discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
ludi0612
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
- Location: serpong - tangerang
-
Contact:
Post
by ludi0612 » Sun Jul 15, 2012 3:52 am
Mau laporan sudah dua hari ini si maroen, aga ngambek..gejala pertama adalah ketika mau kerja lewat tol BSD di ajak lari joging sampe 120kpj - 140kpj (ngos-ngosan bgt) after itu gas nya ga mau balik ke idle..bertahan di rpm 2000an lebih dikit..waduh kenapa nich si maroen..setelah bayar tol mampir dulu sebentar dipinggir, buka kap mesin..di sengol2 kabel gas nya sama vacum2 nya..keliatanya normal2 aja..kemudian engine dimatikan terus di start lagi..baru balik lagi normal, tapi idle nya terasa ga enak..karena dikejar pekerjaan, akhirnya lanjut dulu aja ke cikarang..yang terasa..FC jadi lebih boros..nah tadi pagi coba diliat-lihat lagi, terus disempatkan beli carb cleaner merk STP..(adanya itu) terus coba disemprot2 ke carb..terus geber2 mesin dalam kondisi diam..hasilnya kejadian yang sama wktu di tol 2 hari lalu..gas ga mau balik ke idle..akhirnya menyerah langsung lari ke bengkel langganan di bogor deh..(wr jambu Mang engkus)..sampe di bengkel jam 12 siang..muacet bgt, dengan kondisi idle semakin ga enak..sampe akhirnya alhmdlh sampe juga ke bengkel..lalu dichek-check sama beliau, pertama adalah di chek businya..dari warna electroda busi keliatannya masih bagus, walu banyak juga jelaganya..
![Sad :(](./images/smilies/2.gif)
setelah itu coba di setel kembali putaran angin dibelakang karbu sambil sebelumnya diterapi dulu menggunakan engine conditioner dcs (lumayan ampuh kerak kotoran dikarbu pada melele)...lalu dicoba start lagi..hasilnya lumayan better dari sebelumnya..tapi tetep masih ada gemeter pada saat idle (sedikit lagi) disetel2 tetep saja ga dapet..seharusnya jika putaran lansam/idle yang besar di tutup kan mesin mati ya, kalo si maroen ini malah masih aja hidup...disinyalir ada saluran angin yang masih mampet karena ada kotorannya..akhirnya divonis musti overhaul karbu alias dibongkar...tapi karena berhubung tadi sekalian antar anak berobat..akhirnya di tunda dulu..mungkin hari selasa baru dilanjutkan...penasaran juga sih..
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
...ada yang punya pengalaman serupa? ....
-
adeindra
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 14020
- Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm
Post
by adeindra » Sun Jul 15, 2012 11:56 am
Ya bener. Bongkar total karbu karena pembersihkan dengan cairan2 itu kaga bakal maximal hasilnya.
Yang bengkal lakukan langkahnya dan bener kok itu.
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Sun Jul 15, 2012 12:20 pm
Keknya throttle #2nya ga mau nutup rapet om.... kalo throttle #2 kebuka dikit aja RPM dah naik jauh... dan otomatis FC jadi boros...
Bongkar total lebih mantaab....
-
ludi0612
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
- Location: serpong - tangerang
-
Contact:
Post
by ludi0612 » Tue Jul 17, 2012 3:34 pm
@opa ade, sama @ pa'de gung...iya ni om..cuma waktunya ni..masih sibuk bgt...hari kamis deh mampir ke bengkel lagi, overhaul carb..kalo pake dual carb mesin standar, tenaga tambah besar ga ya? tapi apa bisa masih irit ya?..ngarep..hehehe pengenya tenaga besar tapi irit..yang udah pake dual carb topspeed kena berapa ya, si maroen paling 140kpj itu juga sangat ngos2san....tiap gigi mesti dihabiskan..
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Tue Jul 17, 2012 9:25 pm
Biasaanya gitu om kalau digeber kenceng, kotoran tangki naik semua ke karbu menyumbat lubang-lubang kecil ditambah dengan kotoran yang numpuk lama di katup secondary.
Saran saya, 1bulan sekali turun karbu setengah saja (tutup atas karbu).
Kuasai trik-trik bersihin karbu tanpa buka karbu dan kuasai juga setel karbu.
Gampang kok
Grandcivic Kaca Gelap
-
ludi0612
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
- Location: serpong - tangerang
-
Contact:
Post
by ludi0612 » Thu Jul 19, 2012 9:55 pm
lapor lagi om, kemaren hari rabu niatnya mau service / overhaul carbu..buat nuntasin problemnya, nah perjalanan ke bogor lewat ciseeng dari serpong..kebetulan walaupun jalannya jelek tapi ada spot2 tertentu yang lumayan bagus ( dikit aja sih)..nah dijalan yang lumayan bagus itu coba digeber sekali doank sampe rpm 5000..nah sampe dibengkel..ternyata endut2nya bener sendiri..mungkin kotorannya ke isep ke ruang bakar kali ya..alhasil yang tadinya mau overhaul carbu akhirnya cuma setel putaran angin doang..akhirnya bongkar kaki depan deh, ganti ball joint atas 165k merknya ga jelas beli di irian motor Jl pengadilan bogor..hehehe..besoknya alias hari ini tadi digeber di tol lumayan 140kpj gampang bgt, dan irit bgt 50 rb cukup dari bogor selatan deket BNR terus ke cimanggu antar nyokap lanjut ke jagorawi via tol wr jambu bogor yang tembus ke sentul selatan, masuk JORR ke cikarang terus pulangnya keadaan macet keluar cikarang barat lanjut ke serpong lewat tol BSD, bensin blm isi lagi..mantaff ya, ternyata biar standar kalo mesin sehat, karbu walafiat..tenaga dapet irit dapet..140kpj rpm 4000, benernya masih bisa naik lagi cuma jalan keburu abis..bisa buntutin inova..edun nya..btw..kalo sering2 pake car cleaner (dcs, stp atau sebangsanya) bikin seal klep cepet melar ga ya??
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
-
ludi0612
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 01, 2012 6:57 am
- Location: serpong - tangerang
-
Contact:
Post
by ludi0612 » Thu Jul 19, 2012 9:58 pm
pauluspaska wrote:Biasaanya gitu om kalau digeber kenceng, kotoran tangki naik semua ke karbu menyumbat lubang-lubang kecil ditambah dengan kotoran yang numpuk lama di katup secondary.
Saran saya, 1bulan sekali turun karbu setengah saja (tutup atas karbu).
Kuasai trik-trik bersihin karbu tanpa buka karbu dan kuasai juga setel karbu.
Gampang kok
ajarin dong om...hehehehe..ane masih awam masalah perkarburatoran mobil mah, kalo motor sih berani bongkar sendiri kalo mobil..belum pernah..bikin diy dong om paulus..heheheh
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
-
adeindra
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 14020
- Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm
Post
by adeindra » Fri Jul 20, 2012 8:19 am
ada kok threadnya om...kan om paulus udah banyak banget sharing soal hal itu di thread resources
noh
viewtopic.php?f=12&t=120
jangan ragu deh untuk liat thread DIY kita di resources... banyak banget yang bisa kita pelajari
-
ketut kertos
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 12
- Joined: Fri May 13, 2016 4:30 pm
Post
by ketut kertos » Sun Oct 09, 2016 12:11 pm
Siang om. Kmrn coba2 carbu habis di semprot pake carbu cleaner merk S*P dlm kondisi idup tapi langsung mati setelah itu gak mau nyala sampe accu tekor buat start. Kira2 solusinya gimana ya Om? Matur nuwun..
-
Pa'de Gung
- Site Admin
![Site Admin Site Admin](./images/ranks/spanner_rank_5_webmaster.gif)
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Post
by Pa'de Gung » Sun Oct 09, 2016 8:35 pm
gpp om, harusnya waktu nyemprot di rpm tinggi..jadi ga sampai mati..
dan nyemprotnya bertahap...begitu mesin mau mati stop nyemprot.
kalo terlanjur mati start harus gas tinggi..ato tunggu beberapa saat supaya cairan berkurang dulu.