Page 1 of 3

Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 10:51 am
by pauluspaska
Siapa yang udah turun mesin nih?

(hehehe dasar tukang ngoprek sendiri, turun mesin aja masih diitung-itung mau dikerjain sendiri.....)

JS Badudu : On

Ada beberapa pertanyaan yang sekiranya saya tanyakan:
1. Oversize berapa biasa yang dilakuin?
2. Biaya apa saja yang keluar/habis?
3. Pernah ganti part yang bukan OEM Grandy? seperti piston Genio. Ada efek?
4. Pernah overbos
5. Biaya tukang bubut berapa?
6. Bengkel rekomended?
....mulai ngaco gaya penulisan.....
7. Biaya printilan...spare part....

Setelah turun mesin, apa efeknya? Tenaga, irit, kompresi....
Pernah ada dapat hasil turun mesin tidak sesuai harapan?

Rencana turun mesin adalah untuk:
1. Kembalikan kompresi jadi rata-rata 11 untuk tiap silinder
2. menyegarkan kembali keadaan mesin.
3. Bersihkan mesin dari kotoran.

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 12:35 pm
by Nawee
pauluspaska wrote:Siapa yang udah turun mesin nih?

(hehehe dasar tukang ngoprek sendiri, turun mesin aja masih diitung-itung mau dikerjain sendiri.....)

JS Badudu : On

Ada beberapa pertanyaan yang sekiranya saya tanyakan:
1. Oversize berapa biasa yang dilakuin?
2. Biaya apa saja yang keluar/habis?
3. Pernah ganti part yang bukan OEM Grandy? seperti piston Genio. Ada efek?
4. Pernah overbos
5. Biaya tukang bubut berapa?
6. Bengkel rekomended?
....mulai ngaco gaya penulisan.....
7. Biaya printilan...spare part....

Setelah turun mesin, apa efeknya? Tenaga, irit, kompresi....
Pernah ada dapat hasil turun mesin tidak sesuai harapan?

Rencana turun mesin adalah untuk:
1. Kembalikan kompresi jadi rata-rata 11 untuk tiap silinder
2. menyegarkan kembali keadaan mesin.
3. Bersihkan mesin dari kotoran.
coba jwb ah:
1. tergantung parah ngga, usually batas max. 0.5, diatas itu mending ganti blok msn. :mrgreen:
2. tergantung yg rusak apa, yg pasti paking full set... ;)
3. Bknnya Nova om oktav pernah ganti pake piston city Z di barto wkt turun msn kmrn... :)
4. overbos = oversize bedanya opo :?: :?:
5. tiap tukang bubut punya hrg beda2, kmrn mbl 4x4 oversize 0.5 70rb satu lobang di tangerang.
6. Ini yg suseh, tergantung selera nusantara + kantong.. :mrgreen:
7. filter udara, filter oli, filter bensin, oli mure aje tuk inreyen, radiator coolant.

yang pasti after overhaul enjin, msn jd enteng tarikannya, suara msn alus,
irit BBM tapi mesti diukur before & afternya nih... :) :) :)

asik ntar lagi ada yg DIY: OVERHAUL ENJIN GC

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 12:53 pm
by meneer
Nawee wrote:
coba jwb ah:
1. tergantung parah ngga, usually batas max. 0.5, diatas itu mending ganti blok msn. :mrgreen:
2. tergantung yg rusak apa, yg pasti paking full set... ;)
3. Bknnya Nova om oktav pernah ganti pake piston city Z di barto wkt turun msn kmrn... :)
4. overbos = oversize bedanya opo :?: :?:
5. tiap tukang bubut punya hrg beda2, kmrn mbl 4x4 oversize 0.5 70rb satu lobang di tangerang.
6. Ini yg suseh, tergantung selera nusantara + kantong.. :mrgreen:
7. filter udara, filter oli, filter bensin, oli mure aje tuk inreyen, radiator coolant.

yang pasti after overhaul enjin, msn jd enteng tarikannya, suara msn alus,
irit BBM tapi mesti diukur before & afternya nih... :) :) :)

asik ntar lagi ada yg DIY: OVERHAUL ENJIN GC
sepertinya yg dimaksud om PP adalah mengembalikan ke ukuran semula atw oversize 0 (seperti ganti boring kalo di R2 kali yah)

wah...kalo ada DIYnya ya ditunggu nih :lol: :mrgreen:

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 4:10 pm
by pauluspaska
Pengen DIY sendiri niiih :mrgreen: Tapi gak pede bongkar mesin....
Ada montir yang bisa ngerjain di rumah...tapi kemarin konsul ke org yng pengalaman ternyata kerjaannya banyak deh....
Gak cuma bongkar "NGOLONG".....tapi diturunin bener2 buat ukur oversize berapanya.....

Temen saranin supaya pake piston Genio yang ring olinya lebih baik dari GC...

Diitung-itung buat spare part yang bagus punya (termasuk piston Genio, termasuk metal jalan, metal duduk, metal bulan) total Rp. 1.6 KK

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 4:27 pm
by yog134et
Kebetulan sekarang lagi turun mesin neh om paul... malah on progess neh dirumah gw.. :P :P

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Tue Aug 19, 2008 4:45 pm
by pauluspaska
Gw kesana ya Om Y....
tolong sediain kamar.....kupi...sama cemilan....gw bantuin DIY deh.....pengen nyusun mesin dari awal....tapi pan itu udah segelundung belinya ya?....jadi gak sempet liat jeroannya....

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Wed Aug 20, 2008 1:12 pm
by yog134et
yup betul om.. udh segelundung..!!

siang ini udh selesai... setelah dua hari dua malam itu montir nginep di rumah gw.. :)

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Wed Aug 20, 2008 7:25 pm
by Kurniawan dicky
pauluspaska wrote:
Setelah turun mesin, apa efeknya? Tenaga, irit, kompresi....
Pernah ada dapat hasil turun mesin tidak sesuai harapan?
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
GC gw salah satunya.... turun,... gagal..

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Fri Aug 22, 2008 3:54 pm
by saitama
ganti pake piston lebih gede oversize maksimal bisa sampe 150

punya pake piston taruna kalo di itung sama punya gc oversize nya 125

efek nya yaaa kompresi lebih gede aja ngaruh sama tenaga tapi tergantung sama torsi nya juga sih berapa gede naeknya torsi nya gituu

Re: Turun Mesin Euy....

Posted: Fri Aug 22, 2008 4:08 pm
by General Lee
dyno tes aja.
wah kalau turun mesin trus malah gak enak, namanya bukan turun mesin itu, sih.

tuh noh ada yang kasih saran pake piston taruna dome flat
atau ada yang pake piston zebra 1600 dengan dome piston 3 mm?
silahkan coba & rasakan.