Muffler Mugen replica (Begitu kata Om Baduy)
Posted: Tue Aug 26, 2008 1:03 pm
1. Tail Pipe
2. Instalasi Muffler
Single input Pipe Double Exhaust Pipe 3. Pasang Di Sapto Knalpot.
rada ribet nyari tempatnya
4. The Fun Part
Setelah dipasang knalpotnya, tiba saatnya untuk menyalakan mesin......eng..ing ..eng..penasaran mau denger suara bass yang adem kata Om Yudha....
tu, wa, ga.....kunci diputar......ckrek....BOOOOOOM!!!!!!!.....ITU YANG KEDENGER!!!!.....KENCENG BENER! sampe ada api keluar dari ruang mesin.
GW shock abiisss.......mesin gw rusak deh (gw pikir gitu)....orang di perempatan jalan itu langsung berkumpul!....
Si Sapto sampe kaget...merasa gak enak ati, masak pasang knalpot, mesin orang bisa ancur...
Gw cek mesin, semua baik-baik saja. Mesin gak belah kayak mesin Om Yogi.
Aki gak pecah, Gak ada yang konslet, cuma 1 yang jebol, TUTUP KARBU.
Itu tuas-tuas penahan tutup karbu jebol semua, hilang. baut kuping ampe longgar.
Dengan hati ancur, gw pikir abis deh mbl gw gk bisa dipake.....
Diagnosanya: ada tendangan balik dari mesin mungkin dari hawa panas pengelasan knalpot ke arah karbu.
Dengan hati berdebar2, mencoba menyalakan mesin lagi.......gak bisa nyala2 tuh....wah ancur deh, mana udah malem lagi. Panggil Apit, Apit gak bisa dateng, akhirnya ada montir yang deket, dia juga gak bisa tahu apa sebabnya.
ditemukan sel aki lemah semuanya akibat ledakan tadi, akhirnya beli aki baru di situ juga. setelah itu mesin bisa nyala.
Memang sejak dari kantor ke sapto mesin udah ngadat, weekend baru aja ganti karbu kit plus ganti delco dari Dewa....
Delco dari Dewa beda arah rotor, jadi saya kudu atur ulang dudukan kabel.
Setelah kejadian di bengkel ini, tadi pagi (selasa) sebelum ke kantor, ganti delco kembali yang awal. Spare part pengatur timing CDI saya ambil dari delco Dewa, dipasang di delco lama yang pengatur timingnya udah hancur....
Sampai jam ini mobil baik-baik saja.
Karbu di set ulang, suara bass jadi adem...
Mesin jadi responsif pake knalpot ini....
Walau waktu gas dibejek abis, masih ada sedikit brebet....ini pasti saringan bensin yg kotor...
Thanks to Om Yudha karena membolehkan saya mengambil pesanan knalpot om Yudha ini, plus disubsidi Rp. 100K...
btw biaya knalpot jenis ini total Rp. 800 K....minus subsidi Om Yudha.
2. Instalasi Muffler
Single input Pipe Double Exhaust Pipe 3. Pasang Di Sapto Knalpot.
rada ribet nyari tempatnya
4. The Fun Part
Setelah dipasang knalpotnya, tiba saatnya untuk menyalakan mesin......eng..ing ..eng..penasaran mau denger suara bass yang adem kata Om Yudha....
tu, wa, ga.....kunci diputar......ckrek....BOOOOOOM!!!!!!!.....ITU YANG KEDENGER!!!!.....KENCENG BENER! sampe ada api keluar dari ruang mesin.
GW shock abiisss.......mesin gw rusak deh (gw pikir gitu)....orang di perempatan jalan itu langsung berkumpul!....
Si Sapto sampe kaget...merasa gak enak ati, masak pasang knalpot, mesin orang bisa ancur...
Gw cek mesin, semua baik-baik saja. Mesin gak belah kayak mesin Om Yogi.
Aki gak pecah, Gak ada yang konslet, cuma 1 yang jebol, TUTUP KARBU.
Itu tuas-tuas penahan tutup karbu jebol semua, hilang. baut kuping ampe longgar.
Dengan hati ancur, gw pikir abis deh mbl gw gk bisa dipake.....
Diagnosanya: ada tendangan balik dari mesin mungkin dari hawa panas pengelasan knalpot ke arah karbu.
Dengan hati berdebar2, mencoba menyalakan mesin lagi.......gak bisa nyala2 tuh....wah ancur deh, mana udah malem lagi. Panggil Apit, Apit gak bisa dateng, akhirnya ada montir yang deket, dia juga gak bisa tahu apa sebabnya.
ditemukan sel aki lemah semuanya akibat ledakan tadi, akhirnya beli aki baru di situ juga. setelah itu mesin bisa nyala.
Memang sejak dari kantor ke sapto mesin udah ngadat, weekend baru aja ganti karbu kit plus ganti delco dari Dewa....
Delco dari Dewa beda arah rotor, jadi saya kudu atur ulang dudukan kabel.
Setelah kejadian di bengkel ini, tadi pagi (selasa) sebelum ke kantor, ganti delco kembali yang awal. Spare part pengatur timing CDI saya ambil dari delco Dewa, dipasang di delco lama yang pengatur timingnya udah hancur....
Sampai jam ini mobil baik-baik saja.
Karbu di set ulang, suara bass jadi adem...
Mesin jadi responsif pake knalpot ini....
Walau waktu gas dibejek abis, masih ada sedikit brebet....ini pasti saringan bensin yg kotor...
Thanks to Om Yudha karena membolehkan saya mengambil pesanan knalpot om Yudha ini, plus disubsidi Rp. 100K...
btw biaya knalpot jenis ini total Rp. 800 K....minus subsidi Om Yudha.