Page 1 of 3

ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 12:54 am
by PaSteL
Numpang nanya ya omom disini, sama salam kenal hehhee. Saya ada rencana mau nyari nouva. Selama ini info yg saya punya hanya nouva pake mesin d13 sama nouva masuk Indo 2x. Tahun 88-89 & 90-91. Info dari google, maaf kalo salah hehe

Langsung topik aja ya om hehe.
Saya ada rencana nantinya engine swap pake d16y8 eks ferio lokal / zc non vtec ke nouva. Ada liat di index bagian engine swap, tapi berhubung newbie jadi pengen nanya langsung ama sepuh di sini :D
Yg saya bingung Sistem bahan bakarnya beda. Dari karbu ke injeksi. Apa aja yg saya butuhin untuk swap tersebut? Di pikiran saya sekarang part yg harus di kumpulin :
1. Engine lengkap ( head & block)
2. Intake, TB, fuel rail, sensor2 dan teman - teman.
3. Ecu & wiring
4. Fuel pump ( disini saya bingung, karena setau saya sistem fuel pump mbl karbu sm injeksi beda)
5. Exhaust ---> muffler
6. ...........

dari list yg saya tulis di atas apa ada yg masih kurang? Apa mesin d16 bisa langsung ngeplak ke gearbox bawaan nouva?

Trus mau nanya lagi, kalo mesin bawaan nouva yg d13 hanya headnya aja di ganti head P08 / p2j & digant pake injeksi hasilnya gimana? Haru pakai ecu apa? Dan bisa dapet brp hp & tq?

Mohon info dari om-om disini :D

Terimakasih...

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 10:32 am
by adeindra
bisa langsung ngeplak.cukup lah kali partnya
terkait apakah d13 dipasang head vtec,sayadah melakukan walau engga injeksi. hasilnya enak aje
ecu p08 or p28 kan

maaf kalo salah soalnya belum naik injeksi sih

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 10:58 am
by PaSteL
adeindra wrote:bisa langsung ngeplak.cukup lah kali partnya
terkait apakah d13 dipasang head vtec,sayadah melakukan walau engga injeksi. hasilnya enak aje
ecu p08 or p28 kan

maaf kalo salah soalnya belum naik injeksi sih
Makasih mas udah bales :)
Di tempat saya gak tau udh ada yg sukses belom ngidupin vtec kalo pake karbu :(

Kalo d13 + p08 pake ecu p08/p28 bakal boros bener gak ya? Soalnya pasang piggyback terakhiran. Tunggu jalan2 ke Ibu kota hehe

Oia mas, d13 + p08 kompresinya jadi berapa ya?

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 12:03 pm
by wadikara
Mau ngeshare aja nih soalnya emang baru abis swap d16 ke nova, jg mngkin bisa bantu
Transmisi ga bermasalah sama sekali, langsung plek. Tapi mungkin kelemahan pake transmisi bawaan nova kopling dia bukan hidrolis (kalo kata suhu2 lain hidrolis bs nambah 10hp). Sisanya ga masalah, dudukan mesin jg ga harus diganti.

Masalah perbensinan ane sih dibeliin pomba bensin lg. jadi dr tanki bensinnya, dibuatin jalan baru buat ke.

Kalo ane sih pengalamannya begitu hehe suhu2 kalo ada salah mohon dikoreksi newbie jg ane :D

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 4:44 pm
by PaSteL
wadikara wrote:Mau ngeshare aja nih soalnya emang baru abis swap d16 ke nova, jg mngkin bisa bantu
Transmisi ga bermasalah sama sekali, langsung plek. Tapi mungkin kelemahan pake transmisi bawaan nova kopling dia bukan hidrolis (kalo kata suhu2 lain hidrolis bs nambah 10hp). Sisanya ga masalah, dudukan mesin jg ga harus diganti.

Masalah perbensinan ane sih dibeliin pomba bensin lg. jadi dr tanki bensinnya, dibuatin jalan baru buat ke.

Kalo ane sih pengalamannya begitu hehe suhu2 kalo ada salah mohon dikoreksi newbie jg ane :D
Sip mas. Makasih jawabannya.

Mas saya mau tanya. Kan ngeplak langsung tuh blok d16 ke gearbox d13. Slip gak mas koplingnya kalo di bawa ngebut?
Stage 1 d16 kan biasanya bisa dapet 150hp.

Trus kalo slip. Misal ganti kopling aftermarket cari yg untuk apa mas? Bisa gak gearbox nouva pake kopling set estilo?

Masalah wiring nih masih bingung hehe

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Wed Aug 15, 2012 5:29 pm
by sayurasem
PaSteL wrote:
adeindra wrote:bisa langsung ngeplak.cukup lah kali partnya
terkait apakah d13 dipasang head vtec,sayadah melakukan walau engga injeksi. hasilnya enak aje
ecu p08 or p28 kan


maaf kalo salah soalnya belum naik injeksi sih
Makasih mas udah bales :)
Di tempat saya gak tau udh ada yg sukses belom ngidupin vtec kalo pake karbu :(

Kalo d13 + p08 pake ecu p08/p28 bakal boros bener gak ya? Soalnya pasang piggyback terakhiran. Tunggu jalan2 ke Ibu kota hehe

Oia mas, d13 + p08 kompresinya jadi berapa ya?


Kalo saya pake tachometer+solenoid om buat ngidupin pitec nya ,
Btw saya jg tetep pake karbu jg koq.

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Thu Aug 16, 2012 7:30 pm
by PaSteL
sayurasem wrote:
PaSteL wrote:
adeindra wrote:bisa langsung ngeplak.cukup lah kali partnya
terkait apakah d13 dipasang head vtec,sayadah melakukan walau engga injeksi. hasilnya enak aje
ecu p08 or p28 kan


maaf kalo salah soalnya belum naik injeksi sih
Makasih mas udah bales :)
Di tempat saya gak tau udh ada yg sukses belom ngidupin vtec kalo pake karbu :(

Kalo d13 + p08 pake ecu p08/p28 bakal boros bener gak ya? Soalnya pasang piggyback terakhiran. Tunggu jalan2 ke Ibu kota hehe

Oia mas, d13 + p08 kompresinya jadi berapa ya?


Kalo saya pake tachometer+solenoid om buat ngidupin pitec nya ,
Btw saya jg tetep pake karbu jg koq.
Maksudnya kalo tetep 1300cc pake head p08 + injeksi idealnya pake ecu apa hehhee

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Fri Aug 17, 2012 4:29 pm
by wadikara
PaSteL wrote:
wadikara wrote:Mau ngeshare aja nih soalnya emang baru abis swap d16 ke nova, jg mngkin bisa bantu
Transmisi ga bermasalah sama sekali, langsung plek. Tapi mungkin kelemahan pake transmisi bawaan nova kopling dia bukan hidrolis (kalo kata suhu2 lain hidrolis bs nambah 10hp). Sisanya ga masalah, dudukan mesin jg ga harus diganti.

Masalah perbensinan ane sih dibeliin pomba bensin lg. jadi dr tanki bensinnya, dibuatin jalan baru buat ke.

Kalo ane sih pengalamannya begitu hehe suhu2 kalo ada salah mohon dikoreksi newbie jg ane :D
Sip mas. Makasih jawabannya.

Mas saya mau tanya. Kan ngeplak langsung tuh blok d16 ke gearbox d13. Slip gak mas koplingnya kalo di bawa ngebut?
Stage 1 d16 kan biasanya bisa dapet 150hp.

Trus kalo slip. Misal ganti kopling aftermarket cari yg untuk apa mas? Bisa gak gearbox nouva pake kopling set estilo?

Masalah wiring nih masih bingung hehe
Wah kalo slip2an sih emng kerasa kopling rada krg gigit, dibanding honda yg baru2 :D kopling saya jg msh yg lama si blm gnti baru mngkin ngaruh jg kali ya

Kalo kopling aftermarket ane ga prnh nyari om, ga terlalu ngerti jg hehe toh kalo buat harian, mending pake pnya oem, msh nyaman (Y)

Wiring cari aja skalian sama mesin glundungan, sy juga gitu. Nyari yg wiring+ecu

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Fri Aug 17, 2012 9:00 pm
by pelurutajam
Sekedar shear, kalo shortblok d13+sil head P08+injeksi bisa pake ecu P08 aato P28, setau say klo ecu P08 ada kabel utk 02 sensor biasa untk market eropah, dan klo P28 klo ga salah ga bth O2 sensor (mohon korekssinya suhu2). Sy dl pake d13+head tsd+inject+ecu P08 hasilnya berasa powernya nambah, dan sy pernah test FC yg biasanya 1:11ltr bisa tembus 1:16,5 ltr..tergantung kaki jg..dl sy pake intake and throtle body mesin d15b, dan ada kawan sy pake intake plenum + TB ferio cuman hasilnya wkt itu kurang memuaskan..

Re: ASK : D16 on EF

Posted: Sat Aug 18, 2012 4:10 am
by mboel
ni pastel aka joko palembang bkn yaa..maap klo salah :D

Bantu jawab pertanyaannya :
Gearboks std nouva ngeplek dipasang mesin injection intinya kl kode mesinnya msh sama" D series msh bs saling subtitusi *sotoy mode : on :D
Klo saia sii lbh prefer gearboks std nouva(kabel)drpda gearboks gentilo(hidrolis) krn ada tmn"yg pke hidrolis tiba"suka ngeloss pdhl koplingnya udh yg heavy duty kl kabel law maintenance kl knapa"paling kabelnya yg putus..

enak loh nouva zc vtec stdrn PnP bs dpt HP skitar 150-160an bs nyalip mbl"muda *kompooor :D