Page 1 of 3

indikasi awal kerusakan pada Mobil GC ersi Lokal Indonesia

Posted: Sun Oct 07, 2012 9:59 am
by b2199nb
Iseng bikin ini gara2 salah persepsi pas cdi mati total, langsung aja ya.

Q: apa yg bisa dijadikan indikator awal ketika harus ganti Koil??
A: Pada saat mobil dlm keadaan dingin, mobil akan mudah distater, dan bisa digunakan normal, tetapi yg membedakannya, ketika sudah mematikan kendaraan. Ketika hanya sebentar saja (temp mesin mobil masih panas normal) dan coba dihidupkan kembali akan sulit mengarah tidak bisa hidup.
Tidak usah panik, buka kap mesin, periksa panasnya distributor, jika panas sekali, coba kompress menggunakan kain basah, hingga tidak panas, baru coba stater lagi, jika bisa hidup, itu tandanya koil sdh hrs ganti.

Q: apa yg bisa dijadikan indikator awal CDI harus ganti?
A: jawabannya tidak ada indikator awalnya, jika CDI mati atau rusak, mobil dinyalakan sebentar ketika keadaan dingin hanya bisa sebentar saja, paling lama 1mnt, dan mesin mobil akan mati dan tidak bisa dinyalakan lagi, pencegahannya dengan perawatan pada delco, jika yg blm pernah ganti, sebaiknya ganti, perawatannya mudah kok, cek seal O ring delco (posisinya jika delco dicopot, ada yg masuk ke dlm Head), cek kadar oli didlm delco, jika sdh tidak normal (CDI sangat basah oleh oli) maka hrs segera ganti seal as delco

Q: apa indikator awal dinamo stater rusak?
A: ketika stater awal, terserah kondisi mesin dlm keadaan panas atau dingin, hanya mengeluarkan suara cetek..cetek saja, walaupun pada akhirnya mesin bisa idup, segera servis dinamo stater, mungkin arengnya sdh abis, atau kotor, angkur nya sdh tipis. Cek juga apakah terdapat oli didlm dinamo stater, karena jika iya, bisa menimbulkan korslet.

Q: apa indikator awal dinamo ampere rusak?
A: sebetulnya pada spedometer ada instrumen yg memberitahu kondisi itu, tp itu sdh termasuk telat, kejadian yg terjadi pada indikator awal bisa diliat dari stater awal yg agak berat (terutama pada pagi hari), tetapi mesin msh bisa nyala, klo ada kejadian seperti itu, segera ke bengkel terdekat minta cek arus listrik mobil menggunakan multitester, yg saya inget angka nya hrs diatas 13 aja, satuannya lupa klo gak salah Ampere deh, jika dibawah itu harus diservis, dan cek kondisi Aki juga, sdh hrs diganti atau blm??

Q: kenapa air radiator berkurang trus tiap hari?
A: yg hrs dilakukan cek kebocoran, selang2 jalur air radiator hrs diperiksa semua, jika perlu diganti jgn ragu2 ganti semua bersamaan, jika bugdet minim, ganti yg rusak saja, tetapi jika sdh ada budget segera ganti yg lainnya, jika tidak ditemukan kebocoran secara visual, gunakan alat yg ada tutup radiator pada ujungnya, dan ada petunjuk tekanan udara (alatnya seperti pompa ban) pasang ditekanan 1psi, jika dlm 5mnt tekanan udara itu berkurang maka ada kebocoran, disarankan ganti semua selang2 karet dan selang besi (posisi dibawah karburator), jika masih berkurang segera turun mesin setengah, untuk melihat air radiator sdh ada yg masuk ke ruang pembakaran atau blm.

Q: kapan hrs ganti membran bensin
A: ketika mobil tidak bisa distater, cek pengapian terlebih dahulu, jika pengapian aman, buka selang bensin yg jalurnya keluar dari membran ke dlm karburator, tutup ujung selang dan stater, jika keluar bensin dlm kondisi seperti ini, segeralah ganti membran, atau bocor dari membran juga bisa terjadi, indikasinya bensin ada yg keluar di badan membran.

Ini semua berdasarkan pengalaman saya saja, mungkin ada yg beda monggo dishare, dan diperbaiki atau ditambahkan. Semoga makin sayang sama mobil kita, karena kita makin tau merawatnya. Klo ada yg mo menambahkan juga boleh kok. Thx c u

Klo salah kamar tulung pindahin ya om momod

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 11:54 am
by *jarno*
ubaannn, kasi spasi dong, biar rapih gitu, hihihii

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 12:15 pm
by ecko mallibu
Nice traed om uban....

hampir semua permasalahan GC terjawab di sini



#meskiagakpusingguebacanya :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 1:27 pm
by Dim2 Ntd
oke nih..,
:-BD

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 1:55 pm
by Ivankarim
wah nice inpoh om. . .

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 7:36 pm
by yudy
wihh, mantab nih & nais inpo om b2199nb
btw minta nocan nya dong :D

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 8:32 pm
by ketchiro
wuih... pengalaman yg kemaren nih om di share, foto donk... sama part2 yg di ganti apa aja, thx, c u

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Sun Oct 07, 2012 11:06 pm
by LuputGC
buat bahan acuan niy,,jika si siput tiba ngambek,,

ssetuju dengan om ciro labamba,ada foto kayaknye makin ciamik niyy,,

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Mon Oct 08, 2012 4:10 am
by arozi
thx om bud
saya pake broadcast message yahhh via bb

Re: indikasi awal kerusakan pada Mobil GrandCivic versi Loka

Posted: Mon Oct 08, 2012 9:00 am
by adi dombel
pernah ngrasain yang kayak gini hehe..