Page 1 of 7

skir klep

Posted: Thu Jun 26, 2008 6:56 pm
by ketchiro
bgmana gue bisa tahu apa grand civic gue musti di skir apa tdk perlu?? dimana bengkel skir klep yg bagus dan abis brp spare part dan ongkos nya?? thx

nb : gc gue standart, tdk di pernah di modif, cuma karburator nya aja di jumper (gue kg tahu di apain sm bengkel mochtar) tp jadi enak kan tarikan nya

Re: skir klep

Posted: Thu Jun 26, 2008 7:22 pm
by iphoer
ketchiro wrote:bgmana gue bisa tahu apa grand civic gue musti di skir apa tdk perlu?? dimana bengkel skir klep yg bagus dan abis brp spare part dan ongkos nya?? thx

nb : gc gue standart, tdk di pernah di modif, cuma karburator nya aja di jumper (gue kg tahu di apain sm bengkel mochtar) tp jadi enak kan tarikan nya
Sekedar info aja nih (CMIIW), om ade pernah skir klep di apit jasana 400rb. Tergolong murah nih dibanding bengkel lainnya.
Tp diluar part ya..
Perlu gak nya di skir klep bisa keliatan jelas pas tune up. Blok head itu kan pasti dibuka.
Disitu bisa diliat warna kerak nya yang hitem tea'. Kalo masih bersih, ya gak perlu skir klep.
Kalo siang/terang bisa juga diintip lewat lubang buat ngisi oli. Mungkin yang udah pernah bisa bercerita disini.. Om ade ?? Om duuyy??

Re: skir klep

Posted: Thu Jun 26, 2008 8:57 pm
by badooy
ini niyyy... klo nyang musti di skir klepp.. gosong booo..
pantesan lari 140kph dah ngos2an.. :( :cry:
Pic0237.jpg
Pic0236.jpg
tp ane mah ini poto pas ganti head mitektek.. :mrgreen:
langsung kerasa banget booo bedanya...
P08.jpg
apalagi kalo polishnya bisa kek gini...
img051.jpg
jelaga karbon gara2 bensin butut pasti ogah nempel..
img052.jpg

Re: skir klep

Posted: Thu Jun 26, 2008 9:00 pm
by badooy
ketchiro wrote:bgmana gue bisa tahu apa grand civic gue musti di skir apa tdk perlu?? dimana bengkel skir klep yg bagus dan abis brp spare part dan ongkos nya?? thx

nb : gc gue standart, tdk di pernah di modif, cuma karburator nya aja di jumper (gue kg tahu di apain sm bengkel mochtar) tp jadi enak kan tarikan nya
wakss... maap gambarna kegedeann...

kalo IMHO sebab utama perlu skir klep:
- larina ngeden, gak plong..
- konsumsi bensin boros..
- blom pernah turun mesin dari jaman 90an.. heuheu..
(sampe perlu dipahat tuh karbonnya, bengkel tmn gw bilang.. wew)

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 12:29 am
by saitama
salam kenal brooo sesama grandy lover harus saling bantu kaan hehehe

kalo head yang item ( pic yang pertama ) tuh udah harus di bersihin total sebenernya skir klep tuh hanya karena terdapat kerak yang menumpuk di bagian klepnya entah di atas ataw di bawah mending kalo udah turun head sekalian aja suruh prting n polish

perlu di ingat bahwa porting n polish itu bukan memperbesar lubang intake ataw exhaust tapi menghaluskan pori2 yang terkena kerak yang terlalu menumpuk n udah keras banget ga bisa di bersihkan pake amplas biasa jadi ga usah takut untuk porting n polish

laen dengan scrub kalo scrub itu tujuan nya untuk memperbesar kompresi di ruang bakar biasanya di lakukan jika ingin ikut balapan yang membutuhkan tenaga besar ( hp gede belon tentu torsi gede )
ataw jika mesin udah pernah overheating secara extreme ( temperatur sampe mentookk ke atas itu wajib hukum nya harus scrub head karena permukaan nya molet

sekalian pada saat kita skir klep cek juga bos klep n setteng rumah klep nya kalo ada yang seret ganti aja bos klep nya dulu biasanya penggantian bos klep di barengi sama setteng klep nya

ngecek perlu ga nya di skir bisa di liat dari kompresi nya coba cek pake kompresi meter bawa ke bengkel aja kompresi std nya 14 bar kalo dia di bawah 14 bar berarti ada yang bocor kompresinya sehingga tenaga jadi loyo n bensin jadi boros

gituu aja deeehh maap kalo panjang dan laaaamaaa

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 6:11 am
by ketchiro
saitama wrote:salam kenal brooo sesama grandy lover harus saling bantu kaan hehehe

kalo head yang item ( pic yang pertama ) tuh udah harus di bersihin total sebenernya skir klep tuh hanya karena terdapat kerak yang menumpuk di bagian klepnya entah di atas ataw di bawah mending kalo udah turun head sekalian aja suruh prting n polish

perlu di ingat bahwa porting n polish itu bukan memperbesar lubang intake ataw exhaust tapi menghaluskan pori2 yang terkena kerak yang terlalu menumpuk n udah keras banget ga bisa di bersihkan pake amplas biasa jadi ga usah takut untuk porting n polish

laen dengan scrub kalo scrub itu tujuan nya untuk memperbesar kompresi di ruang bakar biasanya di lakukan jika ingin ikut balapan yang membutuhkan tenaga besar ( hp gede belon tentu torsi gede )
ataw jika mesin udah pernah overheating secara extreme ( temperatur sampe mentookk ke atas itu wajib hukum nya harus scrub head karena permukaan nya molet

sekalian pada saat kita skir klep cek juga bos klep n setteng rumah klep nya kalo ada yang seret ganti aja bos klep nya dulu biasanya penggantian bos klep di barengi sama setteng klep nya

ngecek perlu ga nya di skir bisa di liat dari kompresi nya coba cek pake kompresi meter bawa ke bengkel aja kompresi std nya 14 bar kalo dia di bawah 14 bar berarti ada yang bocor kompresinya sehingga tenaga jadi loyo n bensin jadi boros

gituu aja deeehh maap kalo panjang dan laaaamaaa
di supernova ada tdk alat cek kompresi?? kalo ada sbt ini gue mau ke sana mau cek, thx

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 7:51 am
by meneer
wuih...buset dah om 001 mah...ampe kaya kaca cermin gitu :o
iya om...daripada skir klep duank mending skalian PnP atuh...
tapi cari bengkel yang bagus ya...biar trasa before and afternya



[kompor mode : ON] :twisted:

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 7:59 am
by badooy
meneer wrote:wuih...buset dah om 001 mah...ampe kaya kaca cermin gitu :o
iya om...daripada skir klep duank mending skalian PnP atuh...
tapi cari bengkel yang bagus ya...biar trasa before and afternya



[kompor mode : ON] :twisted:
iya.. ntu ane foto di bengkelna om beny tuh.. di OSF..
emg wily ngerjainnya lebih lama, 2 minggu, tp hasilnya ya gitu, nampak mantap..

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 8:00 am
by badooy
ketchiro wrote:
di supernova ada tdk alat cek kompresi?? kalo ada sbt ini gue mau ke sana mau cek, thx
alatnya apa yah?
klo setau gw disana diukur manual, saat mesin turun, diitung bore, stroke, lingkar piston, dll.. (gak ngerti rumusna, rahasia dapurna.. heuheuheu... )

Re: skir klep

Posted: Fri Jun 27, 2008 10:37 am
by pauluspaska
Cara paling mudah memeriksa apakah kita kudu skir klep:

1. Cek kompresi.
Kompresi standar GC 13 dengan spare sampai 2 (turun). Klep yang offset membuat tekanan bocor.

2. Busi
warna ujung busi yang tidak merata dan mencurigakan. Hitam dan atau basah dicurigai silinder itu yang bocor. Klep yang offset juga bikin kotot busi

3. Intip ruang bakar
Kalau berwarna hitam karena jelaga (gak bisa lihat warna dasar piston) dicurigai klep gak duduk dengan baik.

Kalau mau skir klep sekalian PnP aja....soalnya sekalian bongkar.

Foto waktu gw dulu PnP udah dihapus di HP jadi gak bisa posting nih....
Parts yang diganti waktu PnP:
1. Seal klep
2. gasket manifold
3. dan parts lainnya yang bakal ketauan waktu turun 1/2 itu.....