Page 1 of 4

Re: wta : porting polishing

Posted: Tue Oct 07, 2008 12:49 pm
by meneer
el_meler wrote:ada yg pernah kaga ??? tuh efeke kek piye....trus how much do i must pay ???? jatim sini yg bsa dimana yo ??? :D
ayo sini bawa ke sby...buruan mumpung bengkelnya masi sepi :D







[KOMPOR MODE : ON] :twisted:

Re: wta : porting polishing

Posted: Tue Oct 07, 2008 1:19 pm
by pauluspaska
Cihuuuy! ada yang kekomporan....
PnP memang siiiip dah!
Jossss banget, RPM bisa ketahan di 3000 buat matik, D3 panjang banget...

Re: wta : porting polishing

Posted: Tue Oct 07, 2008 10:30 pm
by saitama
wuakakkakakakak

ayooo bawa ke sby mumpung bengkel andalan member sby lagi sepi niiihhh

Re: wta : porting polishing

Posted: Wed Oct 08, 2008 8:14 am
by bisatyo
pauluspaska wrote:Cihuuuy! ada yang kekomporan....
PnP memang siiiip dah!
Jossss banget, RPM bisa ketahan di 3000 buat matik, D3 panjang banget...
wew, mksdnya bs ketahan di 3000 gmn tu om,?

btw, ada yg tw tmp PnP di jogja,? :mrgreen:

Re: wta : porting polishing

Posted: Wed Oct 08, 2008 10:25 am
by pauluspaska
maksut ane, RPM bisa nyampe 3000 tanpa harus *ngeden gitu...
Trus waktu kick down bisa ditahan di 3000 untuk D3 dan masih panjaaaaaang...kalo yang udah biasa pake matik tahu rasanya dan perlunya nahan di RPM segitu buat dapetin torsi.
* sangat diperlukan buat tarik-tarikan di cipularang hehehehe...

Dulu habis kurang dari Rp 1 K K, bengkel kecil di bandung.

Re: wta : porting polishing

Posted: Wed Oct 08, 2008 12:21 pm
by bisatyo
wow, enak jg tu kykny :mrgreen:
GC gw rpm 3000 ke bwh ga enak bgt, apa karena matic y,?

kalo soal kickdown gw jg sering, tp kalo gasnya di lepas lsng pindah gigi, kalo mw ditahan ya bejek terus smp 5000-an, maknyus larinya,, hwuehue5

Re: wta : porting polishing

Posted: Thu Oct 09, 2008 2:04 pm
by General Lee
saitama wrote:wuakakkakakakak

ayooo bawa ke sby mumpung bengkel andalan member sby lagi sepi niiihhh

wah kompor rinnai. awas mledug. :D

udah bawa ke SBY aja. kirimin ke saitama ntar digarap.

licin, irit, trus bisa ngibrit.

Re: wta : porting polishing

Posted: Thu Oct 09, 2008 2:08 pm
by meneer
skalian tuh yan,komporin pasang turbo truk gila.haha :D

Re: wta : porting polishing

Posted: Fri Oct 10, 2008 9:07 pm
by General Lee
ngomongin porting kudu tahu flow bench test. alat itu untuk mengukur efisiensi volumetrik sebuah porting. satuan menggunakan CFM

anggap saja begini, dalam keadaan standar sebuah mesin berkapasitas 1000 cc punya efisiensi volumetrik 50% (tidak pernah ada mesin N/A yang efisiensinya sampai 100% termasuk mesin balap sekalipun. kecuali mesin force induction turbo atau supercharger) berarti yang bisa diisap hanya 500 cc saja jika dibagi 4 berarti masing-masing silinder cuma 100 lebih sekian.

dengan porting diharapkan terjadi perubahan efisiensi volumetrik yang tadinya 50% bisa meningkat jadi 60% atau bahkan lebih. itulah kenapa porting bisa menambah power.
sekali lagi diingat bohong juga kalau porting gak boleh licin.

nih ada rujukan dari buku flow bench
sumber2 yang menyebabkan sebuah flow berkurang ada 8.
1. wall friction 4 % (ini yang disebut bikin licin porting)
2. contraction at push-rod 2 %
3. bend at valve guide 11 %
4. expansion behind valve guide 4 %
5. expansion 25 derajat 12 %
6. expansion 30 derajat 19 %
7. bend to exit valve 17 % (sitting klep)
8. expansion exiting valve 31 % (disinilah 3 valve angel job dikerjakan)

total 100 %

jika semua bisa diminimalisasi otomatis flow potensial sebuah mesin bagus.
jika sudah tahu ke-8 faktor ini gue yakin pada bisa bikin porting sendiri.

ada nih bukunya lagi gue baca. Mau?

foto copy perlembar 10.000 kalau gak salahada 20 lembar jadi 200.000. he, he, he

tenang bercanda bro. kalau mau bisa foto copy gratis,tapi ke tukang foto copynya tetep bayar sendiri. hua, hua, hua, hua

Re: wta : porting polishing

Posted: Fri Oct 10, 2008 9:09 pm
by General Lee
meneer wrote:skalian tuh yan,komporin pasang turbo truk gila.haha :D

saitama lagi ngebet pasang turbo, tapi kegedean, jadi turbo truknya kagak bisa masuk.
eh dia skr lagi ngerayu temen gue supaya superchargernya dijual (krn pengein masang) tapi orangnya gak mau.

kalau sip lagi pasang kompresor tambal ban, boostnya gede banget tuh. hua, hua, hua :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: