Mengatur Timing Delco. Vacuum Advancer dan Governor Advancer

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Mengatur Timing Delco. Vacuum Advancer dan Governor Advancer

Post by pauluspaska » Fri Aug 29, 2008 1:31 pm

1. Supaya efisen maka mesin mobil harus dapat beroperasi pada putaran yang sesuai dengan yang dikehendaki misalnya pada saat di butuhkan untuk cepat maka mesin harus berputar cepat atau seba­liknya. Pembakaran gas juga harus dapat mengikuti kondisi mesin tersebut, bila mesinnya berputar cepat maka saat pengapian juga harus lebih awal dan sebaliknya. Kejadian ini harus berlaku secara otomatis dan untuk itulah maka pada mesin dilengkapi dengan alat pemajuan pengapian yang sebanding dengan putaran mesin, alat tersebut lebih dikenal dengan sebutan Governor Ad­vancer. Bagian ini harus diperiksa, apakah dapat bekerja dengan baik? Kerusakan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh mele­mahnya per dan bantalan bola ( bearing) yang kotor dan berkarat.
DSC00094.JPG
2. Rotor bekerja berputar didalam tutup distributor, membagi arus ke busi sesuai dengan urutan pembakaran mesin mobil. Rotor yang sudah rusak dapat berupa retak dan rusak sifat isolasinya. Bagi isolasi yang rusak dapat dicoba dengan mendekatkan kabel busi yang dari koil sambil mesin di start. Bila terjadi loncatan bunga api, maka dapat dipastikan sifat isolasinya sudah rusak.


Periksa cara kerja percepatan vakum (vacuum advance).
Periksa Rotor.jpg
3. Kecepatan perambatan api pada suatu campuran bahan bakar dan udara dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya: perbandingan campuran, tekanan campuran, temperatur campuran, dan kondisi dari campuran (atomisasinya) itu sendiri. Kondisi muatan dari mesin kendaraan juga bermacam-macam misalnya kendaraan bermuatan ringan dan kendaraan berjalan dengan kecepatan lambat serta pada jalan yang rata.


4. Apabila mesin tiba-tiba diakselerasi, maka karena adanya kelengkapan-kelengkapan pada system karburator akan menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi gemuk. Campuran yang gemuk ini dengan sendirinya membutuhkan waktu pembakaran yang lebih lambat, saat pengapian yang diperlambat. Karena alasan inilah maka pada system pengapian ditambahkan suatu alat pemacu yang dapat memajukan pengapian pada saat mesin sedang diakselerasi.

Alat itu sering disebut dengan Vacuum Advancer.
Oktan selektor.jpg
Author: "Martin T Teiseran"
artikel diambil dari : http://reader.feedshow.com/show_items-f ... 03d?page=4" onclick="window.open(this.href);return false;

Ada yang pernah mengatur/merubah Oktan Selektor (mobil jadul) = Governor Advancer (G. Civic) ?

Parameternya apa ya? berapa derajat? ngaturnya kudu pake timing light kah?

Kalau dari poin no 4 governor Advancer in bisa diatur.
Dulu gw masih inget, mobil bokap gw puter2 tuh oktan selektornya, padahal gw gk tau apa fungsinya. Yang ada tulisar Naa / Voor.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
yog134et
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1486
Joined: Thu May 22, 2008 10:53 am
Location: bogor
Contact:

Re: Mengatur Timing Delco. Vacuum Advancer dan Governor Advancer

Post by yog134et » Mon Sep 01, 2008 3:31 pm

wah2.. sama persis tuh rusaknya delco gc gw (seperti gambar yg nomer satu).

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Mengatur Timing Delco. Vacuum Advancer dan Governor Advancer

Post by onta » Mon Sep 01, 2008 4:28 pm

ntu klo di manual namanya breaker plate, satu kesatuan ama sistem vacuum advance.
Klo mau ngetes ya wajib pake timing light, klo pake feeling banyak errornya.
yg paling susah ntu ngetes mekanikal/centrifugal advance nya.
Back to manual, klo tanpa vacuum advance di rpm 700 dapet di 2 derajat (white mark),
klo pake vacuum advance jadi maju sampe 18 derajat (red mark)
Image

Post Reply