Page 1 of 8

Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 3:46 pm
by Pa'de Gung
Permisi om2, mau share aja tentang kemungkinan penyebab CDI mati.....
Ga pake gejala, ga pake tanda2, tiba2 CDI mati. Untung ada CDI ngangur punya temen, jadi bisa pulang, thx om nafis.... :D
Tapi tenyata CDI nya jantungan..... bolak-balik pingsan di tengah jalan..... hadouwww. #:-s

Dari kejadian itu akhirnya bisa bedakan CDI ato Coil yg mati..??
-Kalo coil mati saat mobil masih melaju dan terhubung dg transmisi, jarum RPM masih kerja
-Kalo CDI mati saat mobil masih melaju dan terhubung dg transmisi, RPM langsung turun abis..

Beli CDI copotan 300K di solo, yg ga ori 400K new.
Pasang lansung jreng.... mudah2an awet...

Pengen tau isinya CDI, sebelum di buang di visum dulu.....

Aseeeem.... didalem ada banyak grase..... :shock:

Image :(( Image

Gara2 tatakan advent seret, rupanya saya kebanyakan kasi grease.
Karna saat dipasang CDI letaknya di bawah, jadi grease yg meleleh ngumpul di sekitar CDI, dan ternyata bisa masuk ke ruang komponen....... #kapok#

Re: Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 6:59 pm
by arozi
Edun....
Bukan nya kalo CDI mati tuh ga akan bisa starter om?

Re: Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 10:07 pm
by maverick_1146
nimbrung ahhh....

saya dulu juga pernah om...cdi mati mendadak..

ga ada gejala yang signifikan sih..pas waktu itu puter puter di kediri..eh tiba2 jarum temperature naek mendadak (padahal biasanya nggak gt)...aer radiatior langsung abiss..(ga tau ini gejala cdi mo koit mungkin) :-? :-?
tanpa curiga saya isi aja aer di radiator...trus start lagi..lancar...
trus saya otw pulang ke nganjuk dari kediri.. (kondisi temperatur agak panas...)
trus di tengah jalan mampir bentar..trus matiin engine...10 menit kemudian, distart..ehh ga mau nyala...bekali2 star..hasil nihill.. :-o :-o

mau ga mau akhirnya di derek pulang ampe rumah..sampe rumah di bongkar ma mekanik..eh ternyata cdi nya mati... =(( =((
akhirnya cari cdi di seputaran kediri, dapet cdi copotan kondisi bagus... :) :)

:arrow: :arrow: yang saya masih tanda tanya..apakah gejala CDI mo wafat...mempengaruhi juga ke radiator abiss krna suhu mesin naek... :-\ :-\

Re: Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 11:24 pm
by akang
pengalaman saya, CDI mati sih ga ada gejala mesin panas......cuman sempet nembak2 gitu.......lalu tewas aja ga mau hidup lagi...... berhubung koil udah dipasang diluar jadi gampang diagnosanya.........:D :D

Re: Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 11:35 pm
by Pa'de Gung
arozi wrote:Edun....
Bukan nya kalo CDI mati tuh ga akan bisa starter om?
Betul om, ga bisa di stater, tapi kadang mau idup lagi (CDI pertama mati total) dan kejadiannya ga tentu, bisa saat mesin dingin or panas.
Cuma saya perhatikan pas lagi jalan trus mati jarum RPM langsung 0, padahal mesin masih muter serperti kalo di dorong.
Sedangkan dulu waktu coil mati dengan kejadian yg sama jarum RPM baru 0 setelah mobil/mesin berhenti.

Re: Share CDI mati

Posted: Fri Aug 19, 2011 11:43 pm
by adeindra
Nice info om.

Jadi kepikiran apa sebaiknya selalu ada stock cdi dan koil ya di laci mobil

Re: Share CDI mati

Posted: Sat Aug 20, 2011 4:22 am
by meneer
maverick_1146 wrote:nimbrung ahhh....

saya dulu juga pernah om...cdi mati mendadak..

ga ada gejala yang signifikan sih..pas waktu itu puter puter di kediri..eh tiba2 jarum temperature naek mendadak (padahal biasanya nggak gt)...aer radiatior langsung abiss..(ga tau ini gejala cdi mo koit mungkin) :-? :-?
tanpa curiga saya isi aja aer di radiator...trus start lagi..lancar...
trus saya otw pulang ke nganjuk dari kediri.. (kondisi temperatur agak panas...)
trus di tengah jalan mampir bentar..trus matiin engine...10 menit kemudian, distart..ehh ga mau nyala...bekali2 star..hasil nihill.. :-o :-o

mau ga mau akhirnya di derek pulang ampe rumah..sampe rumah di bongkar ma mekanik..eh ternyata cdi nya mati... =(( =((
akhirnya cari cdi di seputaran kediri, dapet cdi copotan kondisi bagus... :) :)

:arrow: :arrow: yang saya masih tanda tanya..apakah gejala CDI mo wafat...mempengaruhi juga ke radiator abiss krna suhu mesin naek... :-\ :-\
kayanya sih cdi mati gara2 sumuk..bukan sumuk karena CDI mati :mrgreen:
adeindra wrote:Nice info om.

Jadi kepikiran apa sebaiknya selalu ada stock cdi dan koil ya di laci mobil
mending bawa delco saglundung aja dong opaaaaaaaaaaaa...tinggal colok plek...

daripada percuma bawa koil atw cdi kalo ga bisa DIY pasangnyah.kwkwkwkwk..... :D

Re: Share CDI mati

Posted: Sat Aug 20, 2011 7:18 am
by maverick_1146
om meneer@: daripada bawa delco segelundung mendingan bawa gc cadangan di belakangnya (sambil di tarik) :D :D , jadi kl CDI mati langsung pindah deh ke gc belakangnya, yang mati ganti di tarik di belakangnya....ga ribet bongkar to... =)) =)) =))

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Aug 22, 2011 10:40 am
by choElo98
turut berduka pa'de...
maverick_1146 wrote:om meneer@: daripada bawa delco segelundung mendingan bawa gc cadangan di belakangnya (sambil di tarik) :D :D , jadi kl CDI mati langsung pindah deh ke gc belakangnya, yang mati ganti di tarik di belakangnya....ga ribet bongkar to... =)) =)) =))
lagi musim ganti delko :D

Re: Share CDI mati

Posted: Mon Aug 22, 2011 11:39 am
by adeindra
bener juga lo neer ... pasang koil lebih gampang sih daripada pasang cdi...
tapi masang delko juga suka susah kalo engga tau sela' nya sih...

jadi kesimpulannya... bawa cadangan duit 350rebu aje lah buat derek :D