Page 1 of 2

setting timing belt

Posted: Sat May 15, 2010 10:13 pm
by Himawan Kurnianto
Punyaku kok seting timing beltnya di loncatin 1 gigi ya???
Menurut manual book, gear atas yang kena noken as kan garis tandanya harus sejajar ma silinder kop.
Kalo disetting standart, larinya memble bgt.
Trus diloncatin 1 gigi (kalo dilihat dari samping kiri mobil, gear atas diputer ke kiri satu gigi baru dipasang deh timing beltnya).
Setelah di seting seperti itu, larinya jd enak, enteng and bensin ga boros. knp ya?
Mohon pencerahan ya... trims..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sat May 15, 2010 10:24 pm
by cokgus
Himawan Kurnianto wrote:Punyaku kok seting timing beltnya di loncatin 1 gigi ya???
Menurut manual book, gear atas yang kena noken as kan garis tandanya harus sejajar ma silinder kop.
Kalo disetting standart, larinya memble bgt.
Trus diloncatin 1 gigi (kalo dilihat dari samping kiri mobil, gear atas diputer ke kiri satu gigi baru dipasang deh timing beltnya).
Setelah di seting seperti itu, larinya jd enak, enteng and bensin ga boros. knp ya?
Mohon pencerahan ya... trims..

[Post made via Mobile Device] Image
Knp ga delco ma klep aj di seting om..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sat May 15, 2010 10:27 pm
by adi_vostro
emmm...mungkin posisi TOP nya piston kurang pas...jadi waktu noken as udah TOP, tapi piston belum TOP...bisa di cek, waktu posisi TOP cam gear, buka busi, masukin sedotan panjang ke lubang busi (piston nomor 1, ama diraba-raba ya Om, jangan sampe sedotan nya nyemplung ke buring)...puter puli bawah, perhatiin cam gear nya...sinkron kan dengan tinggi maksimal sedotan sama posisi TOP cam gear...posisi yang pas, cam gear TOP=sedotan tinggi maksimal...(sekali lagi, ati2 ma sedotan nya...jangan ampe nyemplung ke buring...bisa berabe, harus nyopot silinder head buat ngambil sedotan yang nyemplung)...

Re: setting timing belt

Posted: Sat May 15, 2010 10:28 pm
by 4rif
Himawan Kurnianto wrote:Punyaku kok seting timing beltnya di loncatin 1 gigi ya???
Menurut manual book, gear atas yang kena noken as kan garis tandanya harus sejajar ma silinder kop.
Kalo disetting standart, larinya memble bgt.
Trus diloncatin 1 gigi (kalo dilihat dari samping kiri mobil, gear atas diputer ke kiri satu gigi baru dipasang deh timing beltnya).
Setelah di seting seperti itu, larinya jd enak, enteng and bensin ga boros. knp ya?
Mohon pencerahan ya... trims..

[Post made via Mobile Device] Image
Setting sendiri, ato bengkel yang kerjain om?
recomendasi dari mana tu ya?

Re: setting timing belt

Posted: Sat May 15, 2010 10:41 pm
by Himawan Kurnianto
ceritanya gini, aku replace timming belt di bengkel lain kota.
Waktu pulang, kok gasnya trasa berat and larinya memble..
Balik dah ke bengkel langganan, distel klep ma delconya tetep ga bisa maksimal. Ditengok setingan timing belnya, kata mekaniknya sih udah pas.
Akhirnya cam gearnya diloncatin 1 gigi, katanya untuk mempercepat pengapian.
Dia bilang, udah hampir 2 tahun ini kalo pasang timming belt grand civic pasti diloncatin 1 gigi cam gearnya.
Memang bener, larinya jd enteng bgt.
Gimana nih???

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sun May 16, 2010 4:11 am
by cokgus
Posisi dlco gmn skrng om.Mentok di advance ya?...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sun May 16, 2010 3:38 pm
by ariphrp
adi_vostro wrote:emmm...mungkin posisi TOP nya piston kurang pas...jadi waktu noken as udah TOP, tapi piston belum TOP...bisa di cek, waktu posisi TOP cam gear, buka busi, masukin sedotan panjang ke lubang busi (piston nomor 1, ama diraba-raba ya Om, jangan sampe sedotan nya nyemplung ke buring)...puter puli bawah, perhatiin cam gear nya...sinkron kan dengan tinggi maksimal sedotan sama posisi TOP cam gear...posisi yang pas, cam gear TOP=sedotan tinggi maksimal...(sekali lagi, ati2 ma sedotan nya...jangan ampe nyemplung ke buring...bisa berabe, harus nyopot silinder head buat ngambil sedotan yang nyemplung)...
supaya aman pake Obeng panjang aja oom.. nggak nyemplung deh..

Re: setting timing belt

Posted: Sun May 16, 2010 6:34 pm
by onta
td pagi langsung eksekusi, sproket dimajuin ke depan satu gigi.
hasilnya hmmm, cm selisih dikit sih. agak spontan di putaran bawah. ditarik sampe rpm 4000 terasa lebih cepet.
selebihnya 4rb ga dicoba, wong selama ini hampir ga pernah nyenggol 5rb.
timing pengapian lebih maju dr biasanya.
sementara mau dibiarin dulu, menunggu laporan fc'nya.
klo lebih boros, ya dibalikin lagi.
yg pasti, beban kompresor ac masih berasa seperti yg dulu.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sun May 16, 2010 6:49 pm
by cokgus
onta wrote:td pagi langsung eksekusi, sproket dimajuin ke depan satu gigi.
hasilnya hmmm, cm selisih dikit sih. agak spontan di putaran bawah. ditarik sampe rpm 4000 terasa lebih cepet.
selebihnya 4rb ga dicoba, wong selama ini hampir ga pernah nyenggol 5rb.
timing pengapian lebih maju dr biasanya.
sementara mau dibiarin dulu, menunggu laporan fc'nya.
klo lebih boros, ya dibalikin lagi.
yg pasti, beban kompresor ac masih berasa seperti yg dulu.

[Post made via Mobile Device] Image
ditunggu laporanny om,ato om hirmawan bs kasi laporan fc'ny gmn?....Oh iya om onta,knp bs bgtu,trus dlco diseting lg ga?..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: setting timing belt

Posted: Sun May 16, 2010 7:15 pm
by zulindra
serius loh aku gak ngerti.. maksudnya dimajuin 1 gigi itu apa ya ?. trus yg dibahas stel klep atau timing belt ?