help Alternator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

help Alternator

Post by onta » Mon Sep 29, 2008 12:52 pm

napa ama mobil gw ya, kok alternator bisa sampe abis 2 biji??
yg pertama angus dioda + kumparan stator.
yg ke dua angus kumparan rotornya.
hiks ... why ........
sekarang pake model kanibal dr 2 alternator td.
abis dirakit, listrik stationer ga bisa sampe 13v.
dah dicoba-coba ganti ic regulatornya tetep hasilnya segitu jg.
dah ditest kabel dari alternator tegangan cm turun 0.02V
brpan sih alternator baru?
beli baru apa bekas ya? takutnya jebol lagi hiks .... :(
knp kok bisa angus gitu ya?
apa kelebihan beban??

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: help Alternator

Post by saitama » Mon Sep 29, 2008 2:01 pm

aki pake yang ebrapa amper om???

suruh tukang dinamo nya ngecek berapa kekuatan charge nya alternator om onta

idelanya output alternator minimal harus 10 ampere lebih gede dari kapasitas aki nya

ex = daya aki 60 amper, maka daya output alterantor minim 70 ampere

setau saya ebrdasarkan dari hasil perhitungan alternator std gc max output nya 80 ampere ( kondisi sehat )

begitchuu....

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: help Alternator

Post by onta » Mon Sep 29, 2008 3:52 pm

aki pake yg 60ah.
td sempet testing mobil stationer, kabel positif aki dilepas, terus nyalain lampu hazard, eh mesin langsung mati.
piye iki, masa ganti alternator?
sempet ke tukang dinamo tanya nggulung lagi kumparan rotor dibilang ga bisa. Katanya nyopot besinya yang syusah. :(

User avatar
badooy
Site Admin
Site Admin
Posts: 10094
Joined: Fri May 23, 2008 8:34 pm
Location: Bintaro - Semanggi - Cicaheum
Contact:

Re: help Alternator

Post by badooy » Mon Sep 29, 2008 5:14 pm

wah... gile juga makan alternator 2...
om, cobain pake aki standar (45A) bisa gak nyampe 13v?
trus ntu kalo digas / rpm 1000an naek ke brp voltage?

klo aki geda gitu ganti alternator gedean jg kali..

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: help Alternator

Post by onta » Mon Sep 29, 2008 6:10 pm

klo pake aki kecilan blom pernah, lagian dah 2 thn gw pake aki 60ah.
di rpm 1000 cm dapet 12,36V ajah :(
klo di gas lagi bisa dapet 14V, tapi klo ac dinyalain langsung drop ke 12,167V
Om Yud, situ kmrn ganti alternator gedean kena brp? punya CRV?

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: help Alternator

Post by meneer » Mon Sep 29, 2008 6:47 pm

onta wrote:klo pake aki kecilan blom pernah, lagian dah 2 thn gw pake aki 60ah.
di rpm 1000 cm dapet 12,36V ajah :(
klo di gas lagi bisa dapet 14V, tapi klo ac dinyalain langsung drop ke 12,167V
Om Yud, situ kmrn ganti alternator gedean kena brp? punya CRV?
sepertinya yg bermasalah itu alternatornya deh om...
punya gw juga pake aki 60A tapi ora popo tuh...

alhamdulillah,ndak pernah telat setrumnyer... :D

kira2 apa dari audio yg seperti diskotek atau perangkat kelistrikan yg nyedotnya nayamul kali om...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: help Alternator

Post by onta » Mon Sep 29, 2008 6:57 pm

Barusan test kecil2an:
1. kabel item/kuning ke arah alternator gw test posisi kontak nyala mesin mati didapet tegangan 11.8V. hmmm kok jauh turunnya ya?
2. Rpm 1500 dapet tegangan 14.3V
3. pake lampu depan (kanan 100w, kiri 55w(barusan putus) ) turun jadi 13.6V
4. ditambah AC langsung drop 13.1V
5. rpm diturunin 1000 tegangan langsung drop ke 12.8V dan semakin menurun (makan tegangan akie)
6. Blower ac (tanpa ac nyala) kok nyedot kenceng ya, stasioner 1000rpm, tanpa beban dapet 12.5V, pake blower tok posisi 4 langsung turun 12.1V dan semakin turun.
7. Cek sekring blower, "ladalah" kok peyot kepanasan ?????

Pertanyaan lagi: apa dinamo blower makan tegangan gedhe??
kenapa pake sekring 30A(std) kok ga putus, malah rumahnya yg angus???

Tapi masih belum nutup kasus alternator stationer ga bisa ngangkat lampu depan :(

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: help Alternator

Post by meneer » Mon Sep 29, 2008 7:06 pm

lha koq turunnya drastis gitu om?
apa ndak ada gejala korsleting gitu?misalkan alternator panas kalo baru dinyalaken...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

dodon_nouva90

Re: help Alternator

Post by dodon_nouva90 » Mon Sep 29, 2008 7:48 pm

emm,kmrn gw beli alternator second ex-singapur 400an om,
kondisinya masi bagus tapinya..
kmahalan ga si om??
ga tau harga soalnya kmrn belinya
punya gw kmrn da jebol parah soalnya,
trus buru2 harus pulang jakarta,
jadi ga survey dulu d,....

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: help Alternator

Post by pauluspaska » Mon Sep 29, 2008 8:19 pm

Om, tes Alternator dalam keadaan tanpa beban. Di manual ada aturannya tuh untuk cek keadaan alternator. Kalo ini sudah dipenuhi dengan kata lain sudah sesuai standar, maka
Dugaan gw sih ada beban berlebih kalo dari cerita sampeyan itu. Ada sekring yang kepanasan tapi gak putus, artinya ada kabel yang kekecilan atau yang short tapi gak banyak. Blower gulungan kawatnya ada yang short kali tuh...
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply