Page 1 of 2

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Wed Aug 04, 2010 3:00 pm
by irwans85
sebelumnya mau tanya dulu om...alesane ditutup kenapa ya??? kalo pemikiran "coro bodo" saya mungkin ga pa2 ya kalo cuma ditutup satu kan air nya masih bisa mengalir dari lubang2 yang lain...

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Wed Aug 04, 2010 3:06 pm
by fasc
bener, mang kalo di tukang radiator disogrok pake besi tipis
kalo masalah ditutup itu itung aja secara sederhana misal ada 20 saluran, ditutup 1 ya, kemampuan radiator tinggal 95%, xixi..

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Wed Aug 04, 2010 3:20 pm
by Kurniawan dicky
Saya pernah perhatiin servis radiator, memang begitu om... tutup atas dan bawah dilepas dgn solder (utk tutup yg sudah diganti tembaga). Lalu pipa2 kecil sodok2 besi tips ampe bersih. Biasanya kalo bocor ditutupnya bisa ditambal dengan cara disolder, tapi kalo bocor dibagian pipa2 kicil yg ada siripnya (kisi-kisi) akan susah untuk ditambal. Makanya agar masih bisa digunakan lubang pipa yg bocor dibuntu....lumayan sambil nunggu dana utk ganti radiator baru...Selagi indikator temp masih batas normal oke-oke saja om.. artinya radiator masih mampu ngademin mesin..

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Wed Aug 04, 2010 3:22 pm
by irwans85
dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...

[Post made via Mobile Device] Image

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Thu Aug 05, 2010 11:24 am
by arozi
irwans85 wrote:dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...

[Post made via Mobile Device] Image

[Post made via Mobile Device] Image
cara liat sirkulasi, pas pagi mau manasin mesin liat aja apakah air nya setelah hangat muncrat-muncrat atau tidak... kalo muncrat-muncrat berarti sebagian besar dah tersumbat lagi.
saran saya sebulan sekali buka nipple bawah, kuras airnya pake air bersih yang mengalir sambil nyalain mesin.
dijamin bakal lancar sirkulasinya.

kalo saya pake air sisa kondensasi AC yang saya saring kembali pake kaos, perasaan sih adem banget meski lama disimpen di botol aqua.

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Thu Mar 01, 2012 4:18 pm
by azerocks
arozi wrote:
irwans85 wrote:dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...

[Post made via Mobile Device] Image

[Post made via Mobile Device] Image
cara liat sirkulasi, pas pagi mau manasin mesin liat aja apakah air nya setelah hangat muncrat-muncrat atau tidak... kalo muncrat-muncrat berarti sebagian besar dah tersumbat lagi.
saran saya sebulan sekali buka nipple bawah, kuras airnya pake air bersih yang mengalir sambil nyalain mesin.
dijamin bakal lancar sirkulasinya.

kalo saya pake air sisa kondensasi AC yang saya saring kembali pake kaos, perasaan sih adem banget meski lama disimpen di botol aqua.
ini thread udah lama banget sih, tapi berhubung butuh bertanya jadinya weh kudu nanya "om, minta petunjuknya dunks, bagian nipple bawah (asumsi saya sih di radiator) tuh lokasinya disebelah mana ya? saya udah gatel pengen coba kuras sendiri air radiator tapi masih aja belom berani dan belom tau caranya. maksudnya hal-hal apa aja yang harus diperhatikan saat kuras air radiator sendiri, selang-selang mana yang harus dilepas, selang-selang mana yang gak boleh dioprek, dsb. plis help ya"

makasiiiih... :)

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Thu Mar 01, 2012 4:44 pm
by adeindra
katub buat pembuangan adanya di sisi kanan bawah om (drivers side)
kurang lebih dibawah selang yang bawah

namun perlu diliat dulu tuh radiator masih aseli engga... kemungkinan kalo bagian bawah radiator udah engga aseli yang plastik ya bakaln engga ada tuh nipple
so, kalo mau nguras ya harus buka selang radiator yang bawah itu

yakin pingin nguras sendiri om? engga serahkan ke yang ahlinya aje? :D biar sekalian dibersihin engga cuma dikuras aje

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Mon Mar 05, 2012 3:29 pm
by azerocks
jadi gak yakin neh om Ade... =))

sekitar 6 bulan yang lalu saat servis AC (isi freon dan servis kompressor) pernah dibilangin ma tukangnya kalo salah satu radiatornya udah bukan yang bawaan LXnya lagi, udah pake yang punya genio, tapi sy lupa yang copotan genio tu radiator yang mana (depan atau belakang), atau jangan-jangan itu akal-akalan dia aja ya? [-(

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Mon Mar 05, 2012 7:09 pm
by choElo98
kalo genio radiatornya cuma separo GC om.
menurut saya kalo untuk kuras radiator/mengganti air saluran tidak sulit, bisa DIY om.
selang dari mesin ke radiator di copot,lalu slangnya hubungkan ke sumber air.
sumber air yg mengalir ya om spt air ledeng/mesin pompa, hidupkan mobil maka air tadi masuk radiator trus ke blok mesin trus langsung keluar. lakukan sampai air g keluar bersih.

Re: Pengalaman servis radiator.....Grr!!

Posted: Wed Mar 07, 2012 1:15 pm
by Ctrl_Alt_Del
ga nyopot selang radiator-mesin jg bisa koq..
buka tutup radiator, buka drain bawah, nyalain mesin sambil lobang tutup radiator sambil di colok selang sambil dialirin air keran rumah..