Page 1 of 1

temperatur air radiator?

Posted: Mon Dec 10, 2012 8:13 pm
by Ctrl_Alt_Del
gw kemaren iseng2 jajan water temp replika apexi..
pengen bandingin antara indikator replika vs indikator di dasbor..
yg replika gw pasang di selang radiator atas (air panas sebelom didinginnin radiator) bskss.

klo cuaca adem pake ac, temp replika nunjukin 80 celcius.
klo cuaca panas banget nyetir kalem2 pake ac, nunjukin 82 sd 84an celcius.
klo cuaca panas benget pake ac bandung bogor nyetir model kaki ga sekolah bisa sampe 92 C
tp klo jarum di dasbor hampir setengah ga pernah lebih..
tp klo ac dimatiin, temp turun lagi ke 80 an C.

ini normal gak? apa ac gw ngebebanin segitu berat?
soalnya condenser gw ganti pake yg setengah dari panjang aslinya tp tebel banget 2x tebel aslinya.
dan kondenser emang panas banget, meskipun pagi2 radiator blm panas tp lebih cepet panas kondenser dibanding radiator..
fan utama pake fan karimun, kenceng..
extra fan pake fan abal2 yg gedenya cuma sejengkal (abisnya ga muat lg mau pasang dmn), anginnya juga cuma sliwir2 basa basi..
takut ga kuat jalan jauh nih..

posisi equipment :
radiator dgn fan utama dipasang pada tempatnya.
didepan radiator sebelah kanan ada condenser tebel.
extra fan di depan radiator sebelah kiri, (extrafan disamping condenser)
didepan condenser ada oil cooler tambahan buat matik (20x25x2cm)



.

Re: temperatur air radiator?

Posted: Tue Dec 11, 2012 4:48 am
by meneer
kalo dilihat dari titik suhu dimana thermostat bekerja sih harusnya di kisaran 78 derajat C (thermostat mulai membuka)- 90 derajat C (titik dimana thermostat membuka penuh) ya om...

Re: temperatur air radiator?

Posted: Tue Dec 11, 2012 6:47 am
by Ctrl_Alt_Del
jd dipake terus ampe 90c gpp ya..?

ga akan ngeblukbuk ya radiatornya..




.

Re: temperatur air radiator?

Posted: Tue Dec 11, 2012 12:47 pm
by irwans85
share pengalaman, skrg ane pake replika defi...sensor dpasang di tempat sensor asli.. Suhu kalo g di ac mlh 90-100, kalo pake ac udara panas or jalan nanjak malah sampai 110 om..

Re: temperatur air radiator?

Posted: Tue Dec 11, 2012 1:07 pm
by meneer
ngga akan mledhus kalo kondisi masih sehat semua+ga ada yg bocor...kalo ga salah pressure test radiator itu ampe 15 psi

Re: temperatur air radiator?

Posted: Tue Dec 11, 2012 7:30 pm
by Ctrl_Alt_Del
om irwan, temp segitu tabung cadangan radiator ngga ngeblukbuk ya om?
brarti temp saya masih aman ya..
jadi parno stlh pasang meteran temp mengingat titik didih 100°C.
tp ditahan ama tutup radiator jd ga ngeblukbuk ya om

soalnya agak ragu temp asli yg di spidometer..
klo pagi2 cepet bgt naek ke setengah, nyalain bentar lgsg bergerak jarumnya menuju setengah..
makanya gw pasang meteran tambahan.. eh gw malah parno.. wkwkwk..




om meneer, saya takut meledush selangnya om..
soalnya selang karet radiator ga ada kode produksi kayak ban.
pengalaman dulu beli selang bensin baru, tp udah getas.. tiap dicolok ke sambungan lgsg sobek selangnya krn ga elastis..

Re: temperatur air radiator?

Posted: Wed Dec 12, 2012 6:29 am
by meneer
gini om...dalam kondisi orisinilnya,radiator itu dibuat aman..ketika ada pressure berlebih (yg diakibatkan oleh panas) maka yg pecah duluan adalah plastik tangki air baik atas maupun bawah,makanya sebisa mungkin tangki tersebut dipertahankan seperti aslinya...

apabila tangki air tersebut udah ga ori,maka air+water pressure akan mencari titik lain yg lebih lemah untuk keluar...bisa pecah di bagian pipa atw kisi2 radiator bahkan lebih ekstrim lagi akan menimbulkan celah di head yg biasa disebut melenting

selang sih sebisa mungkin ori yah...kalo ga ada orinya HONDA ya bisa beli ori toyota kijang,toh harga hanya separuhnya tapi ada dikit motong ketika pasang

btw,om alnair kan udah ganti radiator 2 ply ya?harusnya lebih dingin itu om...

Re: temperatur air radiator?

Posted: Wed Dec 12, 2012 7:51 am
by irwans85
kondisi sekarang ane pake radiator coolant om...dan keakuratan dari replika water temp sendiri belum pernah ane tes jadi masih dipertanyakan.
o iya alasan saya pake water temp replika ini dikarenakan watertemp original udah ngaco, pernah suatu ketika pas matiin mobil kok ada suara gludug2 dari kap pas dibuka ternyata air dalam reservoir udah mendidih karena...padahal indikator masih setengah kurang dikit...
sbenere make ini juga buat jaga2 om, pas suhunya 110 ane liat di reservoir masih normal...akhirnya ane set aja di 115, ya peringatan aja kalo nyampe 115 berarti udah overheat mungkin...