engine mati

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

engine mati

Post by b2199nb » Wed Feb 10, 2010 8:58 am

bingung mo bikin judul topiknya apa, tapi inti permasalahannya di engine lah pokokke om
rencana mo ganti delco segelundung tp masih bimbang, gara2nya sebelum engine mati rpm mati dulu
begini ceritanya dah 3 hari ini tiap manasin mobil, ntu mobil cuma idup kurang dari 5 menit, kurleb 2 menit pertama normal, masuk menit ke-3, rpm tiba2 mati, tapi engine masih idup, selang waktu dari rpm koit ke engine koit 40 detik.
Q : apa ada sangkut pautnya ama delco??? atau ada masalah lain para sepuh??
mohon pencerahannya dah puyeng nih GC q banyak bgt masalahnya :sad: :sad:
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: engine mati

Post by onta » Wed Feb 10, 2010 9:33 am

Kalau tertuduh sudah disepakati delco,
kebetulan pas ga mau start coba dilepas segelundung trus di experiment seperti saya kalau sempat.
Image

Itu tegangan ke coil diatas 300V, hanya dengan menggunakan adaptor 12 volt.
test ydm, membuktikan kalau fungsi CDI dan kumparan primer coil masih bekerja.

Kalau dilihat rpm mati duluan bisa jadi cdinya bermasalah, coba dicek dulu terminal sambungan ke delconya.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: engine mati

Post by b2199nb » Wed Feb 10, 2010 9:52 am

tx b4 om onta tp bisa dibantu ma gbr gak?? saya gak tau nama tp klo liat bentuknya pasti tau CDI tuh yg mana ya om?? jadi malu aku :oops: trus yg dimangsud sambungan delco ke CDI ntu yg mana juga om, soalnya dah ada niat mo ganti delco segelundung om 800rb normal gak barang ori, trus sempet ditawarin yg KW1 400rb katanya min kuat 3 taon
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: engine mati

Post by onta » Wed Feb 10, 2010 10:10 am

Ini ambil dari gambarnya om Paul (permisi ya Om ...)
itu kan ada tanda 1234, nah yg tempat dimana tanda tsb bersemayam itu namanya CDI.
1. Ke arah primary winding coil (+12V)
2. dari kunci kontak (+12V)
3. sinyal rpm
4. Ke secondary winding coil

Kalau dapet copotan ex singapore, kepala cdi warnanya merah muda seperti yg saya tes.

Bukannya mau nakut2in, namanya barang elektronik seperti cdi, kita ga tau gejala/sumbernya knp bisa mati.
Transistor/kapasitor berkualitas pasti bahannya lain dgn yg model2 taiwan/kw.
Contoh nyata, motherboard builtup macam IBM/HP kalau dibanding dgn MB yg abal2 performansinya jauh.
Belum lagi coilnya, yg isinya kumparan. yg sdh pernah ganti alternator model taiwan pasti tau bedanya.
kualitas kumparan jauh beda.

mending cari copotan klo bisa, yg masih bagus tentunya.
tentunya lg ada pertimbangan lain2 disesuaikan sikonnya.

[Post made via Mobile Device] Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: engine mati

Post by onta » Wed Feb 10, 2010 10:17 am

tambahan lagi kondisi coil bisa dicek dari tampilannya.
apa sdh retak atau masih mulus.
lanjut lagi ukur resistansi kumparan primary tanda 1 dan 4 di kisaran 0.3 - 0.5 ohm di bawah itu bisa bikin transistor CDI panas.
terus diukur jg dari kumparan primari ke kepala coil yg menuju busi ada di kisaran 9.444 - 14.160 ohm
selisih sedikit saja dari rentang tsb, coil wajib diganti.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: engine mati

Post by b2199nb » Wed Feb 10, 2010 1:39 pm

nah pas bgt nih MAAAAACCCCCAAAAAACCCCIIIIHHHHHHH BAAANNNNNNGGGGGGEEEEETTTTDDDDDD om onta.....
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: engine mati

Post by b2199nb » Wed Feb 10, 2010 1:41 pm

satu lagi om onta perlengkapan apa aja tuh selain alat buat ngukur ohm??? ada perlu kabel2 kah???
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: engine mati

Post by onta » Wed Feb 10, 2010 8:30 pm

cuma adaptor ama kabel secukupnya.
ground/(-) disambung langsung ke bodi delco.
spark dari koil dibuang ke bodi delco.

Waktu ngetes cdi, ga perlu rotor delco diputar 360,
cukup sampai bilah reluctor (item kaya blimbing) sejajar sama besi di sebelahnya.
diulang2 terus, macamnya: sejajar - engga - sejajar - engga

be safe lah sebelum dibongkar ingat2 cara/posisi pasangnya kembali

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: engine mati

Post by b2199nb » Thu Feb 11, 2010 8:55 am

siap om wah tararengqu bgt om onta
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: engine mati

Post by b2199nb » Mon Feb 22, 2010 12:19 pm

update dari si pektay : setelah 2 minggu pas gak idup gara2 delco ma coilnya koit, akhirnya kemaren dapet copotan delco segelungung 750rb :-o
gak mo ditawar, cuma tukeran sil ma yg lama punya, tp pas masangnya lagi, penuh perjuangan gak mo plek2...ntu delco ke head
akhirnya setelah baca bismillah dgn enak langsung plek gak pake tenaga :-?
test drive lancar cuma agak berat, masih blon distel emang bis idup, sangking senengnya langsung dipake muter2 jkt :-D
minggu depan lah tune up, sekalian las knalpot (ada yg bocor), ma masang kiriman dari om JARNO :D
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

Post Reply