Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
-
- GC Noob
- Posts: 60
- Joined: Tue Dec 08, 2009 11:00 pm
Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
Kemaraen aku ke bengkel..., karena mobilku suka ngelitik. stelah disarankan oleh bengkel untuk cek kompresi hasilnya Sbb :
Cylinder no.1 = 15,5
Cylinder no.2 = 15,0
Cylinder no.3 = 14,8
Cylinder no.4 = 15,8
Setelah melihat hasil test tersebut si bengkel bilang mas ini kompresinya ketinggian.., soalnya disetel posisi delco standar ngelitik banget, memang
sebelunya pernah di scrap head gara2 air nya masuk. Yang saya tanyain apakah benar itu karena kompresinya ketinggian om kok ngelitik banget, setelah timing di setel kebelakang emang ga nglitik.. tetapi tarikannya berat. Mohon wangsitnya ya om..Thanks
Cylinder no.1 = 15,5
Cylinder no.2 = 15,0
Cylinder no.3 = 14,8
Cylinder no.4 = 15,8
Setelah melihat hasil test tersebut si bengkel bilang mas ini kompresinya ketinggian.., soalnya disetel posisi delco standar ngelitik banget, memang
sebelunya pernah di scrap head gara2 air nya masuk. Yang saya tanyain apakah benar itu karena kompresinya ketinggian om kok ngelitik banget, setelah timing di setel kebelakang emang ga nglitik.. tetapi tarikannya berat. Mohon wangsitnya ya om..Thanks
- adi_vostro
- GC Maniac
- Posts: 1051
- Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
- Location: jogja-semarang
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
Weeee....tinggi tu Om kompresinya..yakin cuma papas ngeratain head yang melengkung?atau piston diganti sama yang dome(jenong)?
Emang cilynder head nya dipapas berapa mili?
Kompresi tinggi butuh bahan bakar yang lebih tinggi oktannya biar nggak ngelitik..coba de Om pake pertamax,pasti ngelitik nya berkurang..kalo memang mau pake premium,solusi nya ya harus bongkar cilinder head,trus packing head nya di dobel,biar kompresi turun..
Atau bisa juga di coba cara yang gampang dulu..busi di ganjal pake ring 2 mm..kompresi bisa berkurang,walaupun nggak terlalu banyak berkurangnya...
[ Post made via BlackBerry ]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/BlackBerry.png)
Emang cilynder head nya dipapas berapa mili?
Kompresi tinggi butuh bahan bakar yang lebih tinggi oktannya biar nggak ngelitik..coba de Om pake pertamax,pasti ngelitik nya berkurang..kalo memang mau pake premium,solusi nya ya harus bongkar cilinder head,trus packing head nya di dobel,biar kompresi turun..
Atau bisa juga di coba cara yang gampang dulu..busi di ganjal pake ring 2 mm..kompresi bisa berkurang,walaupun nggak terlalu banyak berkurangnya...
[ Post made via BlackBerry ]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/BlackBerry.png)
![Image](http://i1009.photobucket.com/albums/af212/adi_vostro/DSC00247-1-1.jpg)
whity luphly hunny bunny sweety.......
-
- GC Noob
- Posts: 60
- Joined: Tue Dec 08, 2009 11:00 pm
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
@adi_vostro.., Iya bos jadi suka nglitik kalo diajak jalan, itu tinggi banget ya mas..?? kalo ngepapasnya sih aku kurang tahu sampai berapa, karena ga begitu ngerti om. saya sempet sebel sama tuh bengkel knp ga punya perhitungan yang bagus., untuk kompresi normalnya berapa mas..?? kalo rencana sih mau saya beliin head standar ajah mas.., kira2 kompresi bisa normal ga ya..??
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
walah, itu mah tinggi banget om kompresinya
... mestinya pake bensol kayanya... pertamax plus aja kan kalo ga salah maksimal ampe 12 apa 13 gitu....
coba om ganti bbmnya dulu pake pertamax plus..kalo masih ngelitik ato pengen pake premium, kompresinya diturunin aja... coba sarannya om adi, bisa juga tuh kayanya...
![Surprised :o](./images/smilies/icon_e_surprised.gif)
coba om ganti bbmnya dulu pake pertamax plus..kalo masih ngelitik ato pengen pake premium, kompresinya diturunin aja... coba sarannya om adi, bisa juga tuh kayanya...
-
- GC Noob
- Posts: 60
- Joined: Tue Dec 08, 2009 11:00 pm
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
@abah.. : Emang tinggi banget ya om..?? mangkanya kok abis OH ga berasa enaknya ternyata ketinggian kompresinya ya.., kalo dibeliin head GC yang standar bisa ga om kembali ke normal lagi kompresinya..?? Soalnya kemaren juga OZ ke 0.50
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
Pertamax plus gak bakal nolong om.
Tinggi bgt kompresinya.
Tp agak ragu klo cuma papas head bisa sampe tinggi gtu.
Apa lg klo piston ms std.
Susa lo naekin kompresi mpe 15.
Piston ada ganti y om?
Cb pindah bengkel yg udah ada nama om.
Ngecek aja jadi pasti masalah dmn.
Masi ragu bs 15.
Kebyakan papas head jg nabrak la klep ke piston.
[ Post made via Mobile Device ]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/Mobile%20Device.png)
[ Post made via Mobile Device ]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/Mobile%20Device.png)
Tinggi bgt kompresinya.
Tp agak ragu klo cuma papas head bisa sampe tinggi gtu.
Apa lg klo piston ms std.
Susa lo naekin kompresi mpe 15.
Piston ada ganti y om?
Cb pindah bengkel yg udah ada nama om.
Ngecek aja jadi pasti masalah dmn.
Masi ragu bs 15.
Kebyakan papas head jg nabrak la klep ke piston.
[ Post made via Mobile Device ]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/Mobile%20Device.png)
[ Post made via Mobile Device ]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/Mobile%20Device.png)
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
betull.... itu kayaknya salah ngitung deh... kalo hanya pernah papas head ennga bakal sampe setinngi itu
tapi kalo mau nurunin kompresin bisa dengan cara yang om adi vostro bilang
paking headnya pake paking headnya genio aje om nantinya kalo mau buat nurunin kompresi biar agak tebelan
tapi kalo mau nurunin kompresin bisa dengan cara yang om adi vostro bilang
paking headnya pake paking headnya genio aje om nantinya kalo mau buat nurunin kompresi biar agak tebelan
- Kurniawan dicky
- GC Whore
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
dari manual book: STD kompresi 13kg/cm3, batas minimum 9.5kg/cm3....
Mungkin alat ukur serta cara pengukurannya gak standar, coba cek dibengkel yg lain om..
Mungkin alat ukur serta cara pengukurannya gak standar, coba cek dibengkel yg lain om..
- adi_vostro
- GC Maniac
- Posts: 1051
- Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
- Location: jogja-semarang
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
Harga head copotan eks singapore sekarang ya kurang lebih 1 juta an..
Coba Om di cek posisi TOP cam gear uda pas belum..sapa tau mleset terlalu maju...kalo terlalu maju memang setting an delco jadi mundur banget..
Kalo memang uda TOP nya bener,ya brarti memang harus turun kompresi...
[ Post made via BlackBerry ]![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/BlackBerry.png)
Coba Om di cek posisi TOP cam gear uda pas belum..sapa tau mleset terlalu maju...kalo terlalu maju memang setting an delco jadi mundur banget..
Kalo memang uda TOP nya bener,ya brarti memang harus turun kompresi...
[ Post made via BlackBerry ]
![Image](http://grandcivic.com/images/mobile/BlackBerry.png)
![Image](http://i1009.photobucket.com/albums/af212/adi_vostro/DSC00247-1-1.jpg)
whity luphly hunny bunny sweety.......
Re: Mo Nanya Masalah Kompresi nih ...
om dicky, klo liat dari spec d15 di wikipedia gc standart kompresi di 9,2:1 brarti data yg om dicky kasi 13kg/cm3.Kurniawan dicky wrote:dari manual book: STD kompresi 13kg/cm3, batas minimum 9.5kg/cm3....
Mungkin alat ukur serta cara pengukurannya gak standar, coba cek dibengkel yg lain om..
jangan2 15 koma sekian itu dalam kg/cm3.
saya gak ngerti konversi nya.
tapi masuk akal juga 13kg/cm3 jadi 15an karna papas head.
brarti bukan kompresinya 15:1.
btul gak om y logikanya???
ini ada gambar dari forum laen diluar bangun d15b2 piston pake flat jg PM3 head nya papas abis sampe serem liat nya karna org itu ngejar kompresi buat cam racing, piston jg kena coak.
itu pun kompresinya pertama dy kira 13:1 rupanya pas di cek 11an:1.
ini penampakan head nya om..
![Image](http://i277.photobucket.com/albums/kk45/nge_cbg/chamber3.jpg)
![Image](http://i277.photobucket.com/albums/kk45/nge_cbg/chamber2.jpg)
gimana serem kan om??
makanya saya bingung koq bisa 15:1 cuma papas head buat rata aja.
btul ne kata om adi..adi_vostro wrote:Harga head copotan eks singapore sekarang ya kurang lebih 1 juta an..
Coba Om di cek posisi TOP cam gear uda pas belum..sapa tau mleset terlalu maju...kalo terlalu maju memang setting an delco jadi mundur banget..
Kalo memang uda TOP nya bener,ya brarti memang harus turun kompresi...
[ Post made via BlackBerry ]
bisa jadi top nya lari.
top lari tenaga emang gak ada lo om..
bisa jadi lari 1 mata aja delco mesti mundur banyak..
moga bisa cerah dikit y om share bareng2...