Page 1 of 2

Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Fri Jan 04, 2013 6:16 pm
by Mr.Kethu
Mu tanya ni,GC saya habis turun mesin dibengkel nginep hampir 2 mingguan..udh dicoba buat reyen duduk selama 3 jam kemudian dicoba mekaniknya dibawa jalan..kok masih ngebul ya om..kira kira apa ya??..besok mu coba dicek lagi ma bengkelnya..
Mohon pencerahannya, saya udah kangen ma GC saya, udah lama mondok di bengkel.. :((

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Sat Jan 05, 2013 7:11 am
by Agus Junaedy
Ngebulnya pas mesin baru hidup atau selama mesin hidup om? Kalo pas mesin baru hidup kemungkinan clearence ny terlalu besar. Monggo dilanjutkan lagi oleh om-om senior yg lain :-)

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Sat Jan 05, 2013 10:24 am
by pauluspaska
kalau inreyen habis turun mesin lazimnya 500 km, agar semua metal memposisikan diri, biasanya pakai oli yang murah dulu dan gak boleh digeber2. setelah itu baru pakai oli yang mahalan.
ngebul bisa jadi saat pasang jeroan oli gak dibersihkan.
atau bisa jadi gak oversize sehingga celahnya besar.

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Sat Jan 05, 2013 8:04 pm
by krisnadew
Komponen mesin yg diganti apa aja saat turun mesin om ?

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Wed Jan 09, 2013 12:56 pm
by PapaEmy
penyebab turun mesinnya krn kerusakan apa om? piston diganti ngga waktu turun mesin? kalo diganti, mobil ngga bisa langsung jalan utk inreyen, biasanya dihidupkan dulu non-stop utk bbrp waktu, spt seharian ato bahkan 2-3 hari mesin dihidupkan non-stop baru stlh itu jalan inreyen. Kalo wkt turun mesinnya piston ga diganti, hanya ganti metal duduk, metal jalan dan ring piston misalnya, kasus spt ini gpp bisa lsg dipake normal, kalo piston diganti harus nunggu piston barunya mateng dulu, makanya biasanya kalo turun mesinnya utk kendaraan umum spt angkot dll, pistonnya suka direbus dulu pake oli spy stlh dipasang mrk bisa lsg inreyen terus jalan krn mrk rugi kalo kelamaan di bengkel..

kalo liat dari kasusnya stlh turun mesin ngebul lg, jarang banget kalo penyebabnya karena dari clearance ring piston krn ukuran dari bengkel bubut pasti presisi dan tukang bubut jg udah tau, jadi hampir ga mgkn mrk ngelakukan kesalahan pengukuran spt itu, sedang utk metal duduk dan metal jalan tidak ada hubungannya dengan oli ngebul akibat oli masuk ke cylinder dan terbakar krn posisi metal duduk dan jalan berada pada bagian crank shaft (kruk as).

kalo bener dugaan saya, ini sptnya wkt turun mesin ganti piston tetapi stlh selesai lsg dipakai jalan utk inreyen, kalo sudah begini jadi mubazir om piston dan ring pistonnya, belom ongkosnya, krn obatnya yaa terpaksa bongkar lagi.., kasus perbaikan turun mesin yg bisa lsg jalan tnp inreyen hanya kalo piston tidak diganti, ini biasanya penyebab turun mesinya krn mesin suka overheat krn cylender head ada kebocoran/melenting ato blok mesin ada yg kropos, kalo pun ganti linernya tp piston tetep pake aslinya maka mobil bisa lsg jln utk inreyen, tp kalo piston ganti, harus tunggu piston barunya sampe mateng dulu baru jalan inreyen.

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Wed Jan 09, 2013 2:14 pm
by adeindra
waaah penjelasan yang mantab
kaga nyangka juga kalo harus didiemin dulu nyala lama sebelum dibawa jalan

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Wed Jan 09, 2013 5:15 pm
by kempoel888
manteb infony om,...br denger jg kl piston hrs direbus ama oli ...kayak telo..hiks

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Thu Jan 10, 2013 10:36 am
by Mr.Kethu
Thanks ats infonya..piston n ring piston udh ganti semua,mlh ring pistonnya dignti lg yg buat balap..kmrn pas mu distel lg malah baut tensioner yg di blok mesin dol..hufftt..mumet..kepaksa hrs bongkar lg..bobok, dibor, dibuat drat baru..tambah lama lg ni GC saya mondok di bengkel..

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Thu Jan 10, 2013 10:44 am
by Mr.Kethu
klo turun mesinya krn desember kmrn GC saya mogok di blora..dicek kompresi ga ada n dua busi dah klomoh oli..trpksa mobil hrs diderek n divonis turun mesin..dibongkar mesin trnyata blok mesin udh baret..

Re: Habis turun mesin..dipake inreyen masih ngebul

Posted: Thu Jan 10, 2013 12:24 pm
by PapaEmy
Mr.Kethu wrote:Thanks ats infonya..piston n ring piston udh ganti semua,mlh ring pistonnya dignti lg yg buat balap..kmrn pas mu distel lg malah baut tensioner yg di blok mesin dol..hufftt..mumet..kepaksa hrs bongkar lg..bobok, dibor, dibuat drat baru..tambah lama lg ni GC saya mondok di bengkel..
Mr.Kethu wrote:klo turun mesinya krn desember kmrn GC saya mogok di blora..dicek kompresi ga ada n dua busi dah klomoh oli..trpksa mobil hrs diderek n divonis turun mesin..dibongkar mesin trnyata blok mesin udh baret..
waktu kejadian mogoknya, mesin distater macet ngga om? kl mesin macet ngga bisa distart sama sekali biasanya yg kena metalnya, bisa metal duduk ato metal jalan, aneh kalo mesin bisa distart (oleh dinamo stater mksdnya) tapi ngga ada kompresi sama sekali..

krn piston ikut diganti kmrn, harusnya jangan lsg jalan inreyen om, krn pistonnya belom kuat utk lsg dibebani utk lsg jalan normal walau pun utk inreyen, pengalaman dulu pernah gnti piston, mesin dihidupin dulu non-stop selama 48 jam, baru stlh itu jalan inreyen 1000km, kemudian gnti oli dan filter lg baru stlh itu bisa dipake normal spt biasa.

Keliatannya om kpaksa turun lg mesinnya, kl dugaan sy pistonnya yg baru ga bisa dipake lg krn kmrn ngebul, begitu jg dgn ring pistonnya, sama gasket cylinder head (ato paking set) jg kpaksa ganti lg, tp kl metal duduk metal jalannya ngga perlu ganti lg. Nanti stlh mesin dibangun ulang jangan lsg jalan inreyen lagi om, dan selama inreyen mesin jgn digeber ato dibebani penuh dulu 1000km pertama utk amannya

kalo mslh dinding cylinder baret, itu yg ngerapiin tukang bubut, nanti pas bongkar lg sertakan piston baru (yg mau dipasang) berikut ring piston barunya ke tukang bubutnya biar dipasin ama dia, 1 pasang aja buat contohnya, ikutin saran tukang bubutnya kl misalnya perlu oversize, overisize brp perlunya sesuai dgn kondisi blok mesinnya, oversize hny di ring piston bukan di pistonnya, krn kl bore (diameter) pistonnya diganti yg lebih besar maka cylinder headnya biasanya ganti juga yg sesuai dgn piston ukuran barunya, jgn lupa kode piston aslinya itu hrs sesuai dgn cylinder head bawaan mobilnya, kalo kode piston barunya berbeda dgn piston aslinya hati2 krn bisa menyebabkan valve/katup jadi mentok krn celah celong2 di permukaan piston ngga sesuai dengan bukaan valvenya, nanti malah jadi berantakan semua :-o

ok deh gitu aja dulu.. semoga bisa membantu yaa.. :)