari radiator bocor
2. jalur pipa aer yg di blakang head mesin (namanya apa ya?) itu aq pernah bocor
3. jalur aer di selang deket karbu
4. waterpump rembes
5. aer masuk ke pembakaran melalui packing silinder
6. coba cek smua jalur ar om... :D
7. aer mandek disalah 1 jalur

bisa jadi karna salah satu atau smua hal diatas menyebabkan air gk sirkulasi dg baik, jd demam gt, n air habis deh,..perihal naik turun suhu jg karna ada bantuan angin dari arah depan pada saat mobil jalan om... CMIIW

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by adi_vostro » Fri Jan 15, 2010 8:16 pm

wah....air radiator nya berkurang ya Om?kalau kejadian itu, uda dijelas'in sama Om derry scara lengkap deh kayanya...
tapi kalo kejadiannya air radiator ngak berkurang signifikan, ndak ada gejala overheat krasa dari mesin,mungkin thermostat nya uda aus om...
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by arozi » Sat Jan 16, 2010 4:55 am

fan radiator dan fan ac kadang juga dah lempeng (gak malincang alias gak nekuk dalem)
bongkar aja trus bakar dan tekuk bilah kipas radiator dan ac nya
moga anginnya tambah kenceng :)
B J O

User avatar
b4yu
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 989
Joined: Sat Jul 19, 2008 12:38 am
Location: semarang

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by b4yu » Sat Jan 16, 2010 7:59 am

ohh bgitu yah...aku sih masih curiga ama termostat nih....cara krja n bentuknya termostat itu yg mana sih??
apa aja tuh fungsinya.....?
thx

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
b4yu
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 989
Joined: Sat Jul 19, 2008 12:38 am
Location: semarang

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by b4yu » Sat Jan 16, 2010 9:28 am

Tanya sendiri jawab sendiri (eh,dijawab montir denk....)
akhirnya opname deh....si montir aku critain kasusnya,trus dibuka deh tutup radiator dalam kondisi mesin nyala....dia lgs vonis paking silinder dah bocor,jadinya aer b'kurang terus....yauwislah,akhirnya diputuskan utk opname...doain y men temen,smoga si putih cpt sembuh...hehehehe....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by ariphrp » Sat Jan 16, 2010 12:41 pm

Kenapa rupanya Oom.. keluar asap dari mulut radiator ya? kalo iya, memang bener packingnya dah kudu apkir.. sebaiknya headnya juga diratakan dulu sebelum pasang packing baru.. supaya bener-bener rata dan rapet.

User avatar
b4yu
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 989
Joined: Sat Jul 19, 2008 12:38 am
Location: semarang

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by b4yu » Sat Jan 16, 2010 1:59 pm

dari mulut radiator berbuih,tanda ada udara deh keknya....
siang ni aku dah cek ke bengkel,lg diratain tuh permukaan headnya,biar nempelnya pas bgt.....mg2 aja problem solved,amiinnnn....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by irwans85 » Sun Jan 17, 2010 12:04 am

ariphrp wrote:Kenapa rupanya Oom.. keluar asap dari mulut radiator ya? kalo iya, memang bener packingnya dah kudu apkir.. sebaiknya headnya juga diratakan dulu sebelum pasang packing baru.. supaya bener-bener rata dan rapet.
Maksute kluar asep gmana tu om?? Kan kalo panas dbuka emg kluar asep...sdkt share smenjak radiator sehat (krg lbh udh 8blnan) saya br ngalami kejadian kyk om bayu 2x n anehny dua duany pas dsmrg...ada apa dgn smrg??

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: ASK/tanya/helppp mesinku kok panas bgt??

Post by ariphrp » Sun Jan 17, 2010 3:00 am

irwans85 wrote: Maksute kluar asep gmana tu om?? Kan kalo panas dbuka emg kluar asep...sdkt share smenjak radiator sehat (krg lbh udh 8blnan) saya br ngalami kejadian kyk om bayu 2x n anehny dua duany pas dsmrg...ada apa dgn smrg??

[Post made via Mobile Device] Image
Asap (bukan si Asep) oom.. bukan uap karena panas.. dari mulut radiator terlihat air/radiator coolant seperti mendidih dan keluar asap berbau asap knalpot... kalau uap panas dari air kan tipis/fog..
Ini kondisi packing yang dah parah bener bocornya..

waktu pasang head nggak diratakan dulu, juga karena packingnya nggak bagus.. itu penyebabnya..
saya akhirnya selain di scrap head mesinnya juga pakai packing 2 lapis..

Post Reply