GC mendadak gak mau nyala
Posted: Thu Sep 04, 2008 1:50 pm
Bagi-bagi pengalaman ya...
Buat GCna yang mendadak gak bisa nyala walau sebelumnya gak apa-apa.
1. lagi jalan
2. habis parkir bentar
3. habis parkir lama
Urutan ngeceknya gini sesuai keadaan yang paling mudah:
1. Cek Aki:
Nyalaken mesin, kalo suara startingnya seperti lesu, artinya aki gak punya cukup tenaga buat gerakin dinamo starter supaya berputar bagus.
Berlaku buat 2 dan 3
Diagnosa lanjutan:
- IC di alternator lemah, ganti alternator,
- sel-sel aki sudah uzur, ganti aki
2. buka selang bensin yang di karbu, start mesin, kalo nyembur, bensin tandanya OK. kalo gak nyembur, ada masalah sama sistem penghantar BBM ke karbu
Berlaku buat 1, 2 dan 3
Diagnosa lanjutan:
- Cek kebocoran selang bensin, selang yang bocor bikin vacuum pompa juga bocor, BBM gak mau naik ke karbu
- Cek pompa bensin, jarang terjadi pompa rusak total. Biasana cuma lemah saat lari kenceng
- Cek saringan bensin, mampet total.
2. buka kabel busi, gak perlu businya dibuka dulu, colok tu kabel pake obeng, obengnya di tempelin ke bodi, jangan dipegang tu obeng, mesin dinyalain, kalo ada percikan api, koil bagus, kabel bagus...
Berlaku buat 1, 2 dan 3
Diagnosa lanjutan
- Kalo gak ada api brarti CDI rusak
- Koil kalo retak waktu starter harus berkali-kali...walau akhirnya bisa starter
3. Buka busi, colokin kabel busi, tempelin busi ke bodi mobil, kalo ada percikan di busi, busi ok...
Berlaku buat 1, 2 dan 3
4. Buka semua busi seperti nomor 3, kalo ada percikan brarti:
**kalo semua ada percikan tandanya koil + CDI bagus
Kesimpulan akhir:
DELKO BOCOR
Api bocor, lari kemana-mana, gak terkumpul ke busi...
GANTI DELKO SEGELUNDUNG(RUMAHNYA)
Yang bocor itu as rotor. As rotor yang dari bahan molibdenum itu menghantarkan listrik kemana-mana...
Itu dari pengalaman gw kemarin weekend, gc gak bisa idup walau semalemnya gpp...
Gak akan bisa jalanin mobil walau ganti CDI atau koil......yang bocor itu bodinya.
Gw trus beli delko masih kinyis-kinyis...blom pernah dipake dari atrium.....
langsung JRENG!!!
Buat GCna yang mendadak gak bisa nyala walau sebelumnya gak apa-apa.
1. lagi jalan
2. habis parkir bentar
3. habis parkir lama
Urutan ngeceknya gini sesuai keadaan yang paling mudah:
1. Cek Aki:
Nyalaken mesin, kalo suara startingnya seperti lesu, artinya aki gak punya cukup tenaga buat gerakin dinamo starter supaya berputar bagus.
Berlaku buat 2 dan 3
Diagnosa lanjutan:
- IC di alternator lemah, ganti alternator,
- sel-sel aki sudah uzur, ganti aki
2. buka selang bensin yang di karbu, start mesin, kalo nyembur, bensin tandanya OK. kalo gak nyembur, ada masalah sama sistem penghantar BBM ke karbu
Berlaku buat 1, 2 dan 3
Diagnosa lanjutan:
- Cek kebocoran selang bensin, selang yang bocor bikin vacuum pompa juga bocor, BBM gak mau naik ke karbu
- Cek pompa bensin, jarang terjadi pompa rusak total. Biasana cuma lemah saat lari kenceng
- Cek saringan bensin, mampet total.
2. buka kabel busi, gak perlu businya dibuka dulu, colok tu kabel pake obeng, obengnya di tempelin ke bodi, jangan dipegang tu obeng, mesin dinyalain, kalo ada percikan api, koil bagus, kabel bagus...
Berlaku buat 1, 2 dan 3
Diagnosa lanjutan
- Kalo gak ada api brarti CDI rusak
- Koil kalo retak waktu starter harus berkali-kali...walau akhirnya bisa starter
3. Buka busi, colokin kabel busi, tempelin busi ke bodi mobil, kalo ada percikan di busi, busi ok...
Berlaku buat 1, 2 dan 3
4. Buka semua busi seperti nomor 3, kalo ada percikan brarti:
**kalo semua ada percikan tandanya koil + CDI bagus
Kesimpulan akhir:
DELKO BOCOR
Api bocor, lari kemana-mana, gak terkumpul ke busi...
GANTI DELKO SEGELUNDUNG(RUMAHNYA)
Yang bocor itu as rotor. As rotor yang dari bahan molibdenum itu menghantarkan listrik kemana-mana...
Itu dari pengalaman gw kemarin weekend, gc gak bisa idup walau semalemnya gpp...
Gak akan bisa jalanin mobil walau ganti CDI atau koil......yang bocor itu bodinya.
Gw trus beli delko masih kinyis-kinyis...blom pernah dipake dari atrium.....
langsung JRENG!!!