Page 1 of 4

Kompresor AC

Posted: Thu Feb 03, 2011 8:45 pm
by agung211207
Mohon bantuannya rekan2, sy nb nih
lx saya th 89, kemarin masalah di acnya, pertama ac masih jalan dan dingin, tetapi dinginnya 2 menit setelah itu mati kompresor dan ga dingin bisa sampe 5 menit dan rpm naik jadi 1500rpm. setelah saya bawa ke bengkel ac katanya cenriknya(kalo ga salah) jadi ada kabel yg di puli kompresor dilngsungkan dengan kelistrikannya, dan setelah itu diisi froen lagi,hasilnya dingin sekali selama 2 hari setelah itu kompreso kaya kebakar ngeluarin asap dan bunyi ngrok2. saya bawa balik ke bengkel katanya kompresornya yg kena dan harus ganti.
yg saya tanyakan kompresor merek aslinya apa dan type berapa? serta masih diproduksi ga sih?
bengkel rekomen ke saya denso dan harus dirubah dudukannya (agak mikir juga kalo harus rubah).
kira2 harganya berapa ya?
kalo ada bengkel rekomendasi dilampung dimana ya.
Tks

Re: Kompresor AC

Posted: Thu Feb 03, 2011 10:15 pm
by ariphrp
saya tempo hari beli copotan di Pasar palmerah dapet 850rb oom.. kondisi masih bagus tuh..

Saya belinya dikirim ke Pontianak, sebelumnya juga pernah beli untuk Classy di toko itu juga..

Prioritas Motor (A Jung AC) HP 0811982906
Pasar Palmerah Blok B Lantai III no55
Jakarta Pusat telp 021-5309120

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 1:06 am
by *jarno*
Ori-nya Sanden TR 70. Udah susah dicari.. Kalo mo ganti pake copotan genio/ferio aja,tinggal rubah dudukan sedikit (katanya).

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 7:44 am
by Kurniawan dicky
Waah, sayang bener tuh ampe jebol kompressor om...mungkin yg dimaksud thermis nya om, itu untuk mutus arus kalo kompressor terlalu panas, sayangnya sama tukang AC kok malah dilangsungin....jadi kebakar kepanasan.
GC saya pernah begini, kalo kompressor AC kepanasan langsung gak bekerja, rpm naik blower sama lampu AC tetap nyala tapi gak dingin. Kalo dimatiin beberapa saat ok lagi. Penyebabnya bisa jalur pipa freon tersumbat jadi kompressor kerja berat, bisa juga kekurangan oli juga bisa bikin kompressor panas, atau bearing2 udah macet.

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 9:11 am
by pauluspaska
Ini yang mungkin dibilang tukang AC mobil kalau sisitem AC kita itu harus diservice total secara berkala, untuk menemukan sebelum timbul gejala, masalah yang akan menjadi gejala kerusakan. Walau AC mobil saya 2 thn gak bermasalah, beberapa waktu yang lalu saya bawa service. Oleh tukang AC langganan diperiksa semuanya.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 10:58 am
by kokoktama
Ikutan tanya om-om skalian. Kemaren abis ngecek2 lampu yang konslet eh malah nemuin sekring ac di engine bay meleleh. dah ak ganti eh meleleh lagi. kira2 apanya ya om?mungkin ada yg bisa bantu?? apa kompresor mengalami gangguan?

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 11:24 am
by Kurniawan dicky
kokoktama wrote:Ikutan tanya om-om skalian. Kemaren abis ngecek2 lampu yang konslet eh malah nemuin sekring ac di engine bay meleleh. dah ak ganti eh meleleh lagi. kira2 apanya ya om?mungkin ada yg bisa bantu?? apa kompresor mengalami gangguan?
Sepertinya magnet clutch di kompressor udah minta ganti om...jangan dipaksain dengan ganti sikring terus2an, bisa bisa kabelnya yg meleleh...

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 11:14 pm
by Pa'de Gung
kokoktama wrote:Ikutan tanya om-om skalian. Kemaren abis ngecek2 lampu yang konslet eh malah nemuin sekring ac di engine bay meleleh. dah ak ganti eh meleleh lagi. kira2 apanya ya om?mungkin ada yg bisa bantu?? apa kompresor mengalami gangguan?
Kalo semua normal tapi sekring tetep meleleh, mungkin soket skringnya yg kotor ato longgar om, koneksi yg tidak bagus antara soket dan sekringnya akan menimbulkan panas.

Re: Kompresor AC

Posted: Fri Feb 04, 2011 11:37 pm
by ariphrp
Saya pernah gitu akhirnya sembuh dengan bikin sekering di luar box sekering itu.. sehat sampai sekarang..
kayaknya karena socket longgar aja..

Re: Kompresor AC

Posted: Thu Feb 10, 2011 11:57 pm
by mads
yak ini penyakitnya sama persis sis sis sama saya pas sehari sebelom berangkat gath bandung kemaren.. :((

awalnya ac bener2 aja ga ada masalah..ditengah jalan2 tiba2 rpm naik dan ac ga dingin om,pas di cek ga lama kompresor mutus sendiri dan ternyata sekring putus..coba ganti sekring tapi ga lama putus lagi..

setelah cek ricek masalah ada di magnet kompresor AC om..indikasi nya kaya yg diceritain om diki,rpm tiba2 tinggi dan kompresor mutus..cm berhubung punya saya udh parah magnetnya (ampe bau gosong) jdnya konslet mulu (sekring putus)..

ga perlu ganti kompresor kok om,cm ganti magnet,laher,sama isi freon ulang aja..abis cm 350 ribu di bengkel langganan anak2 gc.com