HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Koboy » Sun Nov 21, 2010 12:29 am

Sebenernya masalah ini udah lama saya alami, dan tiiiiiiiiiiiaaaap hari selalu bawa mobil rpm drop, staternya susah. gak tau ini ada hubungannya ato gak.
Masalahnya begini.....
Barusan kemaren saya terpaksa ke bengkel dinamo... dikarenakan wkt starter susah bgt (soalnya mesin mati ), setelah dibengkel dinamo, mekaniknya bingung karena baru ngalami spt ini baru kali ini......soalnya pada wkt mesin blom nyala, volt aki dicek normal, sekitar 12,6 V tapi begitu mesin nyala Voltnya gak beraturan sampe gak kebaca. Volt meternya yg digital gak keluar angka voltnya (seperti angkanya muter cepet gitu lo ). kenapa itu ya om-om sekalian.....tolong pencerahannya.....
yg sampe hari ni sdh saya lakukan, dinamo start, dinamo ampere sdh diservice.
mobil kok akhir-akhir ini sering masuk bengkel terus....tolong dong suhu-suhu semua.......siapa tau ada yg sdh pernah ngalamin kaya gini....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cebong
GC Noob
GC Noob
Posts: 196
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:20 am

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by cebong » Sun Nov 21, 2010 2:24 am

gak pernah ngalamin tu om klo kek gtu..
serem bener volt meter nya mpe gak sanggup baca.
mending cek semua kelistrikan aja om..
dr yg kecil2 kek sekring2 trus alternator jg mgkn dari sana problem nya...
klo soal masalah maklum om...
mobil da tua...
yg sabar aja justru disitu seninya... :D

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by onta » Sun Nov 21, 2010 7:01 am

jgn pk yg digital kl avonya ga ada fitur average.
pk aja yg jarum dl.
bisa jd, ic regulator di alternator sdh uzur.

Sent from my E15i using Tapatalk

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by ariphrp » Sun Nov 21, 2010 7:44 am

alternatornya dah dicheck belum Oom..

bisa jadi ngedrop terus karena alternator dah minta dimadu.. :))

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Koboy » Sun Nov 21, 2010 4:33 pm

> om onta : lho......emang kalo gigital ama yg jarum apa ada bedanya ya..... saking bingungnya sampe sy beli avo meter nih om... tp yg jarum. untuk ic regulator gak masalah..... soalnya alternator udah sempet kabelnya dilepas ( seolah gak pake alternator ) jadi nyobanya starter udah gak pake alternator alias pake aki doang. tetep aja voltnya gak bisa anteng om. apa ada hubungannya sama spt bunyi seperti lampu sent hazard cetik...cetik...cetik.... ( kalo kita buka pintu, seperti suara sent nyala ) tapi gak nyala.... dan kalo pake remot, dilampu depan sama lampu rem belakang gak nyala ( cuma suara remot tok ngunci dan buka ). dan kadang central lock wkt mbl jalan bisa buka sendiri ato ngunci sendiri. apa mungkin ada hubungannya ya om....tolong ya om... thanks.

> om arip : alternator sudah diservice, dan gak papa. msh bagus. ganti pull bosternya pun nggak. msh bgs semua katanya bengkel.... cuma sayangnya waktu bongkar dan masang saya gak ngliat om.... kalo memang minta dimadu sih ok-ok aja sih.....hahahahahaha....
sekedar info aja, pokoknya waktu mesin mati dicek volt aki normal, kunci kontak, diputer on turun dikit voltnya ( kalo aku pikir sih gak mslh ), tapi begitu mesin nyala....angkanya langsung berantakan...dan itu sdh sampe minta tolong temen yg jual part bekas saya suru bw delco segelundung 2 biji. tapi ternyt dicoba delco copotan pun sama. soalnya dugaan mekanik dinamo itu cm tinggal CDI, ternyata bukan.... hik...hik.... .renc sih mau panggil montir dtg rmh urusan perkabelan. tp takut biaya ganti wiring mhl, jd msh maju mundur...

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Koboy » Sun Nov 21, 2010 4:36 pm

cebong wrote:gak pernah ngalamin tu om klo kek gtu..
serem bener volt meter nya mpe gak sanggup baca.
mending cek semua kelistrikan aja om..
dr yg kecil2 kek sekring2 trus alternator jg mgkn dari sana problem nya...
klo soal masalah maklum om...
mobil da tua...
yg sabar aja justru disitu seninya... :D
kalo sekring, dan kabel2 yg ada di kap mesin udah dicek om..sampe kabel2 dibawah dashbord , sampe kabelnya berantakan yg dibwh setir... sampe kadang nyantol di kali wkt injek rem.... payah kok.... musti cr pelan2 dan sabar nih....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Pa'de Gung » Mon Nov 22, 2010 12:08 am

Setuju om onta, om arip....
Dugaan saya...karna arus yg kluar dari alternator ga murni DC.
Didalam altenator ada 4 dioda yg berfugsi merubah arus AC menjadi DC, jika salah satu dioda sort maka arus AC akan keluar bercampur dengan DC, ini yg menyebabkan AVO meter digital error. Kalo pake AVO analog pun bacaannya juga ga akan bener, karena arus yg keluar tidak benar2 rata.

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Koboy » Mon Nov 22, 2010 1:10 am

lho om pa'de...... emang dimobil bisa ngluarin arus AC? jadi menurut om itu harus gimana? padahal sudah saya service itu alternator..... apa yang hrs diganti? ato mungkin hrs diakalin? mungkin bisa bantu om pa'de......

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Pa'de Gung » Mon Nov 22, 2010 1:26 am

Pada dasarnya alternator adalah generator AC om....dirubah menjadi DC melalui 4 buah dioda ato kiprok, kalo 1 dioda sort (hubung singkat) setengah siklus akan menjadi DC dan setengahnya lagi AC.
Kalo betulin alternator belum pernah om....coba dicek bengkel lagi, kali ada dioda yg wafat.....

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: HELP.......Masalah Kelistrikan Aki

Post by Koboy » Mon Nov 22, 2010 2:36 am

siap om....bsk pagi saya lsg meluncur ke tukang dinamo...... hasilnya saya kabarin malemnya om. thanks ya om.......

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply