indikasi awal kerusakan pada Mobil GC ersi Lokal Indonesia

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

indikasi awal kerusakan pada Mobil GC ersi Lokal Indonesia

Post by b2199nb » Sun Oct 07, 2012 9:59 am

Iseng bikin ini gara2 salah persepsi pas cdi mati total, langsung aja ya.

Q: apa yg bisa dijadikan indikator awal ketika harus ganti Koil??
A: Pada saat mobil dlm keadaan dingin, mobil akan mudah distater, dan bisa digunakan normal, tetapi yg membedakannya, ketika sudah mematikan kendaraan. Ketika hanya sebentar saja (temp mesin mobil masih panas normal) dan coba dihidupkan kembali akan sulit mengarah tidak bisa hidup.
Tidak usah panik, buka kap mesin, periksa panasnya distributor, jika panas sekali, coba kompress menggunakan kain basah, hingga tidak panas, baru coba stater lagi, jika bisa hidup, itu tandanya koil sdh hrs ganti.

Q: apa yg bisa dijadikan indikator awal CDI harus ganti?
A: jawabannya tidak ada indikator awalnya, jika CDI mati atau rusak, mobil dinyalakan sebentar ketika keadaan dingin hanya bisa sebentar saja, paling lama 1mnt, dan mesin mobil akan mati dan tidak bisa dinyalakan lagi, pencegahannya dengan perawatan pada delco, jika yg blm pernah ganti, sebaiknya ganti, perawatannya mudah kok, cek seal O ring delco (posisinya jika delco dicopot, ada yg masuk ke dlm Head), cek kadar oli didlm delco, jika sdh tidak normal (CDI sangat basah oleh oli) maka hrs segera ganti seal as delco

Q: apa indikator awal dinamo stater rusak?
A: ketika stater awal, terserah kondisi mesin dlm keadaan panas atau dingin, hanya mengeluarkan suara cetek..cetek saja, walaupun pada akhirnya mesin bisa idup, segera servis dinamo stater, mungkin arengnya sdh abis, atau kotor, angkur nya sdh tipis. Cek juga apakah terdapat oli didlm dinamo stater, karena jika iya, bisa menimbulkan korslet.

Q: apa indikator awal dinamo ampere rusak?
A: sebetulnya pada spedometer ada instrumen yg memberitahu kondisi itu, tp itu sdh termasuk telat, kejadian yg terjadi pada indikator awal bisa diliat dari stater awal yg agak berat (terutama pada pagi hari), tetapi mesin msh bisa nyala, klo ada kejadian seperti itu, segera ke bengkel terdekat minta cek arus listrik mobil menggunakan multitester, yg saya inget angka nya hrs diatas 13 aja, satuannya lupa klo gak salah Ampere deh, jika dibawah itu harus diservis, dan cek kondisi Aki juga, sdh hrs diganti atau blm??

Q: kenapa air radiator berkurang trus tiap hari?
A: yg hrs dilakukan cek kebocoran, selang2 jalur air radiator hrs diperiksa semua, jika perlu diganti jgn ragu2 ganti semua bersamaan, jika bugdet minim, ganti yg rusak saja, tetapi jika sdh ada budget segera ganti yg lainnya, jika tidak ditemukan kebocoran secara visual, gunakan alat yg ada tutup radiator pada ujungnya, dan ada petunjuk tekanan udara (alatnya seperti pompa ban) pasang ditekanan 1psi, jika dlm 5mnt tekanan udara itu berkurang maka ada kebocoran, disarankan ganti semua selang2 karet dan selang besi (posisi dibawah karburator), jika masih berkurang segera turun mesin setengah, untuk melihat air radiator sdh ada yg masuk ke ruang pembakaran atau blm.

Q: kapan hrs ganti membran bensin
A: ketika mobil tidak bisa distater, cek pengapian terlebih dahulu, jika pengapian aman, buka selang bensin yg jalurnya keluar dari membran ke dlm karburator, tutup ujung selang dan stater, jika keluar bensin dlm kondisi seperti ini, segeralah ganti membran, atau bocor dari membran juga bisa terjadi, indikasinya bensin ada yg keluar di badan membran.

Ini semua berdasarkan pengalaman saya saja, mungkin ada yg beda monggo dishare, dan diperbaiki atau ditambahkan. Semoga makin sayang sama mobil kita, karena kita makin tau merawatnya. Klo ada yg mo menambahkan juga boleh kok. Thx c u

Klo salah kamar tulung pindahin ya om momod
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3301
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by *jarno* » Sun Oct 07, 2012 11:54 am

ubaannn, kasi spasi dong, biar rapih gitu, hihihii
oldskool japanese warrior

User avatar
ecko mallibu
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1164
Joined: Tue Nov 08, 2011 10:58 pm
Location: Miami, FLORIDA

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by ecko mallibu » Sun Oct 07, 2012 12:15 pm

Nice traed om uban....

hampir semua permasalahan GC terjawab di sini



#meskiagakpusingguebacanya :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
arozi wrote:Ingattttt mau restorasi atau modifikasi nih?
Kalo restorasi, upayakan baca kitab yaaaaa
Kalo modifikasi, siap2x bertapa tuk nemu inspirasi
Intinya, yang paling hebat adalah yang memelihara gc nya ampe akhir hayat
Hahahahahahahaha

User avatar
Dim2 Ntd
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1757
Joined: Thu Jul 28, 2011 10:26 am
Location: CILACAP

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by Dim2 Ntd » Sun Oct 07, 2012 1:27 pm

oke nih..,
:-BD
16 valve dualcarb EF '88 Smoke Brown
Cp : 085647754004
Instagram : dimaz_ntd
Facebook : Dimaz Ntd

User avatar
Ivankarim
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 904
Joined: Mon Sep 12, 2011 3:30 pm
Location: Magelang - Jogjakarta

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by Ivankarim » Sun Oct 07, 2012 1:55 pm

wah nice inpoh om. . .

User avatar
yudy
GC Whore
GC Whore
Posts: 2935
Joined: Wed Dec 16, 2009 11:18 am
Location: Pancoran-Pinang Ranti-Cibubur-Sentul City
Contact:

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by yudy » Sun Oct 07, 2012 7:36 pm

wihh, mantab nih & nais inpo om b2199nb
btw minta nocan nya dong :D
Flight Ticket & Residence Voucher
Domestic & International
" WICAKSONO TRAVEL "
Telp : 021 - 6060 1280
PIN : 229E7E15 / 2658EAEA
E-mail : wicaksonotravel@rocketmail.com

ketchiro
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 721
Joined: Sun May 25, 2008 3:33 pm

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by ketchiro » Sun Oct 07, 2012 8:32 pm

wuih... pengalaman yg kemaren nih om di share, foto donk... sama part2 yg di ganti apa aja, thx, c u

LuputGC
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 520
Joined: Thu May 10, 2012 12:24 pm

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by LuputGC » Sun Oct 07, 2012 11:06 pm

buat bahan acuan niy,,jika si siput tiba ngambek,,

ssetuju dengan om ciro labamba,ada foto kayaknye makin ciamik niyy,,
..Sedan Kok Tinggi..

WAJIB MAMPIR >> viewtopic.php?f=11&t=6374&hilit=FUSO <<

GC Fuso Team

"GC KW"

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by arozi » Mon Oct 08, 2012 4:10 am

thx om bud
saya pake broadcast message yahhh via bb
B J O

User avatar
adi dombel
GC Lover
GC Lover
Posts: 253
Joined: Fri Apr 30, 2010 9:45 am
Location: Boyolali
Contact:

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Post by adi dombel » Mon Oct 08, 2012 9:00 am

pernah ngrasain yang kayak gini hehe..
BIASA BIASA SAJA
facebook: Edhy Prayitno (adhy_82@yahoo.co.id)
twitter: @edhy_prayitno

Post Reply