Page 1 of 6

turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Thu May 31, 2012 12:07 pm
by maverick_1146
dear om2 para senior grand civic.com :) :) ,

om om saya ada masalah dengan engine saya, mobil saya LX 89, packing sering bocor :( :(
dan setelah dicek ternyata booring jacketnya udah keropos karena usia, sehingga packing sering bocor dan aer masuk ke piston :(
akhirnya pernah saya akalin (DIY kerennya) pake resin untuk menambal booring jacket yang keropos itu...eh hasilnya ga maksimal :(( :((
..... dan ternyata tetep aja packing bocor dan aer masuk ke piston lagi .. (oo iya catatan om..dalam setahun bisa ganti packing 2 kali ) :(( :((

yang saya mo nanya ato share ke om om.. enaknya ato lebih ekonimis mana antara :
1. turun mesin trus ganti booring, piston stang dll yang dibutuhin untuk standart turun mesin tetapi tetep standart tanpa oversize, kalo emank ganti apa aja yang diganti
2. ganti mesin (ato kerennya swap engine) untuk yang blok bawah aja, klo emank harus swap engine mungkin om om bisa ngasih saran type apa yang bagus untuk harian
tapi agak kenceng ( sekalian naek step).. D15b, ZC, B16 ato apa saya agak ga ngerti :D :D

mungkin bisa ada yang bantu saya om soale lagi bingung nih om..sekalian mungkin ada yang bisa bantu saya untuk harga harga antara opsi 1 dan opsi 2,
jadi bisa ketahuan ekonomis yang mana om :) :)

begitu dulu om info dari saya, maklum om newbie jadi masih butuh bimbingan om om sunior

terima kasih...salam GC.Com

maaf kl balesnya mungkin agak lama karena saya ada di dalem hutan di kalimantan jadi harap maklum om :D :D

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Thu May 31, 2012 12:47 pm
by leo_nerd
sama ni sama lx saya, pas buka head, pada kropos head sama blok bwhnya.
Kalo saya kemaren ganti head+isinya ex singapore bli di joglo
blok bwhnya juga ganti tapi pake punya ferio lokal, jeroannya msh pake yg lamanya...

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Thu May 31, 2012 3:20 pm
by adeindra
coba searching curhatnya temen2 yang pernah turun mesin om

kalo saya sendiri sih pilih swap ke D16ZC ... naik cc... tambah kenceng... keluar duitnya relatif sama

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Thu May 31, 2012 6:15 pm
by black_lx
B16 ae om... kan om hans senengane biayakan nek nyetir.... :D

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Thu May 31, 2012 7:18 pm
by indra trisna
opsi 2 aja om, swap d16zc aja part2nya masih banyak dan harga partnya relatif lebih murah, kalau b16 katanya partnya udah agak susah dan reltif agak mahal, tapi tergantung budget & kebutuhannya apa??? :D :D

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Fri Jun 01, 2012 7:23 am
by adeindra
Betul... Kalo akhirnya milih B16A.. Biayanya ya jadi melonjak jauh dong.. Ya tergantung dana lah... Mau B16A nemplok sampe jalan 25juta sekarang dapet kaga yaaaaa.

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Fri Jun 01, 2012 8:17 am
by ega_culun
indra trisna wrote:opsi 2 aja om, swap d16zc aja part2nya masih banyak dan harga partnya relatif lebih murah, kalau b16 katanya partnya udah agak susah dan reltif agak mahal, tapi tergantung budget & kebutuhannya apa??? :D :D
Contohnya saya (indra trisna) yg memilih swap ke d16zc walaupun mesin std masih normal2 saja.gitu donk om indra komentarnya.. =)) =)) =))
adeindra wrote:Betul... Kalo akhirnya milih B16A.. Biayanya ya jadi melonjak jauh dong.. Ya tergantung dana lah... Mau B16A nemplok sampe jalan 25juta sekarang dapet kaga yaaaaa.
lah,kmrn denger2 malah tembus 50jtan om klo sampe jalan normal x_x

biar g oot..Sebenarnya sih semua itu disesuaikan dengan kebutuhan om.
kalau saya cenderung swap.biar makin enak dibawa lari2 kecil.dan budgetnya kurlep gak jauh banged kog bedanya. :D

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Fri Jun 01, 2012 9:28 am
by *jarno*
antara swap ZC vtec (D16Z6) atau full turun mesin, bedanya cuma +/-2jt om..
dengan catatan tetap pakai karbu, malah kalo internal engine si ZC masih sehat (ga perlu ganti metal2) bisa sejutaan aja bedanya.

tenaga jelass bedaaaa,heheh..

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Fri Jun 01, 2012 2:41 pm
by Ctrl_Alt_Del
klo dapet mesin yg bagus, ya mending swap..
nomor mesin copy paste di tukang las babet..
tp klo dapet mesin butut, yah ongkosnya juga jd double..
jd beli mesin klo bisa dipretelin gelundungan gede ajah..

di sebelah ada yg jual blok B20 udah dibolongin buat girbok Dseries tuh.. jd swap masih pake girbok aslinya, klo mau irit beli karbu 2 barrel modif intake ama tinggal beli head b20nya.. kapan2 klo ada dana lagi bisa naek head b16, injeksi, dll

wkwkwkwwkw....





.

Re: turun mesin ato swap engine enaknya??

Posted: Fri Jun 01, 2012 2:47 pm
by maverick_1146
adeindra wrote:coba searching curhatnya temen2 yang pernah turun mesin om

kalo saya sendiri sih pilih swap ke D16ZC ... naik cc... tambah kenceng... keluar duitnya relatif sama
iya nih om masih butuh banyak bimbingan ...bingung juga nih om... :-o :-o