Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Para GCrs jangan pernah sepelekan kalau indicator temperature suhu mesin naik turun sebaiknya segera cek n ricek di bengkel terdekat sebelum permasalahan besar menimpa mobil kesayangan anda seperti yang saya alami.
Permasalahan berawal pada temperature yang tidak normal sering overheat terutama saat mesin hidup posisi standby setelah dijalankan. Posisi jarum indicator temperature naik melewati garis normal, tetapi saat jalan kondisi temperature turun naik tidak stabil.
Karena jadwal pekerjaan saya yang padat saya tidak punya waktu untuk cek kondisi radiator. Parahnya lagi dalam konndisi mesin tidak fit seperti itu saya pake buat kerja dan sempat dipake 2 kali keluar kota.
Masih dalam kondisi yang sama saya paksa buat perjalanan mudik lebaran karena pekerjaan saya itu di daerah luar kota dan mudik atau pulkam nya ke kota saya pikir sekalian aja ntar cek pas pulkam kan di kota alat-alat lebih lengkap banding di daerah dan mekaniknya juga lebih ok.
karena kelalaian saya itu, saat mudik lebaran tiba-tiba di tengah perjalanan mobil mati di start ga ada kompresi terpaksa di derek sampe ke tujuan dan masuk bengkel pastinya, setelah cek mekaniknya bilang selang radiator lepas air nya habis dan piston melekat klep bengkok dan parahnya crangshaft juga bengkok mobil masuk ICU beberapa minggu di operasi turun mesin. Apes dah lebaran gak ada kendaraan, jatah buat lebaran habis dah tu kesedot buat genahin mesin.
Kini mobil selesai di operasi bubut 0.100 sama overhaul part-part yang rusak dan yang udah aus di ganti tapi onderdil yang kw yang ori susah nyarinya, ya apa boleh buat yang penting engine bisa go ajalah.
Alhamdulillah… kini mobil saya udah selesai di operasi nasehat dan saran mekanik bengkel setempat berpesan harus menjaga kestabilan air dan oli jangan sampai susut berkurang atau kering, sering mengawasi kolong-kolong mesin periksa kalau ada rembesan segera bawa ke bengkel terdekat jangan di tunda sebab waktu bubut selindernya tidak di sertakan papas atasnya, cek dan service secara berkala, kalau sering keluar kota ganti oli jangan tunggu sampai 3000km.
Nah om om GCrs semua para sesepuh dan master GCrs yang udah mahir di bagian enginering di lihat dari permasalahan yang saya alami tersebut ada beberapa hal yang menjadi uneg-uneg, apakah mobil masih bisa di andalkan buat keluar kota lagi, ada juga yang bilang kalau crankshaft udah di press kondisi mesin gak akan stabil sebab tidak 100% crankshaft bsa di luruskan, kalau mau aman mesti ganti baru apa betul om?.
Sekian sedikit cerita dari kelalaian saya yang sepele tetapi berakibat fatal, mohon pencerahan, nasehat, dan masukan, serta saran dari para om sesepuh master GCrs semua sebelumnya saya ucapkan Terimakasih.. Maturnuhun..
Permasalahan berawal pada temperature yang tidak normal sering overheat terutama saat mesin hidup posisi standby setelah dijalankan. Posisi jarum indicator temperature naik melewati garis normal, tetapi saat jalan kondisi temperature turun naik tidak stabil.
Karena jadwal pekerjaan saya yang padat saya tidak punya waktu untuk cek kondisi radiator. Parahnya lagi dalam konndisi mesin tidak fit seperti itu saya pake buat kerja dan sempat dipake 2 kali keluar kota.
Masih dalam kondisi yang sama saya paksa buat perjalanan mudik lebaran karena pekerjaan saya itu di daerah luar kota dan mudik atau pulkam nya ke kota saya pikir sekalian aja ntar cek pas pulkam kan di kota alat-alat lebih lengkap banding di daerah dan mekaniknya juga lebih ok.
karena kelalaian saya itu, saat mudik lebaran tiba-tiba di tengah perjalanan mobil mati di start ga ada kompresi terpaksa di derek sampe ke tujuan dan masuk bengkel pastinya, setelah cek mekaniknya bilang selang radiator lepas air nya habis dan piston melekat klep bengkok dan parahnya crangshaft juga bengkok mobil masuk ICU beberapa minggu di operasi turun mesin. Apes dah lebaran gak ada kendaraan, jatah buat lebaran habis dah tu kesedot buat genahin mesin.
Kini mobil selesai di operasi bubut 0.100 sama overhaul part-part yang rusak dan yang udah aus di ganti tapi onderdil yang kw yang ori susah nyarinya, ya apa boleh buat yang penting engine bisa go ajalah.
Alhamdulillah… kini mobil saya udah selesai di operasi nasehat dan saran mekanik bengkel setempat berpesan harus menjaga kestabilan air dan oli jangan sampai susut berkurang atau kering, sering mengawasi kolong-kolong mesin periksa kalau ada rembesan segera bawa ke bengkel terdekat jangan di tunda sebab waktu bubut selindernya tidak di sertakan papas atasnya, cek dan service secara berkala, kalau sering keluar kota ganti oli jangan tunggu sampai 3000km.
Nah om om GCrs semua para sesepuh dan master GCrs yang udah mahir di bagian enginering di lihat dari permasalahan yang saya alami tersebut ada beberapa hal yang menjadi uneg-uneg, apakah mobil masih bisa di andalkan buat keluar kota lagi, ada juga yang bilang kalau crankshaft udah di press kondisi mesin gak akan stabil sebab tidak 100% crankshaft bsa di luruskan, kalau mau aman mesti ganti baru apa betul om?.
Sekian sedikit cerita dari kelalaian saya yang sepele tetapi berakibat fatal, mohon pencerahan, nasehat, dan masukan, serta saran dari para om sesepuh master GCrs semua sebelumnya saya ucapkan Terimakasih.. Maturnuhun..
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
gak masalah asal bengkelnya presisi ketika melakukan pengerjaan press tsb...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat
- Ario Sudibyo
- GC Noob
- Posts: 196
- Joined: Mon Apr 29, 2013 11:12 pm
- Location: Situbondo, Jawa Timur
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Tengkyu bgt oom buat sharingnya.....apalaggi buat nubie kyk saya, ini adalah pengalaman yg sangat berharga.....
Ario Sudibyo--08113503130--
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
begitu ya om thanks ya om meneermeneer wrote:gak masalah asal bengkelnya presisi ketika melakukan pengerjaan press tsb...
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
wah selang radiator bisa lepas sendiri??? kga di klem atau gmn gitu..?
klo gw lebih memperhatikan jarum temp dibanding jarum bensin.. wkwkwkk...
lagian jarum bensin aja gak akurat, klo full lama turunnya, tp klo udah dikit cepet turunny tuh jarum bensin..
jd kebayang lah seberapa diragukannya jarum temp.
gw skrg pasang indikator temp tambahan skalian asesoris gitu
soalnya temp gw pernah ganti yg copotan gara² patah pas bongkar² spidometer..![Tongue :p](./images/smilies/10.gif)
.
klo gw lebih memperhatikan jarum temp dibanding jarum bensin.. wkwkwkk...
lagian jarum bensin aja gak akurat, klo full lama turunnya, tp klo udah dikit cepet turunny tuh jarum bensin..
jd kebayang lah seberapa diragukannya jarum temp.
gw skrg pasang indikator temp tambahan skalian asesoris gitu
soalnya temp gw pernah ganti yg copotan gara² patah pas bongkar² spidometer..
![Tongue :p](./images/smilies/10.gif)
.
-
- GC Noob
- Posts: 147
- Joined: Tue Mar 05, 2013 6:01 pm
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Jozz infonyah...
- diki salman alfarizi
- GC Lover
- Posts: 469
- Joined: Wed Jun 12, 2013 10:23 pm
- Location: dago-bandung
- Contact:
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
nice info
D 1624 MR [ sold out ]
B 1277 LN
CP/WA : 08815704553
PIN BB : 54049e29
B 1277 LN
CP/WA : 08815704553
PIN BB : 54049e29
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
makasih atas sharing nya
bener sih minimal seminggu sekali cek aer radiator dan minyak rem ama ps lah
cek juga soket indikator suhu siapa tau kotor or jelek jadinya indikator jadi ngacu deh
bener sih minimal seminggu sekali cek aer radiator dan minyak rem ama ps lah
cek juga soket indikator suhu siapa tau kotor or jelek jadinya indikator jadi ngacu deh
- Ario Sudibyo
- GC Noob
- Posts: 196
- Joined: Mon Apr 29, 2013 11:12 pm
- Location: Situbondo, Jawa Timur
Re: Temperatur Tidak Stabil Berakibat Fatal
Soket indikator suhu yg mana ya opa ??adeindra wrote:makasih atas sharing nya
bener sih minimal seminggu sekali cek aer radiator dan minyak rem ama ps lah
cek juga soket indikator suhu siapa tau kotor or jelek jadinya indikator jadi ngacu deh
Ario Sudibyo--08113503130--