Share Karburator, AC, dan Radiator.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Mon Jul 04, 2011 11:20 am

Mau Share cerita aja nih om tentang Karburator, AC, Ama Radiator.
Alkisah..... :D

Nova kesayangan si cimil sakit2an, pertama bahas karburator dulu,
kemaren baru kenalan ini si cimil
Spoiler for nova1
Image
1.Karburator --> tuker tambah Rp.600.000
tiap pagi start, keluar asep hitam sampe berupa bubuk hitam tuh dari knalpotnya
pertama saya kirain glasswoll nya sudah rontok, eh pas dilongok kebawah, saringan aja udah dilepas (lupa)
datanglah kebengkel service karburator Sinar Asem Reges di Jalan Raya Ciater BSD namanya (sangar yak)
yah bengkelnya lumayan sih, berani kasih garansi tiap kita serpis, kalo dalam jangka waktu garansi rusak, gratis benerinnya om
lanjut...
karburator dibongkar....ternyata spuyer nya dah pernah di rojok sama orang, bused dibandingin ama karburator standar jauh banget lobangnya
wajar aja selalu keluar bubuk hitam, udah super basah settingannya, bensin kagak kebakar, cuma dipanasin doang jadilah dia kerak
trus kata bengkelnya kalo honda nova spuyernya model tanam, jadi ga bisa dilepas jadi harus tuker tambah karburatornya untung dia punya,
Rp.600.000 (Tuker tambah karburator)
hasilnya mobil jadi lebih irit trus bubuk hitam ga pernah keluar lagi horeeeeee

2. AC --> ganti kompressor+condensor = Rp.2.250.000
sudah 6 bulan terakhir, jadi sering nambah2 freon terus, wah bocor,
pertama dikira bocor di condensor saja
kemaren karena baru ada rejeki coba di bawa ke bengkel AC, di kasih saran coba ke bengkel
Hendy Jaya Motor Jl. Surya Kencana-Pamulang
lumayan oke cara ngecheck ac nya, pertama di check freon eh ternyata emang dah kosong melompong,
trus line AC nya di kasih pressure, trus dikasih buih sabun biar keliatan bocor nya dimana..celaka nya....di bagian kompressor yang bocor
saya kira bisa tuh tinggal ganti packing, eh ga bisa katanya, jadi harus cari kompressor nova yang seken
kena Rp.1.250.000
pas dibongkar semua kondensornya bocor juga, sialan kena lagi....Rp.550.000
Dryer = Rp.100.000, Vakum Freon+Oli = Rp.200.000, Jasa = Rp.150.000
hore AC nya dingin lagi.....(wajar ga om harga kompressornya??)
saran dari si bengkel, tiap satu tahun sekali mending dryer diganti, kalo mampet, kompressor yang kena
om2 dan suhu2 sekalian, emang bener ya kalo kompressor bocor di sambungannya ga bisa diperbaiki (khusus nova dan GC?)

3. Radiator --> masalah lagi, baru hari ini nih,, :(
ga habis2 nih curhat......
tiap hari pasti nambah air ke radiator, kira2 600ml (aqua sedang)
eh tadi pas jalan, ngidupin ac, temp naik hampir max, buru minggirin mobil trus dinginin sambil makan, telat telat dah...
ac matiin, temp balik ke setengah lagi....jalan deh...
yang mau ditanyain...kira2 kalo ganti radiator baru yang denso (ori ya?) masih dapet ga 1.2 juta?
bosen nih was2 terus kalo jalan2, mobil kepanasan terus....
ntar mau di cek ajalah ke bengkel, apa radiatornya yang dah ga layak pakai ato fan nya melemah,....
update 24/07/11 kemaren dah beres semua
ganti motor fan radiator 150k
servis motor fan ac (putus kabel powernya doang) 75k
sekarang dah adem ayem maju lancar heheheh
Last edited by _augusta_ on Tue Jul 26, 2011 3:46 pm, edited 1 time in total.

User avatar
choElo98
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1620
Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
Location: Padang-Pariaman-Bukittingi

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by choElo98 » Mon Jul 04, 2011 5:55 pm

salam kenal om...moga cepet sembuh tuh novanya, oh ya iritnya jadi berapa om? apa signifikan perubahannya. :-D
kasih komen yg no3 aja deh, coba saat netral mesin hidup, di gas, lihat semua jalur pipa air, termasuk rumah termosatnya, ada air yg menetes ngak? (pengalaman saya kena di paking rumah termostatnya, air netes kalo digas, karena payah bukanya, di lem pake dextone seluruh sambungan termostat),
kalo ac on, mustinya 2 fan nyala, coba cek saat netral om, apa fan nyala kencang?
:D
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "


Mari Rame_in Forum

User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Tue Jul 05, 2011 7:51 am

choElo98 wrote:salam kenal om...moga cepet sembuh tuh novanya, oh ya iritnya jadi berapa om? apa signifikan perubahannya. :-D
kasih komen yg no3 aja deh, coba saat netral mesin hidup, di gas, lihat semua jalur pipa air, termasuk rumah termosatnya, ada air yg menetes ngak? (pengalaman saya kena di paking rumah termostatnya, air netes kalo digas, karena payah bukanya, di lem pake dextone seluruh sambungan termostat),
kalo ac on, mustinya 2 fan nyala, coba cek saat netral om, apa fan nyala kencang?
:D
wah blom pernah di hitung psati om berapa perbandingan bbm nya sekarang hehe,
nanti deh kalo lagi iseng, tak itungin

nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?

h3nk1
GC Lover
GC Lover
Posts: 366
Joined: Fri Nov 12, 2010 10:35 am
Location: padang-payakumbuh sumbar

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by h3nk1 » Tue Jul 05, 2011 8:43 am

_augusta_ wrote:
choElo98 wrote:salam kenal om...moga cepet sembuh tuh novanya, oh ya iritnya jadi berapa om? apa signifikan perubahannya. :-D
kasih komen yg no3 aja deh, coba saat netral mesin hidup, di gas, lihat semua jalur pipa air, termasuk rumah termosatnya, ada air yg menetes ngak? (pengalaman saya kena di paking rumah termostatnya, air netes kalo digas, karena payah bukanya, di lem pake dextone seluruh sambungan termostat),
kalo ac on, mustinya 2 fan nyala, coba cek saat netral om, apa fan nyala kencang?
:D
wah blom pernah di hitung psati om berapa perbandingan bbm nya sekarang hehe,
nanti deh kalo lagi iseng, tak itungin

nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
pernah juga ngalamin masalah fan radiator blom lama ini...kalo ac dah di idupin fan nya gak nyala juga coba jumper langsung ke aki fan nya om...idup apa gak..?? kalo aku kemaren kabel yg di terminal di dalam motor fan nya goyang om...jadi kadang idup kadang gak, kalo di idupin ac fan radiatornya jg gak nyala...bongkar fan motornya trus solder ulang...aman deh sampe sekarang ;) ...

User avatar
koi.pazzo
GC Noob
GC Noob
Posts: 126
Joined: Thu May 06, 2010 3:26 pm
Location: Bandung - Tangerang - BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by koi.pazzo » Tue Jul 05, 2011 8:43 am

_augusta_ wrote:
nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
Umm pengalaman saya om, ngecek fan radiatornya pas udah panas om nyala ato gak. Punya sy dulu juga gitu. Fan gak nyala.
Stlh dicek ternyata switch temperatur yg di mesin udah rusak n kudu diganti (harganya 130k yg ori, 75 yg kw).
Tp saran dr tmn sy katanya di bypass ato bikin switch sendiri. Akhirnya bikin switch sendiri, tp jgn sampe lupa nyalain switchnya...

Kalo fan radiatornya nyala, coba kuras radiator ke tk radiator (jgn ke tk fotocopy hehehe... garing) siapa tau ada yg bocor.
bagian atas & bawah radiatornya msh pake plastik gak om? kalo masih, ganti yg pake kuningan aja, katanya lebih bagus.
Saran saya, kalo emang msh bisa diservis mending servis aja, kalo emang kpaksa hrs ganti, baru dah siap2.....

tomtom
GC Noob
GC Noob
Posts: 20
Joined: Thu Apr 21, 2011 6:20 pm
Location: Surabaya

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by tomtom » Tue Jul 05, 2011 10:29 am

_augusta_ wrote:Mau Share cerita aja nih om tentang Karburator, AC, Ama Radiator.
Alkisah..... :D

Nova kesayangan si cimil sakit2an, pertama bahas karburator dulu,
kemaren baru kenalan ini si cimil
Spoiler for nova1
Image
1.Karburator --> tuker tambah Rp.600.000
tiap pagi start, keluar asep hitam sampe berupa bubuk hitam tuh dari knalpotnya
pertama saya kirain glasswoll nya sudah rontok, eh pas dilongok kebawah, saringan aja udah dilepas (lupa)
datanglah kebengkel service karburator Sinar Asem Reges di Jalan Raya Ciater BSD namanya (sangar yak)
yah bengkelnya lumayan sih, berani kasih garansi tiap kita serpis, kalo dalam jangka waktu garansi rusak, gratis benerinnya om
lanjut...
karburator dibongkar....ternyata spuyer nya dah pernah di rojok sama orang, bused dibandingin ama karburator standar jauh banget lobangnya
wajar aja selalu keluar bubuk hitam, udah super basah settingannya, bensin kagak kebakar, cuma dipanasin doang jadilah dia kerak
trus kata bengkelnya kalo honda nova spuyernya model tanam, jadi ga bisa dilepas jadi harus tuker tambah karburatornya untung dia punya,
Rp.600.000 (Tuker tambah karburator)
hasilnya mobil jadi lebih irit trus bubuk hitam ga pernah keluar lagi horeeeeee

2. AC --> ganti kompressor+condensor = Rp.2.250.000
sudah 6 bulan terakhir, jadi sering nambah2 freon terus, wah bocor,
pertama dikira bocor di condensor saja
kemaren karena baru ada rejeki coba di bawa ke bengkel AC, di kasih saran coba ke bengkel
Hendy Jaya Motor Jl. Surya Kencana-Pamulang
lumayan oke cara ngecheck ac nya, pertama di check freon eh ternyata emang dah kosong melompong,
trus line AC nya di kasih pressure, trus dikasih buih sabun biar keliatan bocor nya dimana..celaka nya....di bagian kompressor yang bocor
saya kira bisa tuh tinggal ganti packing, eh ga bisa katanya, jadi harus cari kompressor nova yang seken
kena Rp.1.250.000
pas dibongkar semua kondensornya bocor juga, sialan kena lagi....Rp.550.000
Dryer = Rp.100.000, Vakum Freon+Oli = Rp.200.000, Jasa = Rp.150.000
hore AC nya dingin lagi.....(wajar ga om harga kompressornya??)
saran dari si bengkel, tiap satu tahun sekali mending dryer diganti, kalo mampet, kompressor yang kena
om2 dan suhu2 sekalian, emang bener ya kalo kompressor bocor di sambungannya ga bisa diperbaiki (khusus nova dan GC?)

3. Radiator --> masalah lagi, baru hari ini nih,, :(
ga habis2 nih curhat......
tiap hari pasti nambah air ke radiator, kira2 600ml (aqua sedang)
eh tadi pas jalan, ngidupin ac, temp naik hampir max, buru minggirin mobil trus dinginin sambil makan, telat telat dah...
ac matiin, temp balik ke setengah lagi....jalan deh...
yang mau ditanyain...kira2 kalo ganti radiator baru yang denso (ori ya?) masih dapet ga 1.2 juta?
bosen nih was2 terus kalo jalan2, mobil kepanasan terus....
ntar mau di cek ajalah ke bengkel, apa radiatornya yang dah ga layak pakai ato fan nya melemah,....

sedih om lama2 bokek ngurusin si hitam nova, :((
mohon doanya om :lol:
salam kenal om dari sby
wah ....mahal bener om.... ganti kompressor + condensor 2.250.000
aku juga baru ganti compressor + condensor.... kompressornya TT ama singapuran condensornya baru......kena harga 1.800.000 tawar tawar dapet net 1.750.000..... udah termasuk freon + jasa..... skrng jadi nyes.....

User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Tue Jul 05, 2011 4:06 pm

h3nk1 wrote:pernah juga ngalamin masalah fan radiator blom lama ini...kalo ac dah di idupin fan nya gak nyala juga coba jumper langsung ke aki fan nya om...idup apa gak..?? kalo aku kemaren kabel yg di terminal di dalam motor fan nya goyang om...jadi kadang idup kadang gak, kalo di idupin ac fan radiatornya jg gak nyala...bongkar fan motornya trus solder ulang...aman deh sampe sekarang ;) ...
oh iya om, ntar tak cek, masih nyala ga
semoga cuma ada yang kendor aja nih hehehe,

koi.pazzo wrote:Umm pengalaman saya om, ngecek fan radiatornya pas udah panas om nyala ato gak. Punya sy dulu juga gitu. Fan gak nyala.
Stlh dicek ternyata switch temperatur yg di mesin udah rusak n kudu diganti (harganya 130k yg ori, 75 yg kw).
Tp saran dr tmn sy katanya di bypass ato bikin switch sendiri. Akhirnya bikin switch sendiri, tp jgn sampe lupa nyalain switchnya...
Kalo fan radiatornya nyala, coba kuras radiator ke tk radiator (jgn ke tk fotocopy hehehe... garing) siapa tau ada yg bocor.
bagian atas & bawah radiatornya msh pake plastik gak om? kalo masih, ganti yg pake kuningan aja, katanya lebih bagus.
Saran saya, kalo emang msh bisa diservis mending servis aja, kalo emang kpaksa hrs ganti, baru dah siap2.....
switch nya di nyalain kalo penunjuk temperatur dah setengah om?
wah kalo lupa bisa berantakan itu heheheh,,
bagian atas bawah radiator kuningan om (ada jeleknya, jadi panas banget akibatnya cat kap yang tepat diatas radiator jadi kusam)
tomtom wrote:salam kenal om dari sby
wah ....mahal bener om.... ganti kompressor + condensor 2.250.000
aku juga baru ganti compressor + condensor.... kompressornya TT ama singapuran condensornya baru......kena harga 1.800.000 tawar tawar dapet net 1.750.000..... udah termasuk freon + jasa..... skrng jadi nyes.....
itu kompressor sama condensor om, berarti masih make sense ya harganya hehehe...

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by pauluspaska » Wed Jul 06, 2011 3:05 pm

FYI, saya beli radiator matic cuma kena 1,1 juta di jakarta
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by nanangsurya » Wed Jul 06, 2011 5:18 pm

Klo masalah radiator...di cek atu2 om...jangan langsung main ganti radiator......cz sebabnya banyak...coba searching masalah radiator banyak yang bahas kok......
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Thu Jul 14, 2011 9:24 pm

Mantap om om sekalian, lupa posting, kemaren pas saya liat lagi, emang bener fan nya yang mati,
berarti selama ini dia kepanasan karena putaran fan nya melemah,
sembuh lagi deh,

tapi ntar proyek ganti radiator tetep, dah ga layak pakai kayaknya hehehe
kalo radiator custom gitu buat dimana ya om, dan harganya berapaan?

Post Reply