wta : porting polishing

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: wta : porting polishing

Post by meneer » Tue Oct 07, 2008 12:49 pm

el_meler wrote:ada yg pernah kaga ??? tuh efeke kek piye....trus how much do i must pay ???? jatim sini yg bsa dimana yo ??? :D
ayo sini bawa ke sby...buruan mumpung bengkelnya masi sepi :D







[KOMPOR MODE : ON] :twisted:
Last edited by meneer on Tue Oct 07, 2008 3:46 pm, edited 1 time in total.
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: wta : porting polishing

Post by pauluspaska » Tue Oct 07, 2008 1:19 pm

Cihuuuy! ada yang kekomporan....
PnP memang siiiip dah!
Jossss banget, RPM bisa ketahan di 3000 buat matik, D3 panjang banget...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: wta : porting polishing

Post by saitama » Tue Oct 07, 2008 10:30 pm

wuakakkakakakak

ayooo bawa ke sby mumpung bengkel andalan member sby lagi sepi niiihhh

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: wta : porting polishing

Post by bisatyo » Wed Oct 08, 2008 8:14 am

pauluspaska wrote:Cihuuuy! ada yang kekomporan....
PnP memang siiiip dah!
Jossss banget, RPM bisa ketahan di 3000 buat matik, D3 panjang banget...
wew, mksdnya bs ketahan di 3000 gmn tu om,?

btw, ada yg tw tmp PnP di jogja,? :mrgreen:

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: wta : porting polishing

Post by pauluspaska » Wed Oct 08, 2008 10:25 am

maksut ane, RPM bisa nyampe 3000 tanpa harus *ngeden gitu...
Trus waktu kick down bisa ditahan di 3000 untuk D3 dan masih panjaaaaaang...kalo yang udah biasa pake matik tahu rasanya dan perlunya nahan di RPM segitu buat dapetin torsi.
* sangat diperlukan buat tarik-tarikan di cipularang hehehehe...

Dulu habis kurang dari Rp 1 K K, bengkel kecil di bandung.
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
bisatyo
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 829
Joined: Tue Jul 08, 2008 1:08 pm
Location: Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: wta : porting polishing

Post by bisatyo » Wed Oct 08, 2008 12:21 pm

wow, enak jg tu kykny :mrgreen:
GC gw rpm 3000 ke bwh ga enak bgt, apa karena matic y,?

kalo soal kickdown gw jg sering, tp kalo gasnya di lepas lsng pindah gigi, kalo mw ditahan ya bejek terus smp 5000-an, maknyus larinya,, hwuehue5

General Lee

Re: wta : porting polishing

Post by General Lee » Thu Oct 09, 2008 2:04 pm

saitama wrote:wuakakkakakakak

ayooo bawa ke sby mumpung bengkel andalan member sby lagi sepi niiihhh

wah kompor rinnai. awas mledug. :D

udah bawa ke SBY aja. kirimin ke saitama ntar digarap.

licin, irit, trus bisa ngibrit.

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: wta : porting polishing

Post by meneer » Thu Oct 09, 2008 2:08 pm

skalian tuh yan,komporin pasang turbo truk gila.haha :D
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

General Lee

Re: wta : porting polishing

Post by General Lee » Fri Oct 10, 2008 9:07 pm

ngomongin porting kudu tahu flow bench test. alat itu untuk mengukur efisiensi volumetrik sebuah porting. satuan menggunakan CFM

anggap saja begini, dalam keadaan standar sebuah mesin berkapasitas 1000 cc punya efisiensi volumetrik 50% (tidak pernah ada mesin N/A yang efisiensinya sampai 100% termasuk mesin balap sekalipun. kecuali mesin force induction turbo atau supercharger) berarti yang bisa diisap hanya 500 cc saja jika dibagi 4 berarti masing-masing silinder cuma 100 lebih sekian.

dengan porting diharapkan terjadi perubahan efisiensi volumetrik yang tadinya 50% bisa meningkat jadi 60% atau bahkan lebih. itulah kenapa porting bisa menambah power.
sekali lagi diingat bohong juga kalau porting gak boleh licin.

nih ada rujukan dari buku flow bench
sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 % (sitting klep)
8. expansion exiting valve 31 % (disinilah 3 valve angel job dikerjakan)

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.
jika sudah tahu ke-8 faktor ini gue yakin pada bisa bikin porting sendiri.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?

foto copy perlembar 10.000 kalau gak salahada 20 lembar jadi 200.000. he, he, he

tenang bercanda bro. kalau mau bisa foto copy gratis,tapi ke tukang foto copynya tetep bayar sendiri. hua, hua, hua, hua

General Lee

Re: wta : porting polishing

Post by General Lee » Fri Oct 10, 2008 9:09 pm

meneer wrote:skalian tuh yan,komporin pasang turbo truk gila.haha :D

saitama lagi ngebet pasang turbo, tapi kegedean, jadi turbo truknya kagak bisa masuk.
eh dia skr lagi ngerayu temen gue supaya superchargernya dijual (krn pengein masang) tapi orangnya gak mau.

kalau sip lagi pasang kompresor tambal ban, boostnya gede banget tuh. hua, hua, hua :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

Post Reply