Page 1 of 2

HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 6:28 pm
by nerazzuriGC
alow om semua GC Freaks... need Helep dan saran nih... :D

Radiator.. oh Radiator....

awalnya disuruh servis radiator karena divonis mampet oleh montir bengkel... (padahal temperatur no problemo) larilah saya esok kemudian ke Rapih Radiator utk diservis sesuai pesen si montir, ternyata sudah beres, sudah tidak mampet lagi, sirkulasi air bagus, dan alhamdulillah tidak ada kebocoran di radiator.. next..

setelah beberapa hari.. eh kok malah temperatur gak stabil, kadang naik.. kadang turun... terutama kalo nyala AC dan lari 80-100km/h, setelah di cek kipas fan radiator memang sudah lemah dan extra fan (fan AC) juga.. jadilah akhirnya beli baru.... next..

setelah temperatur normal, ada lagi masalah lain... tempat di cadangan plastik radiator ngebul alias mendidih kaya masak indomie airnya.. (pake ato gak pake AC tetep aja) asal lari diatas 80-100km/h pasti sampe ditempat tujuan mendidih tuh wadah cadangan (tapi anehnya temperatur normal alias gak overheat), setelah tanya2 info... akhirnya di vonis waterpumnya kudu ganti karena sudah gak bagus, ya jadilah saya beli waterpump (ori) dan langsung dipasang.. dan memang waterpump lama sudah sangat2 mengenaskan kondisinya.. dan gw pikir masalah sudah berhenti disitu... next..

eeeeehhhh..... ternyata sudah ganti waterpump.. massiiiiiiiiih aja begitu :(( , akhirnya gw balik lagi ke Rapih radiator.. dan mobil divonis suruh ganti Packing silinder headnya (turun setengah)... masih ragu dengan keputusan team Rapih, akhirnya lari ke bengkel sperti biasa utk menanyakan apa perlu diikuti saran dari team Rapih tersebut.. dan kata org bengkel tidak perlu sampe begitu.. yg penting temperature masih normal ya gak perlu sampe ganti packing silinder headnya.... dan akhirnya sampe sekarang masih begitu... dan malah kadang mesin terkadang ngelitik... :((

so.... mohon masukan dari sesepuh disini.. apa yg harus dilakukan yaaak...

makasih banyaaaak sudah membaca dan membantu... :D

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 6:53 pm
by ef abi
Waddduhh..Pasti d temperatur lg.. :(

ayoo..Dbantu om om smua..
Saya cetek om..Cm bs up n ikt empaty ja.. :)

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 7:17 pm
by B2389MT
Klo saya dlu, pernah kena msalah temp, temp nya naik turun pdhal udah service radiator.
Ternyata yg kena thermostat nya....

Itu di awal2 kenapa dsuruh service radiator??

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 7:20 pm
by Irvan
udah cek termostat nya blm om???bisa aja termostatnya juga rusak....
Kalo thermostatnya rusak,suhu kerja mesin jadi g normal....
n air radiator jadi cepet panas/mendidih
asal g digunakan untuk prjalanan jauh sih g mungkin overheat om...
tp kalo thermostatnya masih normal y mungkin aja emang harus turun setengah.....

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 8:45 pm
by irwans85
penyebab overheat :
1. Air radiator berkurang.,cek kebocoran di selang, radiator or blok mesin.
2. Air penuh tp tidak mengalir...bs krn radiator mampet or thermostat rusak.
3. Kipas tidak nyala
4. Stelan mesin terlalu miskin
5. Kompresor ac bermasalah shg ktka ac hidup membebani mesin.

Bs dcek juga sensor temperatur n indikator temp msh sehat g, kali aj udh g beres(spt punya saya)

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 8:45 pm
by zulindra
Air gak muncrat ketika starter berarti gak perlu turun setengah.. coba tutup radiator tetap dibuka sambil nyalain mesin.. kalo meluber, berarti sirkulasi gak lancar.. kalo semuanya fine-fine aja, baru periksa thermostat..

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 9:58 pm
by gaspool
nerazzuriGC wrote:alow om semua GC Freaks... need Helep dan saran nih... :D

Radiator.. oh Radiator....

awalnya disuruh servis radiator karena divonis mampet oleh montir bengkel... (padahal temperatur no problemo) larilah saya esok kemudian ke Rapih Radiator utk diservis sesuai pesen si montir, ternyata sudah beres, sudah tidak mampet lagi, sirkulasi air bagus, dan alhamdulillah tidak ada kebocoran di radiator.. next..

setelah beberapa hari.. eh kok malah temperatur gak stabil, kadang naik.. kadang turun... terutama kalo nyala AC dan lari 80-100km/h, setelah di cek kipas fan radiator memang sudah lemah dan extra fan (fan AC) juga.. jadilah akhirnya beli baru.... next..

setelah temperatur normal, ada lagi masalah lain... tempat di cadangan plastik radiator ngebul alias mendidih kaya masak indomie airnya.. (pake ato gak pake AC tetep aja) asal lari diatas 80-100km/h pasti sampe ditempat tujuan mendidih tuh wadah cadangan (tapi anehnya temperatur normal alias gak overheat), setelah tanya2 info... akhirnya di vonis waterpumnya kudu ganti karena sudah gak bagus, ya jadilah saya beli waterpump (ori) dan langsung dipasang.. dan memang waterpump lama sudah sangat2 mengenaskan kondisinya.. dan gw pikir masalah sudah berhenti disitu... next..

eeeeehhhh..... ternyata sudah ganti waterpump.. massiiiiiiiiih aja begitu :(( , akhirnya gw balik lagi ke Rapih radiator.. dan mobil divonis suruh ganti Packing silinder headnya (turun setengah)... masih ragu dengan keputusan team Rapih, akhirnya lari ke bengkel sperti biasa utk menanyakan apa perlu diikuti saran dari team Rapih tersebut.. dan kata org bengkel tidak perlu sampe begitu.. yg penting temperature masih normal ya gak perlu sampe ganti packing silinder headnya.... dan akhirnya sampe sekarang masih begitu... dan malah kadang mesin terkadang ngelitik... :((

so.... mohon masukan dari sesepuh disini.. apa yg harus dilakukan yaaak...

makasih banyaaaak sudah membaca dan membantu... :D
Coba bantu ya om...
GC saya juga pernah bermasalah di system pendingin engine baik di electrical nya maupun disystem pendingin nya sendiri...
Kebetulan kemaren waktu bermasalah coba ngutak ngutik sendiri eh akhir nya ketemu dan pernah mengalami problem yg sama dgn masalah nya om zuri air mendidih di water recervoir tank kaya masak indomie istilah nya om zuri hehehe...ternyata problemnya ada di tutup radiator om zuri coba om cek karet ditutup radiator keras apa tidak klo keras berarti dia pria sejati om hahahahaha becanda om klo keras berarti karet tutup radiator udah mati om imbasnya kerja tutup radiator tsb kurang maksimal (0.9 Kgf/Cm) biasa ditutup radiator tertera tulisan ini...coba ganti om tutup radiator nya murah ko hehehehe..dan hati2 om klo sampe lambat ganti imbasnya biasanya upper tank ato bahasa yg bisa di mengerti cover plastik atas radiator bisa jebol karna pada saat mesin panas air yg di dlm radiator itu bertekanan tinggi nah pada saat bertekanan inilah fungsi tutup radiator bekerja untuk mengirimkan air yg panas dr radiator ke water reservoir tank untuk didinginkan di recervoir tank...ketika sudah air sdh dingin air kembali ke raditor..tetapi jk tutup radiator udah diganti dan msh panas jg air yg di recervoir tank saya kira system pendinginan nya normal om zuri karna tunggangan nya di geuge temp engine kan normal ga da masalah dgn overheat..klo masalah panas air di recervoir tank itu bakal dingin sendiri om karna memang perinsipnya begitu..itu aja dr saya om zuri..sapa tau yg lain bisa menambahkan ato mencerahkan lg dr penjelasan saya mudahan bermanfaat n sukses to GC.com lovers
By gaspool GC Blue Balikpapan..

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Tue Dec 06, 2011 10:48 pm
by vinas
setelah semua "di atas" dicek, coba deh radiatornya dipenuhin airnya. Yang di reservoir, isi hingga batas maksimal diperbolehkan. Kemudian ambil botol aqua plastik, digunakan sebagai radiator cap. mesin dinyalakan dan digas gas. Kalau airnya naik/masuk ke botol aqua saat digas, biasanya kompresi bocor. So, harus cek silinder head. Jika parah, harus dislep. Panas mesin biasanya sebanding dengan panas hati lhoh...
hehehhe, kalo salah yg senior wajib benerin yaahhh... hehehhe

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Wed Dec 07, 2011 4:10 am
by mads
hmmmm klo saya curiga tutup radiator nih om, coba diganti dulu aja tutupnya..harganya murah ko om sktr 30-35 ribuan

Re: HELEEP... nih om... HELEEEP...

Posted: Wed Dec 07, 2011 10:52 am
by nerazzuriGC
B2389MT wrote:Klo saya dlu, pernah kena msalah temp, temp nya naik turun pdhal udah service radiator.
Ternyata yg kena thermostat nya....

Itu di awal2 kenapa dsuruh service radiator??
mampet katanya om.. makanya disuruh servis..