[quote="tuan takur"]mau nanya dong wahai para om-om
radiator grand civic ane kok suka bermasalah ya...
pernah suhunya naek ampe pol, lalu air radiatornya sering ketampung di tempat air radiator cadangan mendidih pula lagi
--------air radiator yg panas tentu akan mengalir ke reservoir (tangki air) karena ruangan di radiator tidak mampu menampung volume air yg mendidih tsb (ya kaya kita lagi rebus air aja lah, kalo mendidih kan pasti luber tuh),
tetapi air tersebut akan terhisap kembali oleh kevakuman di radiator saat temperaturnya sudah "normal" (di bawah titik didih) kembali.
Masalah akan muncul apabila pegas di tutup radiator sudah lemah, karena air yg masuk ke reservoir tadi tdk mau masuk lagi ke radiator yg akibatnya air akan terus mengalir ke reservoir (saat mendidih) dan akan terbuang keluar.
Jadi musti ganti tutup radiatornya
Kalo ternyata tutup radiator tdk bermasalah musti dicek lagi apakah panasnya saat jalan kenceng atau saat kondisi macet.
padahal thermostat udah pernah diganti
-------thermostat fungsinya untuk mengontrol buka tutup klep untuk sirkulasi air yg tujuannya untuk menjaga temperatur mesin berada pada temperatur kerjanya yg optimal, jadi klep tsb akan tertutup saat mesin masih "dingin" dan akan terbuka saat mesin sudah mulai "panas".
pernah kata bengkel, katanya tu mobil harus turun mesin setengah, tapi belom ane laksanain si, mahal soalnya+sayang...
hehehehe....
--------turun setengah dilakukin apabila memang kerak di "water jacket" sudah parah dan apabila cylinder head sudah melenting.
tanda2 melenting yaitu air radiator tsb akan tercampur dgn oli mesin atau air radiator akan ikut terbakar di ruang mesin.
akhirnya radiator dikuras, dan gejalanya sempet ilang, tapi setelah dipake setaun begitu lagi
---------pastikan anda memakai cairan pendingin yg tepat, jangan pake air kran.......kalo gw pake prestone.
nah kalo begitu gejalanya kenapa ya om??
mohon bantuannya
---------semoga membantu......
CMIIW.....