Page 1 of 3

gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Wed Jan 20, 2010 3:01 pm
by shopin
ada problem ni om2 sekalian..
penasaran juga.. :-? :-?
ketika gas diinjek,posisi gigi masuk,terus gas dilepas, lha koq mobil ndut2an aneh...
tapi kalo kopling diinjek,mobil mluncur dengan sndirinya, aman2 aja..
kira2 kenapa yaw??
1. uda bongkar single carb, cek vakum, masi tetep..
2. uda cek pengapian, busi, kabel busi, malah pinjem delco segelundung, ga pengaruh,alias masi tetep..
3. uda cek kompresi 4 sylinder, aman.., gejala masi tetep..
4. akhirnya malah ganti dual carb, juga masi tetep.. :-w :-w :-w
help hellpp...

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Wed Jan 20, 2010 10:22 pm
by krisnadew
apa mungkin setelan klep yang tidak tepat gap nya yah,,jadi saat klep harusny udah nutup klep tsb masih buka, kalo harusny buka malah klep masih nutup, ,,
ikut bingung juga nih,,
mungkin temen-temen ada yang bisa bantu,,

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Thu Jan 21, 2010 5:17 pm
by shopin
itu posisi gigi masuk om yg kerasa ndut ndutan..
kalo posisi gigi netral, gak kenapa2..
yg jelas utuk stasioner awal aja gak rata,seperti ada udara balik gitu..
gejalanya hampir seperti kekurangan bensin...
tapi apa iya? kayaknya gak deh om...

apa memang klepnya??

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Thu Jan 21, 2010 5:53 pm
by krisnadew
coba disetting lagi carburator om,,terutama setelan udara..

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Thu Jan 21, 2010 6:02 pm
by shopin
gejalanya muncul waktu pake single carb om..
nah saking gemesnya,akhirnya malah ganti dual carb, trnyata penyakitnya sek tetep..

apa pengaruh vakum2?
vakum booster rem?
ato perlu cek bongkar delco??

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Thu Jan 21, 2010 8:51 pm
by shopin
kutip dr om PP

"Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Postby pauluspaska on Tue Aug 26, 2008 5:25 pm
Oh Iya Om Iphoer..bener...itu diganti kalo ada tetesan Oli. Hargana kalo gk salah Rp. 10.000

Delco kudu diservice kalo ada indikasi:

**Putaran mesin naik turun.
Ini jika karbu sehat RPM masih naik turun. Saya menemukan mekanisme pengatur timing yang nyambung ke vacuum yang maju mundur di dalem delco susah bergerak karena karat.

Bagian yang bergerak karena gaya sentrifugal di dalam delco juga kudu dilumasi biar lancar...."

nah tapi klo rpm tinggi posisi gas diinjek, jalan, koq g kenapa2 yak??
pernah juga pake segelundung delco milik mobil eks om momod,tetep ngginjal gt, gak stasioner...
bingung juga... :-w :-w :-w :-w

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Thu Jan 21, 2010 8:59 pm
by shopin
kutip dr om PP lagi..


"Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Postby pauluspaska on Wed Nov 26, 2008 9:00 am
hehehe...aku belum sempet mempelajari cara kerja vacuum master rem tuh...mungkin Om Onta yang kemarin blep..blep..blep

Aku duga waktu rem diinjek, ada seolah-olah kebocoran di vacuum sehingga RPM jadi turun. Kalau 'bocor'nya gede mesin jadi blep..blep..blep deh..."

apa benar pengaruh vakum booster rem??
soalnya klo posisi gigi netral/kopling diinjek dan gas dilepas,gak ad blep blep blepnya..
klo posisi gigi masuk, gas dilepas, kerasa ada blep blep blep nya...
makin bingung juga...

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Fri Jan 22, 2010 2:09 pm
by pauluspaska
Dulu mobil bokap punya gejala hampir mirip, waktu mulai maju, kopling kudu digantung panjang/lama banget, soalnya kalo langsung lepas mobil jadi ndut-ndutan. Trus sama bengkel yang dibongkar bagian kopling.

om shopin gejalanya mirip gak?

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Mon Jan 25, 2010 4:37 pm
by onta
Klo curiga Booster rem, coba pas ngerem dengerin bunyi desis di belakang pedal rem, atau jg bisa desis dari boosternya.
Klo desis brarti bocor.
Klo mau tes, coba selang booster dilepas, trus posisi checkvalve boosternya dibalik, tapi awas rem jadi keras banget.

Misalnya masih ada gejala ndut2, cek kopling dkk (transmisi)

[Post made via Mobile Device] Image

Re: gas dilepas, ndut ndutan..

Posted: Mon Jan 25, 2010 6:47 pm
by shopin
:evil: :evil: :evil: :evil:
TERNYATA GARA2 CUT OUT ATO KETOT OM...
maklum alternatorku bukan IC..
iseng2 kmaren ngukur tegangan di aki pas mesin mobil nyala..
ternyata tegangan yg masuk ke aki sampe 17Volt #:-s #:-s
trus matiin mesin,ukur tegangan di colokan yg masuk ke delco ternyata 14,5V :-s :-s #:-s :((
ggiilleee bener... kalah ntu reley by pass :lol: :lol:

setelah otak atik ketot,ternyata mobil bisa stasioner,meski akhirnya ketotnya rusak krna kbanyakan ditekuk.. :D
yg penting penyakit bisa ketemu!! :ymapplause:
tguin alternator baru dah.. sek belum dapet nih..